7 Macam Olahraga untuk Penderita Asma yang Disarankan Dokter

Olahraga Untuk Penderita Asma

Olahraga untuk Penderita Asma – Penyakit asma menyerang bagian pernapasan, ketika asma kambuh biasanya bagian dada akan terasa sesak dan napas pun terengah-engah seperti kelelahan. Beberapa macam penyebab timbulnya asma adalah keturunan, merokok, mengkonsumsi makanan yang mengandung kolestrol dan lemak, mengkonsumsi alcohol, dan lainnya. Penyakit ini bukan hanya menyerang orang dewasa tapi juga menyerang anak-anak.

Banyak orang yang beranggapan bahwa para penderita asma sebaiknya tidak melakukan olahraga karena dikhawatirkan asmanya kumat ketika berolahraga. Padahal, pernyataan seperti ini tidaklah benar tapi malah sebaliknya, penderita asma sebaiknya juga berolahraga untuk melatih pernapasan dan menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar.

Namun, bukan berarti semua olahraga bisa dilakukan oleh penderita asma loh. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga untuk penderita asma yang disarankan oleh para ahlinya.

 

Referensi Olahraga untuk Penderita Asma

 

1. Berenang

Olaharga ini sangat baik dilakukan oleh penderita asma, karena dengan berenang dapat melatih pernapasan agar lebih baik. Selain itu, berenang juga dapat melonggarkan paru-paru supaya napas menjadi lebih lega. Namun, Anda harus berhati-hati jika berenang di kolam yang airnya mengandung kaporit, karena bau klorin pada kaporit dapat memicu kambuhnya penyakit asma.

Anda bisa berenang di kolam yang minim klorin atau bisa juga berneng di laut, danau dan telaga yang tingkat kedalamannya masih aman. Selain itu, minta kerabat atau keluarga untuk mendampingi ketika berenang, agar ketika asma Anda kambuh bisa segera mendapatkan pertolongan.

 

2. Olahraga Squash

Sebenarnya, olahraga squash hampir mirip seperti bermain tenis. Bedanya, olahraga ini menggunakan dinding sebagai media pantul dari bola yang dipukul. Squash bisa dilakukan perorangan ataupun berpasangan. Anda bisa memanfaatkan ruangan kosong ataupun outdoor yang ada temboknya untuk dijadikan tempat bermain squash.

Olahraga ini sangat bermanfaat untuk melatih pernapasan, karena pada saat bermain sebisa mungkin Anda harus mengatur ritme pernafasan dengan baik. Namun, jika sudah merasa lelah sebaiknya segera berhenti.

 

3. Senam Pernafasan

Penderita asma sangat disarankan untuk melakukan senam pernafasan karena sangat bermanfaat untuk melatih sistem pernafasan Anda sehingga asma tidak mudah kambuh. Umumnya, orang lebih mengenal senam pernafasan ini dengan sebutan “Taichi”. Setiap gerakan pada senam ini melibatkan pengaturan napas di dalamnya.

Senam pernafasan ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Anda bisa mengikuti tutorial senam pernafasan yang sudah tersebar di video online atau bisa juga dengan membaca buku panduannya yang dijual di berbagai toko buku.

 

4. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang tidak mengeluarkan energy yang terlalu besar sehingga sangat cocok untuk penderita asma. Olahraga yoga bermanfaat untuk melatih kelenturan tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, dan juga merileksasi pikiran.

Anda bisa mengikuti kelas kursus yoga yang saat ini sudah tersebar di banyak tempat. Selain itu, Anda juga bisa mendownload berbagai macam video tutorial yoga dari platform video online. Lakukan olahraga ini dengan rutin agar asma Anda tidak mudah kambuh dan bisa teratasi.

Baca Juga : Gerakan Senam Yoga Pemula dan Manfaat Yoga Untuk Kesehatan

 

5. Lari-Lari Kecil

Olahraga lainnya yang juga bisa dilakukan oleh penderita asma adalah melakukan lari-lari kecil. Anda bisa lari mengelilingi komplek, menelusuri taman dan lapangan di sekitar rumah. Olahraga ini bermanfaat untuk menguatkan sistem pernafasan dan membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Lakukan olahraga ini pada pagi hari kurang lebih selama 10 menit, ambil jeda istirahat ketika Anda mulai terasa lelah.

Baca Juga : 4 Manfaat Olahraga Skipping atau Lompat Tali Bagi Kesehatan Tubuh

 

6. Golf

Selain  dapat mengasah pikiran, ternyata golf juga bermanfaat untuk mengatasi asma. Olahraga golf ini dilakukan di lapangan hijau yang luas sehingga dapat memberikan udara yang segar untuk pernafasan Anda. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap serbuk sari sebaiknya berhati-hati karena biasanya lapangan golf juga ditumbuhi bunga disekitarnya.

 

7. Senam Aerobic

Pada senam aerobic terdapat jenis low impact aerobic, artinya gerakan yang dilakukan pada senam aerobic jenis ini tidak terlalu keras dan bertenaga sehingga bisa dan aman dilakukan oleh penderita asma. Selain bermanfaat untuk membentuk tubuh yang langsing, senam aerobic juga bermanfaat untuk melatih sistem pernapasan sehingga dapat mengurangi serangan asma. Dalam melakukan senam aerobic ini pastikan Anda memiliki instruktur senam yang tepat untuk membimbing setiap gerakan yang dilakukan.

Baca Juga : Macam-Macam Video Gerakan Senam Aerobik Beserta Manfaatnya

 

Semua jenis olahraga untuk penderita asma di atas bisa Anda lakukan secara bergantian setiap harinya. Manfaat yang didapatkan dari macam-macam olahraga di atas adalah untuk melatih sistem pernapasan menjadi lebih stabil dan tidak mudah terganggu. Silahkan mencobanya dalam keseharian Anda dan semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*