14 Jenis Olahraga untuk Meninggikan Badan dengan Alami

Olahraga Untuk Meninggikan Badan

Olahraga untuk Meninggikan Badan – Memiliki tubuh yang tinggi tentunya sangat menyenangkan, selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, dengan tubuh yang tinggi Anda juga tidak akan kesulitan ketika harus mengambil barang di tempat yang tinggi. Banyak orang yang berusaha keras untuk mendapatkan postur tubuh yang tinggi, mulai dari rutin minum susu, sampai mengkonsumsi obat peninggi badan.

Bahkan, ada juga yang melakukan penarikan tulang menggunakan alat khusus. Namun, sebaiknya Anda harus berhati-hati, karena menggunakan cara seperti mengonsumsi obat dan melakukan penarikan tulang dapat menimbulkan efek yang berbahaya untuk tubuh. Cara yang paling aman untuk menambah tinggi badan adalah dengan berolahraga. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang tinggi, silakan simak informasi mengenai beberapa jenis olahraga untuk meninggikan badan berikut ini.

 

Jenis Olahraga untuk Meninggikan Badan

 

1. Lompat Tali

Olahraga ini menggunakan tali yang terbuat dari karet. Namun, Anda juga bisa menggunakan tali tambang. Lompat tali merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan otot dan tulang kaki serta ayunan tangan. Ketika melompat, kaki seperti ditarik kebawah karena adanya gaya gravitasi sehingga dapat merangsang pertumbuhan tulang kaki Anda.

Bacaan Terkait : 4 Manfaat Olahraga Skipping atau Lompat Tali Bagi Kesehatan Tubuh

2. Berenang

Sudah bukan rahasia umum lagi jika berenang dapat membuat tubuh menjadi tinggi. Bahkan, sekarang ini banyak balita yang sudah diperkenalkan dengan olahraga berenang, tujuannya untuk merangsang pertumbuhan tulang pada balita dan melatih gerak motoriknya. Olahraga ini sangat direkomendasikan sebagai olahraga untuk meninggikan badan yang wajib diterapkan.

3. Basket

Basket merupakan olahraga yang sangat mengandalkan kekuatan kaki, lemparan, dan lompatan. Tidak heran jika olahraga basket diklaim mampu meninggikan badan. Selain itu, basket juga dapat melatih fokus kita ketika berusaha memasukan bola ke dalam keranjang. Basket bisa dimainkan secara perorangan dan juga berkelompok.

4. Senam Aerobic

Biasanya, orang-orang melakukan senam aerobic dengan tujuan untuk melangsingkan badan. Ternyata, beberapa gerakan senam aerobic juga bermanfaat untuk menambah tinggi badan loh. Misalkan, ketika Anda melakukan jump squat atau melompat kemudian langsung jongkok, gerakan ini dapat menarik otot dan tulang tubuh bagian bawah sehingga tubuh menjadi lebih tinggi.

5. Yoga

Walaupun terkesan tidak melakukan banyak gerakan, ternyata yoga sangat bermanfaat untuk menambah tinggi badan. Hal ini dikarenakan kebanyakan gerakan yoga melakukan penarikan pada setiap bagian tubuh sehingga tulang bertambah panjang.

Referensi Bacaan : 10 Macam Gerakan Senam Yoga untuk Mengatasi Sakit Pinggang

6. Voli

Olahraga untuk meninggikan badan selanjutnya adalah bermain voli. Tidak jauh berbeda dengan basket, olahraga voli juga mengandalkan lompatan dan juga ayunan tangan. Voli dilakukan secara berkelompok dan menggunakan net sebagai pembatas tiap kelompoknya. Olahraga ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menambah tinggi badan.

7. Bersepeda

Menggowes sepeda dapat melatih otot dan menarik tulang bagian kaki. Itulah mengapa bersepeda disebut sebagai olahraga yang sangat bermanfaat untuk menambah tinggi badan. Selain itu, bersepeda juga dapat menguatkan otot paha dan betis.

8. Squat Jump

Olahraga ini sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Cara melakukan gerakan squat jump, ambil posisi jongkok kemudian loncat setinggi mungkin dengan posisi kaki lurus, kemudian kembali lagi ke posisi jongkok. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set, untuk setiap setnya dilakukan sebanyak 10 kali.

9. Sepak Takraw

Olahraga ini hampir sama dengan voli, tapi bedanya sepak takraw menggunakan kaki. Dengan lompatan yang tinggi serta tendangan yang kuat, maka secara tidak langsung tinggi tubuh Anda juga ikut bertambah.

10. Pull Up

Gerakan pull up ternyata bukan hanya untuk membentuk otot tangan dan otot dada saja, tapi juga dapat menambah tinggi tubuh karena secara tidak langsung ada tarikan pada bagian tulang kaki, tangan dan bahu. Namun, pastikan tubuh Anda dalam keadaan rileks ketika melakukan pull up agar tidak terjadi keram otot.

11. Lompat Jauh

Lompat jauh merupakan salah satu olahraga yang diikut sertakan pada ajang olimpiade. Perpaduan antara lari kencang dan lompatan yang jauh dapat membantu pertumbuhan tinggi badan jika dilakukan berulang-ulang.

12. Jogging

Selain terkesan santai, jogging atau lari memiliki efek yang luar biasa terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh. Ketika jogging, semua anggota tubuh bagian bawah terus bergerak sehingga pertumbuhan tulang pun ikut bertambah. Anda bisa membiasakan jogging minimal 10 menit setiap pagi.

13. Push Up

Biasanya, gerakan push up dilakukan pada saat pemanasan dan pendinginan agar tidak terjadi keram. Push up juga dapat menambah tinggi tubuh karena adanya penarikan pada bagian tulang kaki dan tulang pinggang.

Simak Juga : 6 Macam Senam untuk Melangsingkan Tubuh yang Menyehatkan

14. Sit Up

Biasanya sit up dilakukan untuk membentuk otot perut saja. Ternyata, gerakan sit up juga bermanfaat untuk menambah tinggi badan karena menarik tulang bagian pinggang dan kaki. Lakukan sit up sebanyak 10 kali setiap pagi dan sore hari.

 

Terapkan beberapa jenis olahraga untuk meninggikan badan ini pada anak dari sejak dini, agar kelak perkembangan tubuhnya dapat berkembang pesat. Namun harus diperhatikan juga, ada beberapa jenis yang tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh anak-anak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*