8 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres yang Menyehatkan

Olahraga untuk Mengatasi Stres

Olahraga untuk Mengatasi Stres – Stres merupakan pangkal dari banyak penyakit yang berbahaya seperti stroke, serangan jantung, impotensi, darah tinggi, kolestrol dan masih banyak lagi. Kondisi stres terjadi ketika adanya tekanan pikiran yang disebabkan oleh suatu keadaan seperti tekanan pekerjaan, tugas yang menumpuk, masalah keluarga, masalah keuangan, dan lainnya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa stres hanya menyerang orang yang sudah lanjut usia saja. Pendapat ini tidaklah benar, karena stres bisa menyerang siapa saja termasuk anak muda, maka dari itu sangatlah penting melakukan olahraga untuk mengatasi stres. Di beberapa tempat, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena mengalami stres berat.

Sebenarnya untuk stres bisa dihilangkan dengan melakukan sedikit olahraga asalkan Anda tahu jenis olahraganya. Mau tahu apa saja? Berikut ini beberapa jenis olahraga untuk menghilangkan stres yang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Olahraga untuk Mengatasi Stres

 

1. Jogging Atau Lari Kecil

Olahaga yang satu ini sangat cocok Anda lakukan ketika pagi dan sore hari. Tidak perlu lama-lama, cukup luangkan waktu setidaknya 10 menit perhari. Untuk jogging tracknya, Anda bisa keliling lapangan atau sekitar komplek perumahan.  Dengan melakukan jogging maka tubuh akan terasa lebih fit dan pikiran menjadi lebih rileks, karena pada saat jogging semua bagian tubuh mulai dari bahu hingga ujung kaki ikut bergerak.

Selain itu, jogging merupakan olahraga yang santai tapi paling cepa mengeluarkan keringat. Sebelum jogging, gunakan alas kaki seperti sepatu atau sandal agar ketika ada benda kecil seperti paku dan beling tidak menusuk langsung ke kaki Anda.

Baca Juga : 4 Manfaat Olahraga Skipping atau Lompat Tali Bagi Kesehatan Tubuh

 

2. Yoga

Banyak orang yang menganggap kalau yoga merupakan olahraga yang paling tenang karena tidak terlalu banyak melakukan gerakan yang menguras tenaga seperti olahraga lainnya. Yoga bermanfaat untuk memberikan rileksasi pada tubuh dan pikiran sehingga stres dapat teratasi. Selain itu, yoga juga berguna untuk melatih kelenturan tubuh dan juga meregangkan otot-otot.

Sekarang ini ada banyak sekali pelatihan yoga yang bisa Anda ikuti, atau bisa juga mengikuti tutorial yoga dari video online yang bisa Anda download. Lakukan gerakan Yoga setiap pagi sebelum melakukan aktifitas lainnya.

 

3. Bersepeda

Menggowes sepeda merupakan olaharaga yang paling menyenangkan. Selain dapat menyehatkan badan, bersepeda juga dapat menenangkan pikiran loh. Selain itu, bersepeda menguatkan otot paha dan perut karena pada saat menggowes bagian paha, betis dan telapak kaki bergerak cepat. Namun, periksa kondisi sepeda sebelum digunakan, pastikan rem sepeda berfungsi dengan baik.

 

4. Berenang

Selain untuk melatih pernafasan dan keseimbangan tubuh, ternyata berenang juga bermanfaat untuk mengatasi stres. Ketika berenang, semua tubuh ikut bergerak dan pikiran pun menjadi fokus mengatur gerakan tubuh agar tidak tenggelam. Selain itu, pada saat menyelam ke dalam air, bagian kepala akan terasa sejuk.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Mental Agar Terhindar Dari Depresi

 

5. Panjat Tebing

Olahraga untuk mengatasi stres selanjutnya adalah panjat tebing. Bisa dibilang jika panjat tebing merupakan olahraga untuk menguji adrenalin. Namun, di balik ekstrimnya olahraga ini, ternyata dapat melatih pikiran untuk tenang ketika menghadapi situasi yang sulit. Untuk pemilihan lokasi panjat tebing terbagi menjadi 2 yaitu lokasi buatan berupa dinding yang didesain khusus untuk panjat tebing dan juga lokasi alam yang berupa tebing bukit yang cukup curam.

Olahraga panjat tebing membutuhkan keterampilan dan kemampuan tersendiri, maka dari itu untuk Anda yang baru pertama kali melakukan panjat tebing sebaiknya mengikuti training atau pelatihan terlebih dahulu.

 

6. Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga yang paling digemari di Indonesia. Olahraga ini bisa dimainkan semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah tua. Selain itu, ternyata sepak bola juga mengasah pikiran pada saat sedang mendrible bola dan mengecoh lawan untuk mencetak gol, itulah mengapa sepak bola cocok dilakukan untuk Anda yang ingin menghilangkan stres.

 

7. Paralayang

Paralayang merupakan olahraga yang dapat menguji adrenalin kita. Namun, ketika sudah berhasil terbang, Anda bisa melihat pemandangan indah dari atas langit, apalagi jika Anda melewati pegunugan dengan pemandangan alam yang sangat mempesona. Olahraga ini sangat tepat untuk menenangkan pikiran Anda.

Baca Juga : 8 Cara Menghilangkan Pegal-Pegal Tanpa Obat dan Berkhasiat

 

8. Lompat Tali

Walaupun kelihatannya simple dan mudah untuk dilakukan, ternyata olahraga lompat tali melibatkan seluruh anggota tubuh untuk terus bergerak tapi tetap memperhatikan keseimbangan tubuh agar tidak terkena tali. Kondisi tubuh yang terus bergerak dan tetp fokus menjaga keseimbangan dapat melancarkan aliran darah ke otak sehingga pikiran menjadi lebih rileks. Olaharga lompat tali bisa dilakukan perorangan atau secara berkelompok.

 

Nah itulah beberapa jenis olahraga untuk mengatasi stres yang sedang Anda alami. Selain olahraga, Anda juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan lainnya seperti belanja, nonton atau mendengarkan musik kesukaan sebagai salah satu obat stres yang mujarab. Kesehatan psikis kita sangat berpengaruh dengan kesehatan tubuh, jadi sebisanya untuk menghindari stres dan terlalu banyak pikiran. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan membantu meringankan beban Anda. Selamat mencoba. Be Happy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*