5 Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Sangat Di Anjurkan

Olahraga untuk ibu hamil

Olahraga untuk ibu hamil – Hamil bukanlah alasan untuk terus bermalas-malasan. Justru di saat Anda sedang hamil Anda harus aktif bergerak agar tubuh tidak lemah. Anda juga di sarankan untuk melakukan beberapa olahraga ringan yang di khususkan untuk ibu hamil. Bukan saja bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Namun olahraga untuk ibu hamil ini juga dapat memperkuat rahim dan memudahkan proses persalinan.

Olahraga untuk ibu hamil berbeda dengan olahraga pada umumnya. Gerakan-gerakan yang di lakukan merupakan latihan ringan yang bisa Anda lakukan di dalam ruangan kapanpun Anda sempat. Jadi jangan berpikir Anda harus berlari atau angkat beban karena yang Anda lakukan untuk mendapatkan manfaatnya yang besar cukup dengan gerakan-gerakan berikut ini.

 

Olahraga Untuk Ibu Hamil

 

1. Merangkak

Olahraga pertama yang sangat bagus untuk melatih otot paha dan pinggul serta melenturkan tulang punggung yang kaku adalah merangkak. Cara melakukannya dengan mengambil posisi merangkak, posisikan tangan Anda lurus. Pandangan ke depan sejajar dengan tulang punggung. Kemudian secara perlahan lengkungkan punggung ke arah dalam dan angkat kepala ke atas. Tahan napas semampunya kemudian kembali lagi ke posisi semula.

Gerakan ini sangat baik untuk di jadikan olahraga ibu hamil trisemester pertama di mana biasanya gejala seperti nyeri dan kekakuan punggung muncul. Selain itu dengan melakukan gerakan ini juga dapat melatih pinggul menjadi lebih kuat sehingga memperbesar peluang Anda bisa melahirkan dengan normal.

 

2. Berbaring (Hip)

Olahraga untuk ibu hamil yang kedua bernama Hip. Gerakan ini di lakukan dengan posisi berbaring, letakkan telapak kaki Anda di tembok dengan lurus. Rentangkan kedua tangan Anda dengan telapak yang menghadap ke atas. Tarik napas dalam-dalam sambil melemaskan semua otot-otot tubuh Anda.

Hip bermanfaat untuk melatih nafas Anda sehingga dalam persalinan nanti Anda sudah sangat terbiasa dengan nafas yang dalam dan teratur. Gerakan ini cocok di lakukan sebagai olahraga ibu hamil muda hingga menjelang persalinan.

 

3. Cium Lantai

Gerakan sangat baik di lakukan untuk memperbaiki posisi bayi di dalam rahim ibu hamil yang berpindah ke atas atau sungsang. Dengan melakukan gerakan cium lantai posisi kepala bayi perlahan-lahan akan kembali ke arah panggul. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan mengambil posisi jongkok, gerakan kepala Anda ke arah lantai. Gunakan kedua tangan untuk menopang bobot tubuh. Teruskan hingga wajah Anda menempel di lantai. Anda perlu menggunakan matras sebagai alas untuk menghindari benturan dengan lantai. Cium lantai sangat bagus di lakukan sebagai gerakan senam hamil di rumah kapan saja Anda sempat melakukannya.

 

4. Jalan Santai

Jalan santai sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru dan jantung pada ibu hamil. Udara segar di pagi hari sangat baik untuk menyuplai oksigen ke seluruh tubuh dan janin yang ada di rahim Anda. Selain itu jalan santai juga membuat peredaran darah Anda menjadi lancar dan mengurangi stres. Anda bisa melakukan jalan santai setiap pagi, tidak perlu terlalu lama. Cukup 5-10 menit sehari saja sudah cukup.

 

5. Hand Up Train

Olahraga untuk ibu hamil yang terakhir bernama hand up train. Inti dari olahraga ini melenturkan otot-otot perut dan melatih pernapasan. Band up train sangat di anjurkan sebagai gerakan senam hamil 9 bulan di rumah untuk mereka yang sedang hamil tua menjelang hari melahirkan tiba. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan mengambil posisi berdiri, angkat kedua tangan ke atas hingga kedua lengan menyentuh telinga. Posisikan telapak tangan saling berhadapan. Tahan semampunya sambil menahan napas kemudian kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini selama 5-10 menit setiap hari.

 

Begitulah ulasan dari Tips Kebugaran mengenai beberapa olahraga untuk ibu hamil yang baik untuk dilakukan secara rutin. Kesehatan ibu dan jabang bayi sangat penting agar memudah si Ibu dalam melakukan proses melahirkan nantinya. Semoga bermanfaat bagi para ibu ataupun calon ibu diluar sana ya. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*