Mengenal Sejarah, Gerakan dan Manfaat Dari Olahraga Muay Thai

Olahraga Muay Thai

Olahraga Muay Thai – Seni bela diri Muay Thai berasal dari Negara Thailand dan selama beberapa tahun belakangan mempunyai banyak sekali peminat dari berbagai belahan dunia, salah satunya adalah Indonesia. Tapi apa itu Muay Thai sebenarnya? Bela diri Muay Thai ini menjadi salah satu olahraga yang yang disarankan buat Anda yang sedang melakukan program diet serta menjaga kebugaran ban buat Anda baik pria maupun wanita yang ingin menjaga kesehatan.

Sejarah Muay Thai menuliskan bahwa olahraga ini  sudah sangat lama berdiri sejak 1000 tahun silam. Olahraga Muay Thai seringkali identik dengan yang namanya kekerasan. Tetapi untuk zaman sekarang gerakan-gerakan serta gerakan seni bela diri ini sudah dimodifikasi bertujuan untuk meningkatkan keamanan jadi lebih baik. Serta sesuai dengan kebutuhan orang-orang pada zaman sekarang.  Seni bela diri Muay Thai berfokus pada gerakan body shaping, hal ini membuatnya semakin menarik buat orang-orang yang tengah menjalankan program diet.

 

Olahraga Muay Thai

Pada dasarnya, olahraga Muay Thai mempunyai gerakan-gerakan dasar yang mirip bela diri thailand. Seperti gerakan memukul, siku, tendangan, serta serangan lutut. Dalam hal pembentukan badan, Muay Thai banyak melakukan gerakan seperti putaran tubuh, sikutan  serta tendangan yang diyakini dapat mengencangkan serta membakar lemak tubuh. Tidak heran jika banyak sekali wanita yang mau mengikuti latihan karena keuntungan Muay Thai bagi wanita ini.  Karena mempunyai  keuntungan yang sangat  besar dalam hal menurunkan berat badan. Anda dapat mengikuti kelas Muay Thai ini di beberapa tempat pelatihanThai boxing yang  mulai menjamur di Indonesia. Saat mengikuti pelatihan ini Anda akan dilatih oleh para trainer professional. Biasanya Anda akan mulai diajarkan gerakan  dasar Muay Thai yang kemudian akan naik level disesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu. Tapi sebenarnya Anda dapat belajar Muay Thai otodidak di rumah.

 

Latihan Dasar Muay Thai

Latihan Dasar Muay Thai

Sebelum memulai latihan dasar, Anda harus melakukan pemanasan yang cukup agar tidak cidera terlebih dahulu. Anda dapat memulai latihan dengan jogging maupun skipping sekitar 10 hingga 15 menit. Jogging harus dilakukan sebagai salah satu cara untuk membentuk stamina serta membuat tulang jadi lebih kuat. Sedangkan pemanasan dengan skipping  adalah untuk melatih keseimbangan. Setelah itu Anda dapat melakukan Shadow Boxing  yaitu gerakan memukul menendang, serta sebagainya. Selain itu Anda didepan kaca dapat melihat apakah gerakan gerakan Anda benar atau belum. Serta yang terakhir adalah  circuit training yang akan diberikan oleh trainer Anda sebelum memulai one on one dengan trainer.

  1. Sebelumnya Anda harus mengingat, jangan pernah memulai latihan dalam keadaan perut kosong, usahakan untuk makan terlebih dahulu kira-kira 45 – 60 menit sebelumnya.
  2. Kemudian lakukanlah pemanasan sebelum Anda memulai latihan olahraga Muay Thai.
  3. Pilihlah equipment yang sesuai serta  cocok dengan Anda untuk meminimalisir terjadinya cidera.

Dalam Muay Thai Anda akan dituntut untuk mempelajari gerakan seperti memukul, menendang dengan kaki serta lutut dengan efektif. Dikarenakan itu Anda harus berlatih dengan tidak sembarangan supaya tidak tertlalu memforsir gerakan tidak perlu serta membuang-buang energi. Daya tahan tubuh serta stamina yang Anda punya juga harus ditingkatkan dengan jurus Muay Thai hal ini membutuhkan intensitas kardio yang cukup tinggi.

 

Gerakan Muay Thai

Gerakan Muay Thai

Buat Anda yang baru mulai pelatihan silahkan untuk mengikuti empat gerakan latihan Muay Thai untuk pemula seperti berikut

1. Jogging

Berlari kecil atau yang lebih sering dengan jogging dibutuhkan sebagai langkah awal membentuk stamina. Selain itu  kegiatan ini juga dapat membuat tulang kering menjadi lebih kuat. Berpatoklah kepada berapa lama Anda berlari jangan berpatok  kepada seberapa jauh Anda berlari. Mulailah secara perlahan kurang lebih 10 menit, apabila tubuh Anda sudah merasa peningkatan, stamina maka tambahkan durasinya secara berkala.

2. Shadow Boxing

Selanjutnya adalah shadow boxing, pertama Anda perlu mecoba berdiri di depan cermin serta bayangkan seolah olah ada seseorang lawan dihadapan Anda. Dengan cara ini Anda dapat menilai gerakan atau gerakan Anda sudah lumayan bagus atau baelum. Kombinasi gerakan menyerang  kaliam dengan bertahan secara terus-menerus lalu maksimalkan pukulan Anda serta tendangan yang Anda punya selama kurang lebih 3 menit kemudian beristirahatlah sekitar 1 menit.

3. Skipping

Skipping tidak cuma baik buat pemanasan tapi juga baik  untuk menjaga keseimbangan tubuh. Skipping juga dapat membantu kamu agar mempunyai otot pergelangan tangan, serta bahu,lalu  kaki, dan betis agar  lebih kuat. Anda harus berlatih skipping dengan rutin di rumah serta tempat latihan. Buat variasi Anda dapat menggerakannya dengan maju ke depan atau belakang. serta bergantian melompat menggunakan satu kaki kiri serta kanan. Sebagai permulaan Anda dapat mencoba buat melakukannya sekitar 3 menit serta tingkatkan durasinya jika Anda sudah merasa terbiasa dengan gerakan skipping.

4. Bag Work

Anda dapat menggunakan samsak, agar lebih terasa nyata saat Anda berhadapan dengan lawan. Usahakan supaya tetap dan  lebih fokus pada gerakan menyerang, memukul serta menendang secara tepat atau cepat. Agar mencegah resiko terjadinya cedera, pastikan Anda menggunakan sarung tinju nyaman serta aman. Berlatih bag work akan melatih otot tangan serta kaki jadi lebih kuat, juga meningkatkan kecepatan serta koordinasi bahu menjadi lebih baik.

 

Manfaat Muay Thai

Manfaat Muay Thai

Latihan bela diri Muay Thai sangat cocok bagi semua kalangan serta tidak ada batasan usia, sehingga orang yang sudah tidak muda lagi juga dapat. Tapi  perlu pengurangan gerakan Muay Thai dibandingkan peserta anak-anak atau yang masih muda. Banyak yang berlati Muay Thai ini dengan alasan buat menjaga kesehatan. Muay thai banyak dipercaya dapat menekan kolesterol jahat serta menekan darah tinggi. Latihan Muay Thai di rumah juga dapat Anda lakukan sendiri.

1. Meningkatkan stamina

Seperti olahraga lain pada umumnya, Muay Thai dapat Anda lakukan secara rutin. Bahkan lama-kelamaan ini akan membuat stamina serta daya tahan tubuh Anda bertambah kuat.

2. Menjaga berat badan

Selain dengan menjaga asupan makanan, buat Anda yang sedang melakukan diet, olahraga ini dipercaya sangat membantu buat menurunkan berat badan dikarenakan mampu membakar banyak kalori. Agar mendapatkan tubuh ideal, sangat disarankan Anda melakukan latihan sekitar 2 kali seminggu. Gerakan-gerakan dapat saja  menggunakan tangan serta kaki yang akan membuat serta membantu otot tubuh menjadi lebih kuat.

3. Membuat kulit lebih bercahaya

Gerakan-gerakan olahraga Muay Thai juga sangat menguras dan mengeluarkan banyak keringat, ini membuat racun dalam tubuh menjadi  keluar bersamaan dengan keluarnya keringat serta membuat metabolisme tubuh berjalan lancar. Sehingga kulit baik tubuh maupun waja jadi lebih bercahaya. Jadi Anda tidak perlu khawatir wajah menjadi kusam serta muncul jerawat.

4. Meningkatkan kekuatan kaki

Olahraga Muay Thai juga sering memakai kaki sebagai fokusnya saat bertarung. Saat Anda melakukan gerakan kaki ini ternyata dapat memperkuat otot-otot tubuh Anda di  bagian bawah serta kaki.

Baca Juga :

5. Menjaga kesehatan mental

Dengan mengikuti olahraga Muay Thai Anda tidak cuma menjaga kesehatan secara fisik saja tetapi juga dapat menjaga kesehatan secara mental. Muay Thai jika Anda lakukan secara rutin ini juga dapat membantu meningkatkan disiplin dalam diri. Latihannya ini tergolong keras sehingga dapat membentuk keberanian serta membuat keringat yang keluar. Salah satu hasil latihan adalah dapat  mengeluarkan hormon yang menyebabkan kecemasan.

Nah itulah penjelasan singkat dari Tips Kebugaran tentang olahraga Muay Thai yang sudah banyak kita jumpai. Secara garis besar, manfaat dari olahraga ini hampir sama dengan olahraga bela diri lainnya yaitu menjaga tubuh agar tetap bugar. Minimal 3 kali dalam seminggu menerapkan olahraga ini dalam keseharian Anda maka sudah dipastikan tubuh akan tetap bugar dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*