8 Macam Olahraga Mengecilkan Perut yang Terbukti Khasiatnya

Olahraga Mengecilkan Perut

Olahraga Mengecilkan Perut – Banyak orang yang mengeluh merasa tidak nyaman karena perutnya yang besar atau buncit. Memang harus diakui jika perut terlalu besar dapat membatasi ruang gerak. Selain itu, perut besar juga dapat mengurangi rasa percaya diri karena perut merupakan bagian tubuh yang sering menjadi sorotan. Cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan olahraga untuk mengecilkan perut.

Ada banyak penyebab perut menjadi besar ataupun buncit seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi, pola istirahat yang tidak teratur, sering minum alkohol dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Tips Mengecilkan Perut

Sebenarnya sekarang ini sudah banyak alat kesehatan yang diklaim mampu mengecilkan perut buncit. Namun pada kenyataannya hasil yang didapatkan tidak sesuai harapan, belum lagi efek samping yang ditimbulkan dari alat tersebut. Maka dari itu, olahraga merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki masalah perut besar, bergelambir atapun buncit.

 

Macam-Macam Olahraga Mengecilkan Perut

Berikut ini macam-macam olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut :

1. Sit Up

Olahraga mengecilkan perut yang pertama adalah sit up. Gerakan olahraga ini bertumpu pada bagian perut sehingga dapat membakar lemak pada perut dengan cepat. Beberapa macam posisi sit up yang efektif yaitu posisi terlentang,  posisi kaki ditekuk sedikit dan posisi tubuh terlentang sedikit miring.

Macam Macam Olahraga Mengecilkan Perut

Melakukan gerakan sit up tidak terlalu sulit, ambil posisi tidur terlenatang dengan kedua telapak tangan di belakang kepala. Lalu angkat tubuh bagian atas hingga kepala menyentuh lutut kemudian kembali lagi ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set, masing-masing set sebanyak 10 kali gerakan. Sit up juga sangat bermanfaat untuk mengencangkan dan membentuk otot perut loh.

2. Squad Jump

Olahraga ini biasanya dilakukan sebagai pemanasan, gerakannya juga mudah untuk dilakukan. Caranya, ambil posisi jongkok kemudian loncat setinggi-tingginya kemudian kembali lagi ke posisi jongkok. Anda bisa lakukan cara ini sebanyak 30 kali. Squad jump sering dilakukan sebagai olahraga untuk mengecilkan perut dan paha.

3. Jogging

Banyak orang yang mengira kalau jogging itu hanya kaki saja yang bergerak. Ternyata, ketika jogging semua bagian tubuh dari ujung kaki sampai kepala ikut bergerak loh. Jogging sangat efektif untuk mengecilkan perut dengan cepat. Anda bisa lakukan jogging 10 menit setiap pagi dan sore hari. Jogging juga bermanfaat untuk mengecilkan paha, betis dan mengatasi pegal-pegal.

4. Bersepeda

Olahraga yang santai tapi memiliki khasiat yang luar biasa adalah bersepeda. Ketika mengayuh sepeda bagian tubuh mulai dari perut hingga kaki terus bergerak sehingga lemak yang menumpuk bisa terbakar dengan mudah. Anda bisa bersepeda mengelilingi komplek rumah atau bisa juga ketika berangkat ke kampus, sekolah, bahkan ke kantor.

5. Ball Crunch

Gerakan pada olahraga ini sama seperti situp, bedanya olahraga ini menggunakan bola karet yang besar. Caranya, ambil posisi badan berbaring diatas bola dengan kedua telapak tangan di belakang kepala, lalu mulai naikan badan hingga tegak kemudian kembali lagi ke posisi awal. Lakukan cara ini sebanyak 30 kali diselingi jeda.

6. Menggunakan Elliptical Trainner

Jika Anda sering masuk ke tempat fitness pasti kenal dengan alat Elliptical Trainer. Alat ini memiliki pijakan tangan dan kaki yang bisa digunakan layaknya sedang berlari. Kecepatan Elliptical Trainer disesuaikan dengan kecepatan lari Anda. Olahraga menggunakan alat ini bermanfaat membakar lemak bagian tubuh atas dan bawah.

7. Renang

Kebanyakan orang beranggapan jika renang hanya bermanfaat untuk meninggikan badan saja. Padahal, renang juga bermanfaat untuk mengecilkan perut. Maka dari itu, jarang sekali ada perenang yang memiliki perut buncit. Beberapa perenang juga mengakui kalau renang merupakan olahraga mengecilkan perut buncit dengan cepat.

8. Lompat Tali

Selain dapat menambah tinggi badan dan mengencangkan otot kaki, ternyata lompat tali juga bermanfaat untuk membakar lemak khususnya pada bagian perut loh. Biasanya tali yang digunakan terbuat dari karet khusus, tapi Anda juga bisa menggunakan tali tambang. Lakukan gerakan ini selama 5 menit diselingi jeda kemudian lanjutkan lagi.

Semua olahraga mengecilkan perut yang sudah dijelaskan di atas harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksmial. Selain berolahraga, Anda juga harus bisa mengatur pola hidup dan pola makan untuk membatasi lemak, kolesterol dan kalori di dalam tubuh agar tidak menumpuk.

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*