4 Bahan Dapur Yang Berguna Sebagai Obat Nyeri Pada Tubuh

Obat Nyeri Alami

Obat Nyeri – Tubuh terkadang memang seringkali merasakan sakit yang datang secara mendadak. Entah itu pada sakit punggung atau pun sakit kepala, namun yang pasti serangan seperti ini tentunya akan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Kebanyakan orang memang akan memilih untuk menggunakan obat-obatan kimia untuk dapat menghilangkan rasa sakit tersebut. Namun perlu kamu ketahui bahwa jika terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia tentunya akan berakibat buruk untuk kesehatan tubuh.

Sebenarnya ada beberapa bahan-bahan dapur alami yang berguna sebagai obat nyeri pada tubuh dan menghilangkan rasa sakit tersebut. Bahan-bahan dapur ini memang sangat aman dan juga tidak memiliki efek samping untuk menghilangkan rasa sakit secara alami. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut Tips Kebugaran berikan informasinya.

 

Obat Nyeri Alami

 

1. Kunyit

Kunyit - Obat Nyeri Alami

Obat nyeri alami pertama yang bisa kamu coba adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu bahan dapur alami yang memiliki kandungan anti inflamasi yang kuat yang mana hal ini dapat membantu dalam mengendalikan dan  mampu meredakan rasa nyeri pada tubuh. Tidak hanya sampai disitu saja, kunyit ini juga mendukung akan sirkulasi, memperbaiki jaringan, kekebalan dan detoksifikasi pada tubuh.

Cara penggunannya dapat anda lakukan dengan cara mencampur setengah sendok teh bubuk kunyit kedalam minuman atau makanan anda setiap hari. Anda juga dapat mengobati nyeri dari luar dengan cara menumbuk kasar kunyit dan campurkan dengan sedikit minyak lalu balurkan kebagian tubuh yang merasakan nyeri.

 

2. Jahe

Jahe - Obat Nyeri Alami

Selain kunyit, jahe juga memiliki manfaat yang sama dan sangat berguna sebagai obat nyeri yang sedang diderita. Jahe juga termasuk salah satu bahan dapur yang baik untuk meredakan nyeri.  Jahe sendiri memiliki kandungan phytochemical yang mana hal ini dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan. Tidak hanya sampai disitu saja,  jahe juga mampu membantu dalam meningkatkan sirkulasi yang mana dapat menyembuhkan nyeri sendi secara efektif.

Cara penggunaanya juga sama seperti kunyit diatas. Namun bila ingin lebih bermanfaat lagi, anda bisa mencampur bubuk kunyit dan jahe ke dalam makanan atau minuman yang ingin dikonsumsi. Campuran Jahe dan asam jawa juga berguna sebagai obat nyeri yang bisa anda terapkan pada bagian tubuh yang sakit.

 

3. Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh - Obat Nyeri Alami

Obat nyeri alami selanjutnya adalah minyak cengkeh. Minyak cengkeh adalah salah satu minyak atsiri yang cukup banyak didapatkan di Indonesia dengan cara penyulingan air dan uap. Minyak cengkeh berupa cairan berwarna bening sampai kekuning-kuningan, memiliki rasa yang pedas dan berbau aroma cengkeh.

Untuk memanfaatkannya pun sangatlah mudah, hanya dengan mengoleskan beberapa tetes minyak cengkeh tersebut pada bagian yang sakit dan pijatlah secara lembut bagian tersebut. Tidak hanya sampai disitu saja, minyak cengkeh ini juga memiliki kandungan zat analgesik yang mana dapat meringankan dan mampu menghilangkan rasa sakit secara efektif. Minyak cengkeh juga dapat membantu menyembuhkan sakit kepala. Caranya anda bisa mencampurkannya dengan sedikit garam lalu oleskan ke dahi, rasa dingin yang di dapat akan membantu meringankan sakit kepala yang diderita.

 

4. Cabai Merah

Cabai Merah - Obat Nyeri Alami

Obat nyeri yang terakhir bisa anda dapatkan dari manfaat yang terdapat pada cabai. Jenis cabai yang dipilih adalah cabai merah mentah. Cabai yang satu ini merupakan bahan alami yang mampu untuk menurunkan produksi senyawa yang dikenal dengan substansi P. Dimana substansi P ini bertanggung jawab terhadap pengiriman sinyal nyeri terhadap otak. Oleh karenanya cabai ini menjadi salah satu bahan alami yang mampu mengurangi rasa sakit secara efektif.

Cara penggunaannya sangat mudah, untuk pengobatan dari dalam tubuh anda bisa merebus 1 gram cabai merah dan meminum air rebusan tersebut. Namun bila anda ingin mendapatkan manfaat cabai untuk pengobatan nyeri dari luar, anda bisa menghaluskan daging cabai dan campur dengan minyak zaytun atau minyak kelapa ke dalam toples dan diamkan selama 1 – 2 minggu. Kemudian pisahkan minyak dengan ampas cabai, lalu oleskan pada bagian tubuh yang merasakan nyeri. Setelah dioles dan berikan sedikit pijatan kecil, maka balut area nyeri tersebut dengan kain atau handuk hangat agar lebih efektif.

 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai beberapa bahan dapur alami yang dapat dijadikan obat nyeri pada tubuh. Hal ini bisa kamu coba sebelum kamu memilih untuk menggunakan obat-obatan kimia untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*