Daftar Menu Diet Golongan Darah O yang Benar dan Menyehatkan

Menu Diet Golongan Darah O

Menu Diet Golongan Darah O – Sebelumnya, orang-orang tahu bahwa cara terbaik untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dan menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan diet. Pendapat tersebut tidaklah salah dan memang sudah terbukti secara medis. Namun, cara diet yang diklaim paling efektif saat ini adalah diet berdasarkan golongan darah yang ditemukan oleh Dr. Peter J. D’Adamo yang merupakan pakar naturopati. Diet yang dilakukan untuk setiap golongan darah memiliki menu tersendiri, kali ini Tips Kebugaran akan membahas untuk golongan darah O.

Kebanyakan orang dengan golongan darah O memiliki sifat yang tegas dan mudah bergaul tapi sangat sensitive atau mudah tersinggung. Sedangkan beberapa penyakit yang seringkali diderita oleh golongan darah O yaitu diabetes, asam urat, kolesterol, gangguan pencernaan dan darah tinggi. Maka dari itu, menu dietnya tidak boleh asal karena harus disesuaikan dengan kondisi kesehatannya.

 

Makanan Menu Diet Golongan Darah O

Foods High In Carbohydrate
Foods high in carbohydrate

1. Menu Sarapan Pagi

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk menambah energi seperti 2 lembar roti bakar yang dioleskan mentega dan dilengkapi buah seperti anggur, blueberry dan ceri. Makanlah dengan porsi yang cukup setidaknya satu lembar roti saja untuk dibakar, selain itu jangan terlalu banyak mengoleskan mentega karena mengandung lemak yang cukup tinggi.

2. Menu Sarapan Siang

Siang hari biasanya tubuh menjadi lemas karena memasuki fase dimana sudah banyak tenaga yang dikeluarkan untuk bekerja. Menu yang tepat adalah sayuran hijau yang bisa dibuat salad dengan beberapa irisan daging seperti daging ayam atau daging sapi. Tambahkan juga buncis dan wortel yang sudah direbus.

3. Menu Makan Malam

Sedangkan untuk makan malam Anda bisa mengonsumsi udang, lobster atau ikan yang dibakar. Hanya jenis ikan laut saja yang boleh dimakan, silakan Anda pilih salah satunya. Sebagai hidangan penutup, buah cranberry sangat cocok untuk dimakan langsung atau bisa juga diolah menjadi minuman jus.

4. Makanan Ringan

Walaupun sedang diet tapi bukan berarti tidak boleh makan cemilan loh. Untuk menjaga menu diet sehat, sebaiknya Anda bisa mengonsumsi makanan ringan yang tidak mengandung kolesterol dan lemak tinggi.

 

Makanan yang Dilarang untuk Golongan Darah O

Makanan Yang Dilarang Untuk Golongan Darah O

1. Jenis Daging

Ikan lele, daging babi, daging angsa, kerang, gurita, salmon asap, kaviar dan ikan asin.

2. Jenis Buah

Buah kiwi, melon, jeruk masam, blewah dan kelapa serta santannya.

3. Jenis Minyak

Minyak kelapa, minyak jagung, minyak dari kacang dan minyak yang berasal dari bunga yang mekar di malam hari.

4. Kacang-Kacangan

Kacang mete, kacang tanah, lentil dan selai kacang.

5. Jenis Sayuran

Bayam, kol, jagung kembang, terong, kecambah, jamur, sayur acar dan kubis brussel.

6. Jenis minuman yang dilarang

Cola, kopi dan minuman yang mengandung alkohol

 

Olahraga Untuk Diet Golongan Darah O

Olahraga Untuk Diet Golongan Darah O

Selain menjaga asupan makanan, pada saat diet juga harus melakukan olahraga agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Berikut ini olahraga yang tepat untuk golongan darah O :

1. Senam Aerobik

Golongan darah O memiliki tekanan darah yang cukup tinggi, maka dari itu senam aerobik merupakan olahraga yang tepat. Senam yang diiringi musik ini memiliki gerakan yang bertenaga dan cepat sehingga mampu mengeluarkan keringat cukup banyak.

3. Jogging

Jogging pada pagi dan sore hari sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu, jogging juga bermanfaat untuk mengurangi stress dan melancarkan sirkulasi darah.

4. Hiking

Hiking merupakan olahraga yang sangat menyenangkan, karena Anda bisa menjelajahi bukit atau pegunungan sambil menghirup udara segar. Olahraga ini terbilang cukup menantang dan sangat tepat untuk mereka yang memiliki golongan darah O.

5. Berenang

Selain untuk melatih kelincahan dan menambah tinggi badan, renang juga menjadi olahraga yang tepat untuk diet. Karena pada saat berenang semua tubuh terus bergerak sehingga semua lemak yang menumpuk di beberapa bagian tubuh bisa terbakar dengan cepat.

 

Semua menu diet golongan darah O yang sudah dijelaskan di atas bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Selain itu, buatlah jadwal yang berisi menu makanan dan jenis olahraga yang harus dilakukan setiap harinya. Dengan begitu, program diet Anda akan memberikan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba dan terus semangat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*