Tips Sukses Menerapkan Menu Diet Golongan Darah A dengan Benar

Menu Diet Golongan Darah A

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, salah satunya dengan diet. Sekarang ini diet bisa disesuaikan dengan golongan darah karena terbukti lebih efektif dan lebih cepat memberikan hasil.  Menu diet golongan darah A dibuat khusus agar orang-orang dengan golongan darah tersebut bisa melakukan diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan emosional mereka.

Maka dari itu, jika saat ini Anda sedang menjalani diet maka sangat penting untuk mengetahui jenis golongan darah Anda terlebih dahulu, karena setiap golongan darah memiliki menu diet yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan agar terhindar dari Aglutinasi yaitu menumpuknya sel darah marah yang disebabkan tidak sesuainya lektin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi dengan jenis darah orang yang mengonsumsinya.

 

Menu Diet Golongan Darah A

1. Sarapan Pagi

Untuk makan pagi, Anda bisa makan 2 lembar roti bakar dengan dilapisi selai coklat. Sebagai pelengkapnya, minumlah susu yang terbuat dari kacang keledai. Sebelum menjalankan aktivitas, minumlah air putih untuk melancarkan pencernaan dan mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

2. Makan Siang

Untuk siang hari, makanlah salad yang berisi mentimun, bawang, keju, seledri, selada dan daunt mint. Anda juga boleh makan nasi hangat dengan sayur soup untuk menambah stamina atau tenaga namun jangan terlalu banyak agar program diet Anda tetap berjalan lancar.

3. Makan Malam

Sedangkan untuk malam harinya, Anda bisa mengonsumsi ikan sarden, tahu dan sayur brokoli juga ditambah setengah piring nasi yang masih hangat. Perbanyak minum air putih untuk membantu proses pembakaran lemak dan kolesterol ketika tidur.

Diet Golongan Darah A

Makanan yang Dilarang untuk Golongan Darah A

1. Mie Instan

Pada makanan ini terdapat kandungan pengawet yang berbahaya sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa organ tubuh seperti gagal ginjal, kerusakan hati, kolesterol tinggi dan gangguan pencernaan. Maka dari itu, stop mengonsumsi mie instan mulai sekarang.

2. Daging

Golongan darah A memiliki kelemahan ada asam lambung sehingga agak sulit untuk mencerna daging. Beberapa jenis daging yang dilarang yaitu daging bebek, daging ayam, daging sapi, daging kerbau, daging kelinci dan sapi.

3. Es Krim

Kebanyakan es krim memiliki kandungan lemak dan gula yang cukup tinggi karena menggunakan pemanis buatan sehingga dapat menambah berat badan.

4. Minuman Bersoda

Minuman yang mengandung soda juga berpotensi menambah berat badan dan meningkatkan kolesterol di dalam tubuh.

5. Makanan Laut

Makanan laut merupakan salah satu pantangan makanan untuk golongan darah A seperti cumi, gurita, udang dan lobster.

6. Susu Sapi

Bukan rahasia umum lagi jika pada susu sapi terdapat kandungan lemak tinggi, bahkan susu sapi juga menjadi alternatif untuk menggemukan badan.

7. Buah Tropis

Tidak semua buah cocok untuk golongan darah A seperti buah mangga, pepaya dan jeruk.

8. Sayuran yang Mengandung Lektin

Lektin merupakan sejenis protein yang dapat mengikat sel tubuh pada membran sel. Selain itu, lektin dapat membuat sel yang diikat menjadi menggumpal, maka dari itu sebaiknya sayuran yang mengandung lektin tidak dikonsumsi pada saat diet. Beberapa jenis sayuran tersebut adalah kol, terong, merica, pare, ubi dan kentang.

Sayuran Yang Mengandung Lektin
Sayuran yang Mengandung Lektin

 

Olahraga Penunjang Diet Golongan Darah A

Selain memperhatikan menu diet golongan darah A, Anda juga harus melakukan olahraga untuk menunjang diet sehat alami yang dilakukan. Lalu, olahraga apa saja yang cocok untuk golongan darah A ? berikut ini ulasannya :

1. Jogging

Lari pagi sambil menghirup udara segar merupakan olahraga yang tepat. Selain untuk membakar lemak di tubuh, jogging juga bermanfaat untuk melancarkan pernafasan dan sirkulasi darah.

2. Yoga

Gerakan yoga yang terkesan sangat pelan dan santai ternyata mampu membakar lemak pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, perut dan paha. Namun, untuk Anda yang baru pertama kali melakukan yoga sebaiknya menggunakan instruktur atau mengikuti pelatihan agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan gerakan.

3. Tai Chi

Gerakan tai chi dilakukan secara bersamaan sambil mengatur pernafasan. Terkadang olahraga tai chi juga disebut sebagai senam pernafasan. Olahraga ini dapat melancarkan sirkulasi oksigen yang masuk ke dalam tubuh dan juga melancarkan aliran darah sehingga proses pembakaran lemak dan kolesterol dapat berjalan dengan baik.

Young Man Practicing Tai Chi On Grassy Hill On A Bright Sunny Da

Ikuti semua menu diet golongan darah A di atas, mulai dari mengatur asupan makanan, gaya hidup, hingga memilih olahraga yang tepat. Pertahankan pola diet Anda sampai memberikan hasil yang memuaskan. Ingat loh, untuk menurunkan berat badan dengan cara yang benar dan aman membutuhkan proses yang tidak sebentar. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*