Tips Menjaga Kesehatan Mental Agar Terhindar Dari Depresi

Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental tak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Keduanya harus berjalan selaras dan seimbang. Tubuh yang sehat tidak mungkin bisa di dapatkan dengan mental yang sakit, begitu pula sebaliknya. Mental yang terganggu sudah pasti lambat laun akan berdampak pula pada kesehatan tubuh. Seperti misalnya depresi yang menyebabkan selera makan menjadi hilang atau stress yang dapat mengundang berbagai penyakit.

 

Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental

Dalam menjaga kesehatan mental, Anda juga perlu mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor paling utama yang menyebabkan mental seseorang menjadi terganggu.

1. Trauma

Trauma di masa lalu adalah salah satu penyebab yang mempengaruhi kesehatan mental. Orang yang pernah mengalami kejadian yang amat buruk di masa lalu cenderung akan mengalami rasa takut yang terus melekat dalam jangka waktu yang lama. Efek trauma pada mental tidak bisa sembuh dengan sendirinya, perlu adanya langkah-langkah rehabilitasi yang perlu di lakukan untuk bisa sembuh dari trauma.

2. Depresi

Seperti yang telah di bahas sebelumnya jika depresi yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan mental menjadi terganggu. Sekecil apapun depresi yang sedang Anda alami, cobalah untuk tidak menanggungnya sendirian. Kunjungilah saudara atau teman terdekat Anda untuk berbagi keluh kesah.

3. Narkoba

Menjaga kesehatan mental tidak mungkin bisa di lakukan olah orang yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Kerusakan mental akibat narkoba jauh lebih sulit di sembuhkan karena lebih bersifat fisik. Berbeda dengan depresi dan gangguan mental lain yang bersifat psikis. Saraf-saraf yang rusak dan otak yang sudah tidak bisa berfungsi dengan baik akibat narkoba akan memakan waktu yang sangat lama untuk bisa kembali pulih.

 

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Tentu saja semua hal buruk akibat gangguan mental yang telah di sebutkan di atas itu perlu Anda hindari. berikut ini beberapa tips yang dapat Tips Kebugaran berikan.

1. Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta

Menjaga kesehatan rohani hanya dapat di lakukan jika Anda dekat dengan-Nya. Selain membuat jiwa menjadi tenteram, Anda juga akan senantiasa mawas diri karena selalu merasa di awasi. Kesehatan rohani dalam islam merupakan pondasi agar seseorang bisa hidup lebih bahagia. Pengertian kesehatan rohani secara umum bisa di katakan sebagai terwujudnya situasi yang bahagia dan sejahtera dalam diri seseorang, dan satu-satunya cara untuk mendapatkan hal ini adalah dengan memperbaiki diri, meningkatkan amal ibadah, dan senantiasa mendekat kepada-Nya.

2. Bersyukur

Cobalah untuk selalu mensyukuri apa saja yang telah di anugerahkan Tuhan kepada Anda. Senantiasa menjaga sikap bersyukur ini akan menghindarkan Anda dari rasa tidak puas dan kecewa yang berlebihan ketika apa yang sudah Anda capai belum sesuai dengan apa yang Anda impikan. Bersyukur juga merupakan sumber kebahagiaan yang sering di lupakan banyak orang.

3. Komunikasi

Ada beberapa tingkatan penyakit mental yang biasa terjadi pada seseorang, mulai dari depresi ringan hingga kegilaan. Tekanan hidup yang terjadi terus menerus tanpa ada bantuan dari orang-orang terdekat bisa saja menyebabkan mental seseorang terganggu. Selain itu sifat yang tertutup juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental. Oleh sebab itu jika di rasa masalah yang sedang di alami terlalu berat untuk di selesaikan sendiri, cobalah untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat untuk meminta nasihat dan solusi.

 

Demikian ulasan tentang tips dan faktor yang mempengaruhi kesehatan mental Anda. Pola pikir serta tekanan lingkungan sangat berperan dalam menjaga kualitas kejiwaan seseorang. Kurangi hal-hal yang membuat Anda harus berpikir terlalu keras dan jauhi lingkungan yang hanya memberi dampak buruk bagi kejiwaan Anda. Dengan begitu kesehatan mental Anda lebih stabil dan terjaga. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*