4 Cara Mudah dan Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata – Pekerjaan di zaman modern saat ini menuntut kemampuan mata untuk bekerja lebih ekstra lagi. Pemakaian gadget yang terlalu sering dapat menyebabkan salah satu gangguan kesehatan mata. Mata menjadi terasa sakit karena perih terkena paparan radiasi sehingga mudah lelah akibat efek samping dari gadget tersebut.

Maka dari itu, janganlah sekali-kali untuk menyepelekan masalah ini. Setiap hari, Anda harus berusaha untuk tetap memelihara kesehatan mata. Berikut ini Tips Kebugaran berikan beberapa cara mudah dan sederhana untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat.

 

Cara Menjaga Kesehatan Mata

 

1. Faktor pencahayaan yang cukup

Berbagai warna yang hangat dimata untuk melihat adalah cahaya warna merah, hijau dan kuning. Disarankan untuk memakai lampu yang cukup terang, tidak terlalu silau dan terasa nyaman. Pencahayaan yang terlalu terang belum tentu akan semakin baik, karena hal tersebut dapat menambah ketegangan pada mata.

Mengatur sumber cahaya yang masuk ke rumah juga sangat dianjurkan. Bagi Anda yang menggunakan jendela, ada baiknya untuk menerapkap tirai sebagai pengatur cahaya yang masuk ke dalam rumah. Bila ingin menghemat energi, Anda bisa mematikan lampu dan hanya memanfaatkan sinar matahari seadanya.

 

2. Kurangi intensitas pemakaian gadget

Setiap hari bekerja menggunakan handphone, komputer ataupun laptop tanpa waktu jeda akan membuat kesehatan mata Anda terganggu. Bisa jadi saat ini Anda tidak akan merasakannya dalam waktu dekat, tetapi secara perlahan Anda akan menyadari bahwa mata terasa lebih cepat lelah dari biasanya.

Resiko degenerasi makula akibat dari mata lelah adalah suatu kondisi kesehatan secara medis yang biasanya berlaku pada orang tua. Sehingga, ketajaman mata menjadi berkurang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mematikan gadget dan mengistirahatkan mata dengan memejamkan mata.

 

3. Mengonsumsi Ikan

Perlu Anda ketahui, ternyata ikan mempunyai manfaat kesehatan untuk mata loh! Berdasarkan penelitian, ikan  mempunyai kandungan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk mencegah kehilangan penglihatan ketika usia lanjut.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi ikan minimal 2 kali dalam seminggu dengan mengkonsumsi berbagai jenis ikan yang dapat Anda pilih seperti ikan salmon, ikan tuna dan sebagainya.

Baca Juga :

 

4. Mengonsumsi Kafein

Berdasarkan penelitian jurnal Ophthalmology, ternyata kafein dapat menambah jumlah produksi air mata yang mana dapat mengurangi mata lelah. Walaupun efek nya tidak secara langsung, namun cukup ampuh untuk menghindari mata kering.

Seringkali kesehatan mata dianggap sebelah mata oleh banyak orang. Masalah kesehatan pada mata tidak sesering yang dialami oleh bagian tubuh lainnya. Akan tetapi, seiring dengan pemakaian teknologi seperti gadget membuat penderita gangguan kesehatan mata semakin bertambah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap merawat kesehatan mata.

Apabila mata terasa lelah, lebih baik untuk beristirahat lah sejenak dan menjauhkan diri dari semua gadget dan televisi. Karena peralatan elektronik yang memiliki intensitas cahaya cukup tinggi tersebutlah sebagai pemicu gangguan kesehatan pada mata.

 

Semoga artikel cara mudah dan sederhana menjaga kesehatan mata ini bermanfaat untuk anda. Selain 4 hal diatas, Anda juga harus menjaga pola hidup sehat untuk mata serta asupan nutrisi yang cukup untuk mata. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba. Be Happy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*