10 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Sehari-hari Agar Tetap Semangat

Menjaga Kebugaran Tubuh

Menjaga Kebugaran Tubuh – “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” pepatah tersebut bukan hanya sebuah kata kiasan tetapi memang itulah faktanya. Anda pasti pernah merasakan ketika tubuh bugar dan sehat maka semua kegiatan yang Anda lakukan terasa menyenangkan dan bersemangat. Namun sebaliknya, jika tubuh sedang kurang fit biasanya Anda akan kehilangan semangat untuk beraktifitas bahkan selera makan pun menghilang.

Maka dari itu, selalu menjaga kebugaran tubuh dan jangan pernah meremehkan kesehatan tubuh karena sehat itu mahal. Banyak orang yang lalai memperhatikan kesehatan tubuhnya karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Jangan sampai kesibukan menghalangi Anda untuk menjalani pola hidup yang sehat. Padahal, kalau tubuh kita sakit tentunya semua pekerjaan dapat terabaikan.

Memang benar jika setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda, ada yang fisiknya kuat dan ada juga yang kondisi fisiknya lemah. Namun apapun kondisi fisiknya, cara menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya pun juga sama saja.  Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap prima.

 

Tips Ampuh Menjaga Kebugaran Tubuh

Tips Ampuh Menjaga Kebugaran Tubuh

 

1. Banyak minum air putih

Air putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh seperti melancarkan aliran darah, membersihkan kotoran di dalam tubuh dan menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi dan juga mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh setiap harinya sehingga tubuh Anda tetap fit dan bugar sepanjang hari.

Ketika tubuh Anda terasa lemas dan pikiran sulit konsenstrasi sangat disarankan untuk perbanyak minum air putih, karena kandungan oksigen dan mineral dari air putih dapat melancarkan peredaran darah ke otak dan ke seluruh tubuh.

 

2. Olahraga secara teratur

Sudah bukan rahasia umum lagi jika olahraga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, karena lemak dan kalori akan terbakar ketika Anda berolahraga lalu dikeluarkan melalui keringat. Biasakan untuk berolahraga minimal 10 menit setiap pagi agar tubuh Anda selalu bugar.

Anda bisa melakukan olahraga yang ringan setiap pagi seperti push up, sit up, pull up, jogging, main skipping atau lompat tali, dan lainnya. Setelah berolahraga sebaiknya minum air untuk membantu pembakaran kalori dan juga mengeluarkan racun di dalam tubuh.

 

3. Mengonsumsi makanan bergizi dan buah-buahan

Makanan yang baik itu bukanlah makanan yang hanya enak rasanya tapi juga harus memiliki kandungan gizi di dalamnya. Dengan mengonsumsi makananan bergizi maka semua kebutuhan vitamin di dalam tubuh dapat terpenuhi sehingga tubuh pun menjadi bugar. Selain itu, lengkapi juga dengan mengonsumsi buah-buahan setelah makan agar tubuh menjadi sehat selalu.

Baca Juga : 8 Jenis Makanan yang Menjadi Sumber Magnesium Alami Bagi Tubuh

 

4. Hindari kebiasaan begadang

Untuk Anda yang hobi begadang atau tidak tidur semalaman sebaiknya kebiasaan tersebut dihindari sekarang juga, karena dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas keesokan harinya. Bahkan, kebiasaan begadang juga menjadi penyebab timbulnya serangan jantung dan stroke. Jika Anda mengalami insomnia atau sulit tidur, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Insomnia Dengan 5 Jenis Makanan Lezat

 

5. Istirahat yang cukup

Selain menghindari begadang, istirahat yang cukup juga sangat baik dalam menjaga kebugaran tubuh agar tetap stabil. Tubuh yang bugar adalah tubuh yang tahu kapan harus melakukan aktifitas dan kapan waktu untuk istirahat. Dengan istirahat yang cukup dapat meregangkan kembali otot-otot yang kaku setelah seharian bekerja dan juga dapat melancarkan aliran darah. Namun, jangan terlalu lama beristirahat karena kalau terlalu lama malah membuat tubuh Anda terasa malas untuk digerakan.

 

6. Jauhi kebiasaan tidur pada pagi dan sore hari

Semua pakar kesehatan memang sangat menyarankan untuk tidak tidur pada pagi hari dan sore hari, Alasannya, pada pagi hari tubuh membutuhkan gerakan setelah semalaman tidur, tujuannya supaya otot-otot tidak terasa kaku dan juga melancarkan aliran darah, inilah alasan mengapa olahraga sangat tepat dilakukan pada pagi hari. Sedangkan tidur pada sore hari dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh.

 

7. Biasakan sarapan pagi

Sarapan pagi merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan sebelum bekerja. Dengan sarapan maka stamina tubuh dapat bertambah, sehingga ketika kerja Anda tidak akan merasa lemas dan letih. Bahkan, juga dapat menimbulkan rasa kantuk yang cukup kuat ketika beraktifitas.

 

8. Hindari kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji

Tips menjaga kebugaran tubuh selanjutnya adalah menjauhi diri dari kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji sebenarnya tidak dilarang asalkan jangan terlalu sering, karena dapat menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

 

9. Jaga porsi makan

Porsi makan yang baik bukanlah porsi yang banyak melainkan porsi yang cukup. Jangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan ngantuk dan juga jangan terlalu sedikit karena dapat membuat tubuh Anda menjadi lemas. Mengikuti anjuran agama “makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang”.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Mengatur Asupan Makanan

 

10. Liburan itu penting

Liburan merupakan cara terbaik untuk menenangkan pikiran dan juga mengistirahatkan tubuh Anda setelah seminggu penuh menjalani berbagai macam rutinitas. Pilihlah lokasi liburan yang bernuansa alam seperti pantai, pegunungan, dan perkebunan karena memiliki suasana alam yang indah dan udara yang segar.

 

Nah itulah 10 tips menjaga tubuh yang bisa Anda terapkan dalam kegiatan sehari-hari. Apakah saat ini Anda telah melakukan semua cara sehat di atas dalam keseharian? jika belum, sekaranglah saatnya untuk merubah pola hidup Anda ke hidup sehat dan bugar seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga ulasan kali ini dapat memberikan inspirasi baik dan dapat berguna bagi banyak orang. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*