7 Cara Efektif untuk Mengobati Infeksi Telinga Dengan Alami

Mengobati Infeksi Telinga

Pengobatan rumah yang paling populer untuk infeksi telinga mencakup penggunaan herbal, menghindari semua jenis makanan olahan, mencuci tangan secara teratur, menggunakan minyak esensial dan minyak pohon teh, dan masih banyak lagi dalam bentuk yang berbeda. Infeksi telinga sering kali memiliki sebab penyebab yang berbeda, seperti kuman, kontaminasi dari orang lain, dan pilek yang parah pula. Nama umum untuk infeksi telinga adalah Otitis. Infeksi telinga terjadi pada sakit kepala, sekresi cairan dari telinga, gangguan tidur, nyeri, dan gangguan pendengaran. Umumnya, anak-anak rentan terhadap infeksi di telinga tengah, sementara pada orang dewasa, umumnya diamati di bagian lain organ. Meningkatkan konsumsi seng dan vitamin C, diet kaya kalsium, mencegah kontaminasi, penggunaan Otikon dan Echinacea adalah beberapa pengobatan rumah terbaik untuk mencegah dan mengobati infeksi telinga.

Sekitar 90% anak-anak Amerika menderita OME (Otitis Media with Effusion) bahkan sebelum mereka masuk sekolah, menurut American Academy of Paediatrics. Mereka sering diobati dengan antibiotik yang kuat dan terkadang memiliki efek samping yang berbahaya pada anak-anak. Ada orang dewasa yang juga menderita Otitis, tapi jumlahnya lebih kecil dari pada anak menurut Standar Alam, Otoritas Pengobatan Integratif.

Sekarang, ini adalah fakta nyata bahwa obat penghilang rasa sakit dan antibiotik memberikan kelegaan cepat dari sakit telinga yang disebabkan oleh infeksi, namun tidak dapat menyembuhkannya dari akar. Namun, sejauh pengobatan di rumah untuk infeksi telinga diperhatikan, mereka memberikan bantuan permanen dari masalah tersebut tanpa efek berbahaya apa pun. Gejala infeksi telinga yang menonjol termasuk sakit parah, drainase cairan dari telinga, masalah pendengaran, demam, dan masih banyak lagi. Ada obat rumahan yang berbeda untuk setiap jenis infeksi telinga, karena mungkin ada berbagai alasan di baliknya.

 

Cara Efektif Mengobati Infeksi Telinga

 

1. Pijat Lembut

Bila sakit di telinga menjadi bengkak parah sampai infeksi memburuk, pijatan lembut dengan ujung jari bisa membantu. Ini lebih efektif, jika infeksi disebabkan karena terjebak air di dalam telinga. Anda juga bisa menggunakan balsem rasa sakit atau minyak untuk memijat area dimana telinga bersentuhan dengan wajah. Ini tidak hanya akan melepaskan rasa sakit secara bertahap, tapi juga memudahkan penyembuhan.

 

2. Hidrogen Peroksida

Membersihkan telinga yang terinfeksi dengan larutan hidrogen peroksida 50:50 akan membantu mengurangi keparahan karena senyawa ini memiliki sifat anti-bakteri tertentu. Solusinya harus disiapkan dengan air hangat untuk memberi efek menenangkan pada rasa sakit di telinga.

 

3. Minyak Bawang Putih

Bawang putih adalah obat anti-bakteri lain yang populer digunakan dalam mengobati infeksi telinga. Minyak bawang putih bisa dibuat di rumah dengan merendam potongan bawang putih dengan minyak zaitun atau bisa dibeli dari toko. Minyak bawang putih perlu dioleskan di dalam kanal telinga, beberapa tetes dua kali sehari.

 

4. Kompres Hangat

Kantong air panas sering memberi penderita kelegaan lengkap. Ambilkan tas air panas yang berisi air hangat yang lumayan dan bungkus di penutup. Sekarang, tekan telinga pada mereka untuk beberapa lama sampai tas tetap panas. Bagi bayi, kehangatan payudara ibu sebenarnya adalah obat rumah terbaik untuk sakit telinga.

 

5. Menghindari Kontaminasi

Infeksi telinga sering menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk secara sadar menghindari kontak dekat dengan orang yang memiliki infeksi telinga. Anda sebaiknya tidak menggunakan handuk atau sisir dari orang lain yang menderita kondisi ini. Mencuci tangan secara berkala juga membantu memerangi infeksi tersebut. Jika seseorang terkena flu berat, dia dapat rentan terhadap infeksi, jadi lebih baik menjauh dari dia.

 

6. Hindari Asap

Asap dan polusi bisa menjadi salah satu alasan utama di balik infeksi telinga. Hal ini sangat sulit untuk lepas dari polusi udara, tapi Anda bisa menjauhkan diri dari asap rokok dengan usaha sadar. Selain itu, mintalah orang untuk tidak merokok di depan Anda, yang disebut merokok pasif. Ini bisa sama berbahayanya dengan merokok.

Baca Juga :

 

7. Echinacea dan Goldenseal

Echinacea dan goldenseal adalah dua ramuan populer yang membersihkan sistem internal tubuh dan mencegah infeksi telinga. Anda bisa mencampurnya dengan air mendidih dan minum campurannya perlahan, tiga kali sehari.

 

Nah itulah cara efektif dalam mengobati infeksi telinga yang sangat dianjurkan para ahli. Jika infeksi yang dialami tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter THT terdekat agar mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*