5 Macam Ramuan Alami Untuk Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

  Keseleo dalam dunia medis di sebut dengan Cedera Muskuloskeletal atau “Trauma” , yang kita tahu istilah trauma hanya dipakai jika seseorang sedang mengalami masalah dengan pikiran atau otak. Namun di dunia medis trauma juga sering dipakai untuk orang yang sedang menderita keseleo atau terkilir, misalkan untuk orang yang keseleo gara-gara benturan dengan benda tumpul, sayatan benda tajam dan lain sebagainya. Namun pada umumnya keseleo terjadi karena terjatuh, baik itu jatuh dari kendaraan maupun jatuh dari pohon. Mengobati bengkak akibat keseleo dapat dilakukan dengan cara alami ataupun dengan cara medis seperti dokter, ahli ortopedi dll.

Biasanya orang yang sering mengalami keseleo atau terkilir adalah orang yang berkecimpung dalam dunia olahraga seperti pemain sepak bola, atlet bulu tangkis, atlet voly dan masih banyak yang lainnya. Sebenarnya keseleo ini bisa dihindari jika anda mengetahui caranya. Berikut ini cara pencegahan keseleo diantaranya melakukan pemanasan sebelum latihan atau melakukan aktivitas berat, mengenakan pelindung sendi yang elastis, melakukan diet sehat dan seimbang serta melakukan senam peregangan otot secara teratur.

Kebanyakan orang jika keseleo akan mengurut atau memijat bagian yang keseleo. Memang memijat atau mengurut sebagai langkah awal untuk mengobati keseleo. Namun hanya memijat saja kurang bagus, perlu ada penanganan lebih lanjut seperti mengobati dengan menggunakan ramuan alami untuk mempercepat penyembuhan sakit keseleo. Adapun ramuan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati bengkak akibat keseleo diantaranya :

 

1. Kunyit dan Lemon

Kunyit Dan Lemon - Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Jika mendengar Kunyit dan lemon identik dengan bumbu dapur yang sering menjadi penyedap masakan, tapi sebenarnya kombinasi kedua bumbu dampur tersebut dapat menghilangkan dan mengobati bengkak akibat keseleo.

Cara membuat ramuan dengan kunyit dan lemon cukup mudah yaitu dengan cara mengaduk tumbukan kunyit dengan air perasan lemon sehingga mengental, lalu oleskan pada bagian yang keseleo.

 

2. Bawang Putih

Bawang Putih - Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Selain sebagai penyedap masakan bawang putih juga berkhasiat untuk mengurangi peradangan akibat keseleo dan mempercepat penyembuhan. Sebab bawang putih sendiri kaya dengan kandungan gizi seperti zat besi. vitamin dan potassium.

Cara membuat ramuan dengan bawang putih yaitu dengan mencincang bawang putih kemudian bungkus dengan kain berbahan katun. Selanjutnya, peras cincangan bawang putih yang ada di kain sampai mengeluarkan minyak lalu oleskan minyak tersebut kebagian yang keseleo.

 

3. Jus Nanas

Jus Nanas - Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Mungkin mengobati bengkak akibat keseleo dengan jus belum banyak diketahui oleh orang banyak. Kandungan zat bromelain yang ada di dalam nanas dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang terjadi saat bagian tubuh anda keseleo.

Cara mengobati bengkak akibat keseleo dengan menggunakan jus nanas sangatlah mudah. Anda cukup mengkonsumsi 2 gelas jus nanas dalam sehari, yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat keseleo tersebut.

 

4. Seledri

Seledri - Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Seledri juga salah satu bumbu dampur yang dipercaya dapat Mengobati bengkak akibat keseleo. Hal ini dikarenakan batang seledri memiliki kandungan zat analgesik, yang dapat digunakan sebagai penahan rasa sakit.

Cara membuat ramuan dengan seledri yaitu dengan menumbuk seledri lalu oleskan pada bagian yang terasa sakit akibat keseleo tersebut.

 

5. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih - Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Salah satu cara mengobati bengkak akibat keseleo dengan mudah dan simple yaitu dengan menggunakan minyak kayu putih yang dicampur dengan minyak rosemary.

Caranya, cukup mengoleskan campuran minyak kayu putih dan minyak rosemary kebagian tubuh yang keseleo dan pijat dengan pelan.

 

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati bengkak akibat keseleo yang anda derita. Semoga dengan artikel dari Tips Kebugaran diatas, bengkak yang terjadi pada kaki anda dapat segera teratasi. Namun jika dalam 1 minggu tak kunjung sembuh, periksalah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Sekian dan Terimakasih. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*