7 Cara Jitu Menghilangkan Pegal Setelah Berolahraga

Menghilangkan Pegal Setelah Berolahraga

Menghilangkan Pegal Setelah Berolahraga – Olahraga merupakan salah satu cara agar tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari, karena pada saat berolahraga tubuh mengeluarkan racun dan kotoran serta membakar lemak dan kalori kemudian dikeluarkan melalui keringat. Bukan itu saja, otot dan persendian pun menjadi lebih sehat dan kuat karena sering digerakan ketika berolahraga.

Waktu yang paling tepat untuk berolahraga adalah setiap pagi hari sebelum melakukan aktifitas pekerjaan, dan sore hari setelah pulang kerja. Olahraga itu tidak harus lama, yang penting Anda lakukan setiap hari. Luangkan waktu setidaknya 10 menit setiap pagi dan sore hari untuk berolahraga. Dengan begitu kesehatan tubuh tetap terjaga. Namun, banyak orang yang merasa pegal-pegal setelah melakukan olahraga. Hal ini sebenarnya wajar saja, karena olahraga melibatkan gerakan otot dan persendian tubuh. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa cara jitu menghilangkan pegal setelah berolahraga.

 

Cara Menghilangkan Pegal Setelah Berolahraga

 

1. Mandi Air Hangat

Pegal-pegal setelah berolahraga biasanya disebabkan oleh otot yang kaku. Air yang hangat dapat meregangkan otot yang kaku dan melemaskan saraf yang tegang. Anda bisa menyiram titik tubuh yang terasa pegal seperti bahu, tangan, betis, dan telapak kaki. Selain itu, Anda juga bisa merendam telapak kaki dengan air hangat. Karena telapak kaki merupakan ujung peredaran darah sehingga tubuh akan merasa rileks ketika telapak kaki direndam air hangat.

 

2. Minyak Urut

Pada minyak urut terdapat zat panas dan beberapa kandungan yang dapat meregangkan otot tubuh yang terasa pegal. Namun, pastikan Anda menggunakan minyak urut yang belum melewati masa kadarluasanya. Supaya lebih hangat, Anda bisa mencampur minyak urut dengan parutan jahe kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang pegal sambil diurut-urut. Sangat disarankan untuk tidak menekan bagian tubuh yang pegal dengan keras karena dapat menimbulkan efek yang berbahaya.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Dan Manfaatnya

 

3. Melakukan Peregangan

Cara terbaik menghilangkan pegal setelah berolahraga adalah dengan melakukan peregangan. Peregangan merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga. Alasannya, peregangan sebelum olahraga (pemanasan) bertujuan untuk menghindari terjadinya kram dan tegang otot ketika berolahraga. Sedangkan peregangan sesudah olahraga (pendinginan) bertujuan untuk melemaskan otot-otot yang kaku sehingga darah kembali mengalir dengan normal dan rasa pegal dapat teratasi.

 

4. Minum Air Putih

Selain untuk mengatasi dahaga, minum air putih juga dapat menghilangkan rasa pegal sesudah berolahraga. Hal ini dikarenakan, air putih dapat memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tulang dan juga membantu melancarkan peredaran darah. Biasakan minum air putih sesudah berolahraga untuk mengganti cairan tubuh yang keluar menjadi keringat.

Selain itu, minum air putih juga bermanfaat untuk mengatasi pegal ketika bekerja. Biasakan minum air putih minimal 8 gelas atau 2 botol ukuran sedang setiap harinya.

 

5. Menggunakan Bawang Merah

Kandungan panas alami pada bawang merah bermanfaat untuk melemaskan otot-otot tubuh. Caranya, ambil beberapa siung bawang merah lalu Anda tumbuk. Campurkan minyak kelapa dengan hasil tumbukan bawang merah tersebut, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang pegal. Diamkan kurang lebih selama 30 menit. Selain itu, Anda juga bisa mengurut bagian tubuh yang pegal secara perlahan menggunakan bawang merah. Biasanya, cara ini juga digunakan untuk mengurut tubuh bayi yang habis terjatuh.

Baca Juga : Info Dan Tips Memilih Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Dengan Benar

 

6. Berendam Es Batu

Berendam di dalam air berisi es batu memang sangat dingin, tapi ternyata memiliki efek yang sangat hebat untuk menghilangkan pegal, melancarkan peredaran darah, dan juga melemaskan saraf-saraf yang tegang. Itulah mengapa para pemain sepak bola selalu berendam di air es setiap selesai latihan, karena dapat membuat tubuh mereka kembali fit dan bugar.

Anda bisa menggunakan tong plastik berukuran besar atau bathub yang diisi air. Setelah penuh, campurkan potongan es balok ke dalamnya. Cobalah untuk berendam kurang lebih 10 menit, Anda bisa keluar dari rendaman jika sudah terasa sangat dingin.

 

7. Tidur yang Berkualitas

Banyak orang yang beranggapan jika tidur yang berkualitas adalah tidur dalam jangka waktu yang lama. Padahal, tidur yang berkualitas adalah tidur yang nyenyak walaupun waktunya sangat terbatas. Dengan tidur berkualitas, metabolisme tubuh berjalan lancar dan otot-otot menjadi regang. Namun, perhatikan juga posisi tidur Anda, karena salah posisi tidur dapat menimbulkan kram pada bagian leher dan bahu.

Baca Juga : Cara Diet Yang Sehat Dan Cepat Secara Alami

 

Dari 7 cara menghilangkan pegal setelah berolahraga diatas, Anda dapat melakukannya satu persatu hingga badan kembali fit dan siap untuk beraktifitas. Asupan protein dan gula juga harus diperhatikan selama masa perbaikan stamina diterapkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Be Healthy !!



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*