Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil – Pada saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, biasanya keluhan nyeri punggung sering dialami oleh ibu hamil. Hal itu akibat adanya tekanan terlalu banyak pada area otot punggung, selain itu meningkatnya jumlah hormon selama kehamilan juga semakin menambah berat badan ibu hamil dengan cepat. Secara tidak langsung membuat tubuh tidak nyaman dan kerap mengalami nyeri dibeberapa bagian tubuh. Salah satu nyeri akibat kondisi ini adalah nyeri bagian punggung bagian atas, tubuh terasa sangat berat dan susah saat menggerakkan punggung. Ibu hamil sebaiknya tak usah khawatir mengenai hal ini, pasalnya ada beberapa aktivitas dan kegiatan yang sebaiknya Anda kurangi untuk menghindari rasa nyeri tersebut.

Selain pada usia kandungan memasuki trimester tiga, nyeri bagian punggung atas juga akan terjadi pada saat ukuran kandungan sudah semakin besar, sehingga perubahan tubuh semakin terlihat drastis pada saat mendekati waktu melahirkan. Selain dua hal tersebut, ternyata masih ada beberapa penyebab lain rasa nyeri punggung yang kerap di alami selama hamil. Berikut beberapa penyebab nyeri punggung selama hamil yang harus Anda ketahui.

 

Penyebab Nyeri Punggung Selama Hamil

  1. Akibat kenaikan berat badan yang dialami ibu hamil hingga mencapai 25%, mengakibatkan adanya tekanan lebih banyak pada area otot punggung. Pada saat seperti ini maka otot punggung menjadi melemah dan mengakibatkan adanya rasa nyeri baik dibagian atas punggung mapun bagian bawahnya.
  2. Bayi dalam kandungan sudah mulai berpindah posisi atau bergeser ke arah depan, sehingga ukuran pertumbuhan bayi tersebut akan memberikan lebih banyak tekanan pada otot punggung bagian atas. Sehingga tak heran jika bertambahnya berat bayi dalam rahim tersebut akan mengakibatkan adanya nyeri di bagian punggung.
  3. Nyeri punggung saat hamil terjadi juga bisa disebabkan akibat pembesaran payudara selama hamil. Meningkatnya ukuran payudara akan membuat bagian punggung dan leher terasa berat dan tegang. Sehingga pada kondisi ini ibu hamil akan mengalami gangguan nyeri di bagian punggungnya.

 

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Meskipun terbilang kondisi yang normal, namun Anda tetap bisa melakukan beberapa cara untuk meredakan nyeri tersebut akan tidak semakin menggangu dan membuat Anda tidak nyaman selama hamil. Dan berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil.

1. Menjaga postur tubuh

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menjaga posisi postur tubuh Anda tetap baik, karena dengan menjaga postur tubuh tetap baik dan normal dapat mengurangi nyeri punggung selama hamil. Sebaiknya pada saat posisi berdiri dan duduk, ibu hamil harus tetap tegak dan menjaga posisi punggung tetap lurus. Dan pastikan untuk setiap kali mengubah posisi agar dapat tetap menghindari rasa nyeri tersebut.

2. Menjaga posisi tidur

Selain itu, ibu hamil juga harus memperhatikan dan menjaga posisi tidurnya, pasalnya posisi tidur ibu hamil akan berpengaruh terhadap posisi janin serta kondisi tubuh ibu hamil tersebut. Jadi usahakan pada saat tidur menyamping salah satu atau kedua lutut ibu sebaiknya ditekuk. Karena hal itu dapat membantu meringankan otot punggung agar tidak tertekan. Selain menekuk kaki, ibu hamil juga bisa menempatkan bantal diantara kedua lutut atau dibagian perut.

3. Hindari mengangkat beban berat

Sebaiknya hindari mengangkat benda-benda terlalu berat selama hamil, terutama pada saat usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga. Dan pastikan Ibu hamil tetap menjaga kesehatan. Pada saat hendak mengambil sesuatu dari lantai atau tanah, sebaiknya tekuk lutut dan usahakan agar punggung tetap dalam kondisi lurus.

4. Gunakan alas kaki yang rata

Gunakan alas kaki yang dapat menopang berat badan secara rata, dan hindari menggunakan alas kaki yang tidak rata seperti high heels dan lainnya. Sepatu dengan tumit rendah dan datar mampu memberikan dukungan dan topangan yang memadai, sehingga pada saat ibu hamil memakainya akan lebih nyaman dan dapat membuat Anda tidak terganggu.

5. Rutin olahraga

Ibu hamil juga bisa melakukan olahraga agar kondisi otot punggung semakin kuat. Ada pun untuk mengetahui cara dan jenis olahraga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada bidan atau penyedia pelayanan kesehatan mengenai olahraga bagi ibu hamil.

Baca Juga :

6. Kompres air dingin

Jika nyeri punggung terjadi hanya sementara, maka cara meredakannya cukup dengan menggunakan kompres air dingin pada bagian pungung tersebut. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, namun harus tetap dengan pengawasan dan petunjuk dokter.

Satu lagi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya pada saat kondisi nyeri punggung terjadi dan agar tidak semakin parah, ibu hamil harus tetap mengenakan pakaian yang longgar. Sekalipun gangguan nyeri punggung bagian atas selama hamil merupakan hal yang lumrah, namun tetap tidak boleh diabaikan begitu saja. Pasalnya pada kondisi terburuknya nyeri punggung bagian atas saat hamil membutuhkan pertolongan dokter untuk mengatasinya.

 

Nah begitulah cara mengatasi nyeri punggung saat hamil yang bisa Anda lakukan dirumah. Selalu perhatikan kesehatan Anda agar buah hati tidak mengalami gangguan apapun didalam sana. Perhatikan asupan makanan juga wajib untuk dilakukan. Hindari konsumsi kacang-kacangan, emping, jeroan atau jengkol yang mampu membuat sakit pinggang Anda semakin parah. Selamat mencoba dan semoga segera diberikan kesembuhan. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*