4 Tips Sederhana Untuk Mencegah Obesitas Pada Anak

Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Mencegah Obesitas Pada Anak – Hari demi hari, jumlah penderita obesitas pada anak semakin meningkat dan hal ini membuat kekhawatiran dinas kesehatan. Begitu juga dengan lonjakan penderita obesitas yang menyebabkan munculnya berbagai penyakit lainnya seperti diabetes. Kekhawatiran itupun menjadi kenyataan, seiring dengan waktu penderita diabetes yang biasanya diderita oleh orang dewasa dan sekarang ini sudah mulai menyerang pada anak-anak.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh organisasi endokrinologi anak, kasus penderita diabetes pada anak mulai meningkat di Indonesia lebih dari 400 persen.

Posisi Indonesia yang menderita penyakit diabetes terbanyak pada anak sudah mencapai pada peringkat ke 6 untuk tingkat Asia. Apabila tidak ada penanganan lebih lanjut sesegera mungkin, bisa jadi peringkat indonesia akan bertambah hingga tahun depan.

Akibat Obesitas Pada Anak

Hal ini menjadi sebuah permasalahan yang harus dilakukan pencegahan sedini mungkin dan tentu saja peran orang tua sangat penting. Hanya orang tua lah yang dapat mengatur pola makan pada anak serta membuat aturan pola hidup sehat untuk buah hati mereka.

Secara teknis, anak-anak selalu mencontoh kebiasaan orang tua dalam pola gaya hidup, entah apakah itu sehat atau tidak. Sehingga hal ini memerlukan kesadaran setiap orang tua untuk menerapkan gaya hidup sehat, bukan hanya menyuruh saja agar anak bergaya hidup sehat.

Tiap-tiap keluarga memiliki aturan sendiri dalam menerapkan pola hidup sehat, namun harus ada salah satu anggota keluarga yang wajib memiliki pengetahuan bagaimana cara hidup yang sehat.

Akan tetapi, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh beberapa orang tua kesulitan menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya terhadap diri sendiri dan anak-anak. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara sederhana dalam mencegah obesitas pada anak yang wajib Anda coba.

 

Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Semua ahli kesehatan terutama ahli gizi sudah merumuskan pola hidup sehat dengan sistem 5-2-1-0 yang dapat dijelaskan berikut ini :

 

Angka 5 – Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran

Dalam sehari, sangat dianjurkan untuk setiap anak untuk mengkonsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran minimal 5 kali.

Angka 2 – Batas maksimal anak untuk tidak bergerak

Anak zaman sekarang lebih beraktifitas menggunakan gadget ataupun menonton televisi. Jadi jangan terlena dengan keasyikan mereka hanya duduk dan berdiam diri. Sebaiknya Anda menerapkan batas maksimal untuk duduk diam adalah tidak lebih dari 2 jam.

Angka 1 – Aktif beraktivitas minimal 1 jam

Setiap hari, anak harus aktif bergerak untuk melakukan aktivitas minimal 1 jam. Sangat disarankan untuk setiap anak melakukan aktifitas yang mengeluarkan keringat seperti olahraga dengan berlari-lari, jogging, bersepeda dan sebagainya. Alangkah baiknya Anda sebagai orang tua menemaninya untuk berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu selama 20 menit.

Angka 0 – Kurangi dan hindari konsumsi gula berlebih

Konsumsi gula memang perlu untuk menambah energi, namun apabila konsumsi terlalu banyak gula selain dari makanan utama wajib dihindari. Kebutuhan kalori dengan memberikan asupan gula yang lebih banyak pada anak seperti makan permen, makanan manis atau minuman kemasan yang manis perlu Anda batasi. Sedangkan anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan mengonsumsi susu, maka Anda harus memilih susu yang tidak memakai gula tambahan sebagai pemanis rasa.

 

Nah itulah beberapa tips dalam mencegah obesitas pada anak yang dianjurkan dari para ahli gizi. Tidak ada salahnya untuk Anda coba terapkan pada anak Anda agar masalah obesitas tidak akan dialami nantinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*