4 Macam Manfaat Yoga untuk Kesehatan Luar dan Dalam Tubuh

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan

Manfaat Yoga untuk Kesehatan – Yoga merupakan olahraga yang membutuhkan ketenangan, kelenturan dan konsentrasi yang baik supaya tubuh menjadi lebih tenang dan sehat. Belakangan ini, yoga menjadi olahraga yang populer khususnya dikalangan kaum hawa. Pasalnya, selain untuk menjaga kesehatan, gerakan yoga juga bermanfaat untuk merawat kecantikan dan mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh.

Melirik sejarahnya sedikit, sebenarnya gerakan yoga ini sudah ada sejak 2000. tahun sebelum masehi. Namun, dahulu gerakannya tidak terlalu banyak tapi semakin bertambahnya waktu, gerakan yoga mulai berkembang dan mengalami banyak perubahan.

Yoga bisa dilakukan semua orang dan semua usia, bahkan untuk yang sudah lanjut usia sekalipun. Hal ini dikarenakan setiap gerakan pada senam yoga sangat mudah untuk dilakukan dan tidak menguras terlalu banyak tenaga. Jika Anda baru pertama kali melakukan yoga maka dibutuhkan tahap penyesuaian dengan melakukan gerakan dasar terlebih dahulu, tujuannya agar tubuh menjadi lebih terbiasa dan lebih lentur.

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh

Ada segudang manfaat yoga untuk tubuh, penasaran? Berikut ini penjelasan Tips Kebugaran tentang macam-macam manfaat yoga yang terbagi menjadi beberapa jenis.

 

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan Peredaran Darah

Gerakan yoga yang tenang dengan menggerakan beberapa bagian tubuh sambil berkonsentrasi berkhasiat untuk melancarkan perederan darah di dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih fresh.

2. Mengatasi Kram dan Pegal

Gerakan menarik tangan dan kaki dengan berbagai posisi pada yoga sangat bermanfaat untuk menghilangkan pegal-pegal dan kram. Namun, sangat tidak disarankan untuk melakukan gerakan tersebut ketika kaki atau tangan Anda sedang terkilir.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Yoga juga termasuk ke dalam bentuk cardio yang memiliki manfaat untuk mengatur irama detak jantung sehingga dapat meningkatkan kerja jantung untuk memompa darah. Selain itu, latihan olah napas pada yoga bermanfaat untuk melancarkan aliran oksigen yang masuk ke dalam tubuh sehingga jantung menjadi lebih sehat.

 

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa

1. Mengurangi Stress

Stress dapat mengganggu kondisi emosional Anda, dengan melakukan yoga secara rutin maka pikiran bisa menjadi lebih tenang sehingga stress juga ikut berkurang.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Selain menenangkan pikiran, yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kerja otak sehingga daya ingat menjadi semakin meningkat. Posisi meditasi pada yoga bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke otak sehingga daya ingat menjadi lebih kuat.

3. Mengendalikan Emosi

Kebanyakan orang yang pernah melakukan yoga mengaku mampu mengontrol emosi mereka dengan baik sehingga tidak cepat marah.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa

Manfaat Yoga untuk Kecantikan

1. Menghaluskan Kulit

kebanyakan gerakan yoga mengandalkan tarikan dan sedikit tekanan sehingga otot-otot menjadi lebih kencang. Selain itu, racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh dikeluarkan melalui keringat, efeknya kulit Anda menjadi lebih sehat dan halus.

2. Mengurangi Timbulnya Keriput di Wajah

Banyak orang yang menyamakan yoga dengan meditasi, sebenarnya pendapat ini tidaklah salah. Pasalnya, yoga juga melatih ketenangan dan konsentrasi pikiran sehingga pikiran menjadi lebih rileks dan efeknya keriput di wajah menjadi berkurang.

 

Manfaat Yoga untuk Diet

1. Mengontrol Nafsu Makan

Latihan rileksasi dapat memberikan ketenangan dan menjaga kondisi emosional Anda, sehingga untuk mengontrol nafsu makan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan.

2. Membakar Lemak

Setiap gerakan yoga memiliki manfaat untuk membakar lemak pada setiap bagian tubuh seperti paha, tangan, perut dan kaki. Namun, supaya hasilnya lebih maksimal maka yoga harus dilakukan secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu.

3. Berat Badan Menjadi Turun

Jika lemak terbakar maka berat badan pun ikut turun. Maka dari itu, yoga sangat cocok dijalankan untuk Anda yang sedang diet tapi tidak ingin melakukan olahraga yang berat.

4. Bentuk Tubuh Lebih Ideal

Beberapa gerakan yoga menitik beratkan pada bagian tubuh yang sering terlihat gemuk seperti perut, lengan, betis, perut, bokong dan kaki. Jika dilakukan secara rutin maka lemak yang menumpuk pada bagian tersebut dapat berkurang sehingga bentuk tubuh Anda menjadi lebih ideal.

Yoga bukan hanya untuk wanita, laki-laki juga boleh melakukannya. Ada banyak sekali manfaat yoga untuk pria seperti menjaga stamina tubuh, meningkatkan vitalitas, dan mengurangi sakit pinggang untuk yang sering kerja berat.

 

Semua manfaat yoga untuk kesehatan di atas tidak bisa Anda dapatkan dalam waktu semalam saja, melainkan harus dilakukan secara rutin. Nah, bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya mengikuti kursus yoga atau memanggil instruktur secara private agar latihan yoga yang dilakukan lebih terarah. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*