10 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh Baik Wanita Maupun Pria

Manfaat Vitamin E

Manfaat vitamin E sebenarnya sangat banyak sekali seperti bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh, mencegah terjadinya kanker, membantu melembabkan kulit, dan masih banyak lainnya. Vitamin E juga biasa dikenal sebagai Tokoferol yang merupakan sekelompok vitamin yang mudah larut dalam  lemak.  Sama seperti halnya vitamin A serta vitamin D. Vitamin E menjadi  nutrisi yang sangat penting serta sangat diperlukan tubuh anda. Ini dikarenakan tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin E dengan sendirinya. Sehingga anda harus mendapatkan vitamin E dengan mengonsumsi berbagai macam makanan yang banyak mengandung vitamin E.

Dosis vitamin ini buat mencukupi kebutuhan tubuh setiap harinya yang dianjurkan adalah  sekitar 7 mg. Pada kenyataannya kasus kekurangan vitamin ini sangatlah jarang terjadi. Tetapi biasanya saat proses penyembuhan luka anda menjadi lambat, anda perlu mewaspadai bahwa anda kekurang vitamin ini. Kelebihan vitamin E bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti meningkatnya asam lambung, terjadinya kelemahan otot, tubuh menjadi cepat lelah, serta seringkali sakit kepala.

 

Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan

Beberapa jenis sayuran  serta minyak banyak mengandung vitamin E didalamnya seperti minyak biji gandum, minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa lalu sayur  buncis, kacang-kacangan, asparagus, selada, serta buah seperti strawberry dan ubi jalar. Biji bunga matahari, dan masih banyak sayuran warna hijau lainnya  banyak vitamin E. Vitamin E juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kecantikan, berikut penjelsan singkat dari beberapa manfaat vitamin E.

 

1. Membantu Melembabkan Kulit

Minyak vitamin E bisa anda gunakan buat pelembab kulit wajah yang sehat dan alami. Serta tanpa adanya tambahan bahan atau zat kimia lainnya seperti alkohol atau sebagainya. Minyak vitamin E bisa memberikan kelembaban pada kulit sesuai dengan kebutuhan. Selain itu keberadaan antioksidan pada vitamin E juga bisa membantu proses penyembuhan luka pada tubuh.

Minyak dengan kandungan vitamin E bisa anda gunakan sebagai salah satu perawatan kecantikan. Apalagi jika anda rutin menggunakannya seminggu sekali. Antioksidan yang berada dalam minyak yang mengandung vitamin E bisa melindungi sel-sel kulit anda serta membantu mencegah terjadinya pembentukan radikal bebas yang seringkali merusak kulit.

 

2. Membantu Mengurangi Stretch Marks

Kenaikan berat badan yang tiba-tiba seringkali akan menyebabkan munculnya stretch mark dengan mudah. Vitamin E akan membantu menyembuhkannya dari dalam serta bisa memudarkan stretch mark dengan mudahnya bahkan bisa menghilangkan bekas luka.

 

3. Mencegah Penuaan Dini Serta Meningkatkan Kesehatan Kulit

Saat abda seakin bertambah tua, produksi kolagen akan mulai melambat serta berkurang. Ini akan  menyebabkan kulit menjadi tidak kekencangan serta elastisitas. Diet tidak sehat, banyaknya polusi, serta paparan bahan kimia bisa memicu proses penuaan degan cepat.  Ini akan menyebabkan  kulit menjadi  kendor serta kusam. Ini juga akan memicu munculnya garis-garis atau kerutan pada wajah. Vitamin E  juga mengandung antioksidan yang kuat sehingga bisa membantu mencegah penuaan dini. Tak hanya itu vitamin E sangat bermanfaat membantu menyamarkan garis-garis halus serta kerutan. Manfaat vitamin E juga bisa membuat kulit kembali ketat serta lebih elastis.

Vitamin E mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan elastisitas pada  kulit wajah, membantu meningkatkan kelembaban kulit, membantu mencegah penuaan dini pada wajah, serta mencegah kerusakan kulit sebagai akibat dari radiasi sinar matahari serta membantu mempercepat penyembuhan luka.

 

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin E juga bermanfaat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin E juga bisa membuat kita terhindar dari serangan berbagai jenis penyakit serta membantu tubuh tetap bersemangat sepanjang hari

 

5. Membersihkan Serta Mengurangi Bintik Coklat Pada Kulit

Vitamin E biasa dijadikan salah satu ‘pembersih universal’, ini dikarenakan cocok untuk semua jenis kulit. Kotoran, sel-sel mati serta debu bisa membuat wajah menjadi kusam serta lelah. Teteskan dan oleskan beberapa tetes minyak yang vitamin E di  kapas lalu oleskanlah sebanyak dua kali sehari buat membersihkan kulit agar kulit selalu sehat bersinar.

Bintik-bintik coklat pada wajah atau kulit meruapakan salah satu tanda penuaan dini. Ini dikarenakan kerusakan akibat polusi serta serangan radikal bebas, bahkan karena buruknya fungsi hati. Vitamin E bisa membantu mencegah serta mengatasi kerusakan akibat polisi dan radikal bebas. Apabila minyak yang mengandung vitamin E dioleskan ke bintik-bintik tersebut. Ini bisa membantu atau meringankan serta menghaluskan kulit yang kasar dengan cara membantu melumaskan membran sel sehingga bisa mempercepat regenerasi sel.

 

6. Sebagai Antioksidan

Vitamin E mengandung banyak antioksidan alami yang bisa membantu serta melindungi struktur sel yang penting dari polusi serta radikal bebas. Vitamin E sebagai antioksidan alami bisa bereaksi, dan merusak rantai akibat reaksi yang disebabkan oleh radikal bebas. Dalam reaksi inilah, vitamin E juga diubah menjadi radikal. Tapi bedanya radikal ini bisa membantu meregenerasi dan menjadi sebuah vitamin yang aktif setelah melalui proses biokimia dengan melibatkan senyawa-senyawa lainnya.

 

7. Mencegah Kanker Kulit

Orang-orang seringkali menghabiskan waktu mereka dengan beraktivitas di bawah sinar. matahari. Apalagi jika orang itu merupakan pekerja lapang. Sehingga meningkat resiko terserang kanker kulit. Salah satu cara buat mencegah kanker kulit yaitu dengan mengoleskan minyak yang mengandung vitamin E tersebut. Penggunaan minyakdengan kandungan  vitamin E secara rutin pada kulit bisa membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti psoriasis ataupun eksim.

 

8. Mencegah Osteoarthritis

Vitamin E bisa mencegah serta meredakan osteoarthritis. Sehingga vitamin E bisa bermanfaat membantu untuk meredakan nyeri rematik yang anda alami. Vitamin E sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kinerja  sendi–sendi dalam tubuh  serta bisa menurunkan resiko terkena asam urat.

Baca Juga :

 

9. Merangsang Pertumbuhan Serta Mencegah Rambut Beruban

Minyak yang mengandung vitamin E serta antioksidan bisa membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh serta bisa meningkatkan sirkulasi darah anda ke seluruh tubuh. Termasuk aliran darah  ke kulit kepala. Aliran darah yang lancar bermanfaat vitamin e untuk kesuburan serta membantu merangsang terjadinya pertumbuhan pada  rambut.  Minyak ini juga sangat efektif  untuk memperlambat proses penuaan dini baik pada kulit maupun rambut. Sehingga ini juga akan membantu mencegah terjadinya rambut beruban pada usia muda. Itulah manfaat vitamin e untuk rambut anda.

 

10. Membantu Mencegah Penyakit Jantung Serta Stroke

Manfaat vitamin E dapat membantu mencegah penyakit stroke serta jantung. Vitamin ini mempunyai  peranan penting dalam mengencerkan darah yang diedarkan serta bisa memperlancar aliran darah dalam tubuh. Sehingga menghindari terjadinya penumpukan flek pada dinding pembuluh darah. Sehingga ini akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung serta stroke.

Saat mengonsumsi vitamin, usahakan untuk tidak memakainya dalam dosis yang berlebihan. Vitamin E tidak akan aman jika anda mengonsumsinya dengan dosis tinggi sebesar 400 IU atau lebih. Apalagi jika Anda menderita diabetes atau menderita penyakit jantung. Menurut beberapa penelitian, dosis yang tinggi saat anda mengkonsumsi vitamin E ini bisa meningkatkan resiko mendapatkan efek samping yang serius.

 

Nah itulah penjelasan singkat dari Tips Kebugaran tentang 10 manfaat vitamin E yang bisa dirasakan tubuh kita untuk menunjang kebugaran tubuh sehari-hari. Pemilihan jenis sumber vitamin juga sangat wajib diperhatikan agar tidak terkendala dengan sistem imun tubuh yang lain. Semoga bacaan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang berminat untuk mengonsumsi vitamin E atau jenis vitamin lainnya. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*