12 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat vitamin A

Manfaat Vitamin A sebenarnya sangat banyak sekali seperti bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh, mencegah terjadinya kanker, membantu melembabkan kulit, dan masih banyak lainnya. Vitamin A juga biasa dikenal sebagai Tokoferol yang merupakan sekelompok vitamin yang mudah larut dalam  lemak.  Sama seperti halnya Vitamin A serta vitamin D, macam- macam vitamin A bisa  menjadi  nutrisi yang sangat penting serta sangat diperlukan tubuh Anda. Ini dikarenakan tubuh manusia tidak bisa memproduksi Vitamin A dengan sendirinya. Sehingga Anda harus mendapatkan Vitamin A dengan mengonsumsi berbagai macam makanan yang banyak mengandung Vitamin A.

Dosis vitamin A untuk mencukupi kebutuhan tubuh setiap hari yang dianjurkan adalah  sekitar 7 mg. Pada kenyataannya kasus akibat defisiensi vitamin A ini sangatlah jarang terjadi. Tetapi biasanya saat proses penyembuhan luka akan menjadi lambat, sehingga perlu mewaspadai bahwa Anda kekurangan vitamin ini. Kelebihan dari fungsi vitamin A bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti meningkatnya asam lambung, terjadinya kelemahan otot, tubuh menjadi cepat lelah, serta gangguan kesehatan mata.

 

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan

Beberapa jenis sayuran  serta makanan yang mengandung vitamin A didalamnya seperti minyak biji gandum, minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa lalu sayur  buncis, kacang-kacangan, asparagus, selada, serta buah seperti strawberry dan ubi jalar. Biji bunga matahari, dan masih banyak sayuran warna hijau lainnya  serta buah yang mengandung vitamin A. Vitamin A juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kecantikan, berikut beberapa manfaat dari sumber vitamin A.

 

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat vitamin A untuk mata berperan penting dalam membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak, dalam bentuk sebuah gambar. Senyawa yang berperan ini dinamakan retinol. Senyawa retinol yang cukup tinggi di sayuran vitamin a, akan membuat mata Anda mampu untuk menangkap cahaya serta objek apapun dengan baik, sehingga saat retina kalian menerima dan menyalurkannya ke saraf otak, maka akan tervisualisasikan secara akurat. Vitamin A sangat berperan penting dalam mejaga, melindungi dan meningkatkan kualitas organ mata dalam melihat.

Penelitian juga sudah banyak yang membuktikan, bahwa penyebab utama dari kebutaan yang alami orang-orang, karena kurangya asupan vitamin A bagi tubuh pada saat mereka masih anak-anak. Studi juga menunjukkan bahwa tetes vitamin A efektif untuk pengobatan mata kering. Vitamin A benar-benar penting dalam kemampuan penglihatan. seperti agar mata dapat menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya, menjaga kelembaban mata dan meningkatkan penglihatan pada malam hari.

 

2. Membantu melembabkan kulit

Minyak Vitamin A bisa Anda gunakan sebagai pelembab kulit wajah yang sehat dan alami. Serta tanpa adanya tambahan bahan atau zat kimia lainnya seperti alkohol atau sebagainya. Minyak Vitamin A bisa memberikan kelembaban pada kulit sesuai dengan kebutuhan. Selain itu keberadaan antioksidan pada Vitamin A juga bisa membantu proses penyembuhan luka pada tubuh.

Minyak dengan kandungan Vitamin A bisa Anda gunakan sebagai salah satu perawatan kecantikan.Apalagi jika Anda rutin menggunakannya seminggu sekali. Antioksidan yang berada dalam minyak yang menagandung Vitamin A bisa melindungi sel-sel kulit Anda serta membantu mencegah terjadinya pembentukan radikal bebas yang seringkali merusak kulit.

 

3. Membantu mengurangi stretch marks

Kenaikan berat badan yang tiba-tiba seringkali akan menyebabkan munculnya stretch mark dengan mudah. Vitamin A akan membantu menyembuhkannya dari dalam serta bisa memudarkan stretch mark dengan mudahnya bahkan bisa menghilangkan bekas luka.

 

4. Mencegah penuaan dini serta meningkatkan kesehatan kulit

Saat abda seakin bertambah tua, produksi kolagen akan mulai melambat serta berkurang. Ini akan  menyebabkan kulit menjadi tidak kekencangan serta elastisitas. Diet tidak sehat, banyaknya polusi, serta paparan bahan kimia bisa memicu proses penuaan degan cepat.  Ini akan menyebabkan  kulit menjadi  kendor serta kusam. Ini juga akan memicu munculnya garis-garis atau kerutan pada wajah. Vitamin A  juga mengandung antioksidan yang kuat sehingga bisa membantu mencegah penuaan dini. Tak hanya itu Vitamin A sangat bermanfaat membantu menyamarkan garis-garis halus serta kerutan. Manfaat Vitamin A juga bisa membuat kulit kembali ketat serta lebih elastis.

Vitamin A mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan elastisitas pada  kulit wajah, membantu meningkatkan kelembaban kulit, membantu mencegah penuaan dini pada wajah, serta mencegah kerusakan kulit sebagai akibat dari radiasi sinar matahari serta membantu mempercepat penyembuhan luka.

 

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin A juga bermanfaat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin A juga bisa membuat kita terhindar dari serangan berbagai jenis penyakit serta membantu tubuh tetap bersemangat sepanjang hari. Sehingga manfaat vitamin A pada balita ini sangatlah baik.

 

6. Sebagai Antioksidan

Vitamin A mengandung banyak antioksidan alami yang bisa membantu serta melindungi struktur sel yang penting dari polusi serta radikal bebas. Vitamin A sebagai antioksidan alami bisa bereaksi, dan merusak rantai akibat reaksi yang disebabkan oleh radikal bebas. Dalam reaksi inilah, Vitamin A juga diubah menjadi radikal. Tapi bedanya radikal ini bisa membantu meregenerasi dan menjadi sebuah vitamin yang aktif setelah melalui proses biokimia dengan melibatkan senyawa-senyawa lainnya.

 

7. Mencegah kanker

Orang-orang seringkali menghabiskan waktu mereka dengan beraktivitas di bawah sinar. matahari. Apalagi jika orang itu merupakan pekerja lapang. Sehingga meningkat resiko terserang kanker kulit. Salah satu cara buat mencegah kanker kulit yaitu dengan mengoleskan minyak yang mengandung Vitamin A tersebut. Penggunaan minyakdengan kandungan  Vitamin A secara rutin pada kulit bisa membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti psoriasis ataupun eksim. Itulah salah satu manfaat vitamin A untuk kulit.

 

8. Melancarkan fungsi repoduksi pria

Vitamin A dapat meningkatkan keberhasilan pembentukan sperma yang baik, sehingga dapat menjaga dan menyusun kadar kekentalan dan kesuburan sperma pada kondisi yang terbaik.

 

9. Menyehatkan kondisi indung telur pada wanita

Vitamin A bisa menyehatkan keadaan indung telur serta memantapkan  kesiapan agar dibuahi dengan segera saat terjadinya pembuahan.

Baca Juga :

 

10. Memperkuat plasenta bayi

Vitamin A mampu menjaga keelastisan dan kekenyalan dinding  plasenta sehingga tidak mudah teriritasi dan akan sulit untuk terserang peradangan ketika ada radikal bebas yang tak sengaja masuk dalam tubuh ibu hamil.

 

11. Meningkatkan kesehatan janin

Pada  ibu  yang hamil saat kebutuhan vitamin A bisa tercukupi selama proses kehamilan maka pertumbuhan serta perkembangan organ tubuh si bayi yang  sudah terbentuk menjadi semakin kuat sampai  mendekati masa persalinan akan lancar tanpa hambatan.

 

12. Membantu mencegah penyakit jantung dan stroke

Membantu mencegah penyakit stroke serta jantung dengan mengonsumsi Vitamin A. Vitamin ini mempunyai  peranan penting dalam mengencerkan darah yang diedarkan serta bisa memperlancar aliran darah dalam tubuh. Sehingga menghindari terjadinya penumpukan flek pada dinding pembuluh darah. Sehingga ini akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung serta stroke.

Saat mengonsumsi vitamin A, usahakan untuk tidak memakainya dalam dosis yang berlebihan. Vitamin A tidak akan aman jika Anda mengonsumsinya dengan dosis tinggi sebesar 400 IU atau lebih. Apalagi jika Anda menderita diabetes atau menderita penyakit jantung. Menurut beberapa penelitian, dosis yang tinggi saat mengonsumsi Vitamin A bisa meningkatkan risiko mendapatkan efek samping yang serius.

 

Nah itulah ulasan singkat dari Tips Kebugaran tentang beberapa manfaat vitamin A yang bisa dirasakan oleh tubuh. Vitamin A dapat Anda temui pada buah dan sayur yang banyak mengandung warna jingga. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan Anda tentang manfaat dari vitamin A. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*