4 Manfaat Olahraga Skipping atau Lompat Tali Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Skipping

Manfaat Olahraga Skipping – Olahraga ringan seringkali dikaitkan dengan jogging atau berlari-lari kecil. Tapi, ada juga mainan anak-anak yang sejak dulu sering kita mainkan dan lebih sering dimainkan oleh perempuan adalah olahraga skipping atau lompat tali.

Jenis olahraga ringan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apabila Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk berolahraga atau tidak ada teman yang mau diajak berolahraga, mungkin olahraga skipping bisa menjadi alternatif Anda. Selain mudah, olahraga skipping ini dapat mengeluarkan keringat Anda dengan cepat.

 

Manfaat Olahraga Skipping Untuk Kesehatan

Jenis olahraga ini sangat mudah dan murah, disamping tidak butuh ruangan yang luas, skipping dapat membantu berbagai masalah kesehatan yang seringkali menghantui kita. Nah, kali ini Tips Kebugaran berikan berbagai manfaat olahraga skipping yang dapat Anda peroleh untuk kesehatan tubuh.

1. Membakar kalori

Hampir sama dengan olahraga lari, ternyata skipping dapat membakar kalori dengan jumlah yang cukup besar juga loh. Skipping yang Anda lakukan selama 30 menit setiap hari dapat membakar kalori hingga 450 kalori.

2. Menjaga kesehatan jantung

Gerakan yang dilakukan saat melakukan olahraga skipping dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan, terutama organ kardiovaskular. Tiap lompatan saat skipping atau lompat tali ini dapat membuat jantung lebih sehat dan kuat.

Saat melakukan skipping, darah yang dipompa pada jantung menjadi lebih banyak, sehingga oksigen yang dikirim melalui peredaran darah dapat memberikan nutrisi tiap-tiap organ tubuh.

3. Terhindar dari osteoporosis

Saat menginjak usia lanjut, osteoporosis selalu menghantui dan menjadi masalah saat melakukan aktifitas. Kemungkinan resiko osteoporosis menjadi lebih kecil apabila Anda melakukan olahraga skipping.

Olahraga lompat tali ini dapat membuat tulang lebih padat dan terhindar dari osteoporosis. Berdasarkan penelitian mengenai Osteoporosis, olahraga secara rutin dengan melompat dapat meningkatkan kekuatan struktur tulang sehingga kemungkinan terserang osteoporosis menjadi lebih kecil.

4. Meningkatkan konsentrasi

Skipping sangat baik untuk kesehatan tubuh, ternyata dapat meningkatkan konsentrasi agar tetap selalu fokus saat melakukan aktifitas ataupun masalah yang dihadapi.

Baca Juga :

 
50 Macam Gerakan Olahraga Skipping :

 

Manfaat olahraga skipping yang sudah disebutkan diatas dapat Anda terapkan setiap hari saat dirumah. Alangkah baiknya dilakukan secara rutin selama 30 menit tiap latihan. Bagi Anda yang pertama kali dan memilih olahraga ini, sebaiknya lakukan secara perlahan dan berlatih skipping selama 15 menit setiap berlatih. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*