6 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jantung Pisang

  Di Indonesia sendiri jantung dari bauh pisang memang bisa dibuat berbagai macam olahan makanan yang enak. Mulai dari tumis jantung pisang, sayur jantung pisang dan masih banyak lagi olahan lainnya. Dengan rasanya yang unik dari jantung pisang itu sendiri memang menjadi salah satu favorit kebanyakan orang. Namun dibalik itu semua, manfaat jantung pisang sendiri sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Kebanyakan orang mengetahui manfaat jantung pisang tidak lebih dari buah pisang itu sendiri. Namun perlu kamu ketahui bahwa jantung pisang ternyata memiliki berbagai macam manfaat baik untuk tubuh dan pikiran. Untuk mengetahui lebih jelasnya berikut informasi yang Tips Kebugaran bisa berikan. Simak ya !!

 

6 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

 

1. Mengatasi Masalah Konstipasi

Manfaat jantung pisang yang pertama adalah mengatasi masalah konstipasi atau sering disebut sembelit. Jantung pisang merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan serat. Tubuh memang membutuhkan serat yang cukup  untuk menjaga sistem pencernaan.  Dengan mengkonsumsi jantung pisang ini tentunya akan dapat membantu dalam melanncarkan sistem pencernaan.

 

2. Memperlancar Haid

Manfaat jantung pisang yang kedua adalah memperlancar siklus haid pada wanita. Ternyata jantung pisang menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membantu dalam meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh wanita. Progesteron ini sendiri merupakan suatu hormon yang berfungsi dapat mengatur fungsi tubuh dan berkaitan dengan siklus haid, menyiapkan tubuh untuk konsepsi dan menjaga kehamilan.

 

3. Memperlancar ASI

Selain memperlancar haid, manfaat jantung pisang bagi wanita berikutnya adalah dapat memperlancar produksi ASI (Air Susu Ibu). Mengkonsumsi jantung pisang memang dapat membantu dalam meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh. Untuk ibu yang sedang menyusui, kadar progesteron yang tinggi dalam tubuh tentunya dibutuhkan untuk dapat menstimulasi kelenjar penghasil air susu pada ibu yang sedang hamil.

 

4. Mengatasi Masalah Anemia

Manfaat jantung pisang berikutnya adalah mengatasi masalah Anemia. Jantung pisang juga dikenal dapat meningkatkan kadar Hemoglobin dalam tubuh karena kaya akan kandungan zat besi. Zat besi itu sendiri merupakan suatu komponen dari hemoglobin yang mana merupakan kandungan dari sel-sel darah merah. Hemoglobin yang digunakan untuk  mengalirkan oksigen dari paru–paru ke seluruh tubuh. Dengan mengkonsumsi jantung pisang ini, diharapkan kadar hemoglobin dalam tubuh menjadi stabil dan dapat mengatasi masalah anemia.

 

5. Mencegah Terjadinya Infeksi

Selain anemia, manfaat jantung pisang yang baik bagi kesehatan adalah mencegah terjadinya infeksi pada tubuh kita. Jantung pisang secara alami ternyata dapat mencegah terjadinya infeksi karena kandungan ekstrak di dalam jantung pisang berbasis Etanol. Ekstrak yang satu ini menjadi salah satu ekstrak yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen yang mana dapat  menyebabkan berbagai macam penyakit seperti halnya infeksi stafilokokus dan radang tenggorokan.

Baca Juga : Cara Merebus Sayuran Dengan Benar

 

6. Menghilangkan Bad Mood

Manfaat jantung pisang yang terakhir adalah menghilangkan bad mood. Ternyata jantung pisang juga memiliki fungsi baik sebagai salah satu makanan anti depresi alami. Kandungan magnesium yang tinggi didalamnya juga dapat membantu dalam meningkatkan mood ketika dikonsumsi. Kandungan magnesium sendiri memiliki fungsi yang baik untuk meredakan tekanan darah tinggi yang juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung atau bahkan penyakit stroke.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat jantung pisang yang perlu kamu ketahui selain manfaat baik  dari buah pisangnya itu sendiri.  Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*