Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat jalan kaki

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan – Olaharga yang paling sederhana namun memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh yaitu jalan kaki. Untuk bisa melakukan olah raga yang satu ini tidak perlu ke ahlian khusus atau perlatan yang mahal seperti olaharaga lainnya. Kita cukup memanfaatkan alat untuk berjalan yang sudah diberikan Tuhan yaitu kaki untuk melakukan olaharaga yang satu ini.

Namun yang disayangkan saat ini kemajuan teknologi menjadikan banyak orang enggan melakukan olahraga ringan ini, banyaknya kendaraan membuat orang malas untuk berjalan kaki. Misalkan kemalasan orang melakukan jalan kaki yaitu untuk pergi ke tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh mereka lebih memilih menggunakan kendaraan dari pada jalan kaki. Padahal banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari berjalan kaki diantaranya bagus untuk penglihatan, bagus untuk jantung, tulang, menyegarkan pikiran dan lain sebagainya. Dibawah ini Tips Kebugaran akan membahas manfaat jalan kaki secara lengkap dan spesifik.

 

8 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

 

1. Menjaga berat badan tetap normal

Apabila anda saat ini sedang berniat untuk menurunkan berat badan, syarat utama yang harus anda penuhi yaitu harus membakar sekitar 600 kalori per hari. Dan untuk bisa memenuhi syarat utama menurunkan badan yaitu dengan melakukan jalan kaki.

 

2. Memperkuat jantung

Selain dapat menurunkan berat badan manfaat penting dari jalan kaki yaitu dapat memperkuat jantung. Berjalan kaki dapat menurunkan kadar kolestrol jahat sekaligus dapat meningkatkan kadar kolestrol baik serta dapat menjaga tekanan darah.

 

3. Menurunkan risiko terkena penyakit

Orang yang sering berjalan kaki resiko terkena penyakitnya lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang jarang berjalan kaki. Salah satu penyakit yang bisa dihindari karena melakukan jalan kaki yaitu penyakit diabetes, selain dapat menurunkan resiko penyakit diabetes berjalan kaki juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

 

4. Mencegah osteoporosis

Salah satu cara agar terhindar dari osteoporosis yaitu dengan melakukan jalan kaki, sebagaimana yang kita ketahui bersama jalan kaki merupakan olahraga atau kegiatan menahan beban. Hal ini lah yang dapat memperkuat dan merangsang kepadatan tulang.Berjalan kaki sangat penting bagi mereka yang sudah menginjak usia senja untuk terhindar dari osteoporosis.

 

5. Membantu mencegah demensia

Salah satu manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh yaitu membantu mencegah demensia, orang yang akan sering berjalan kaki akan terhindar dari penyakit pikun walau umurnya sudah menginjak 80 tahun

 

6. Meningkatkan kadar vitamin D

Bila anda ingin tubuh anda banyak mempunyai kadar vitamin D, berjalan kaki lah di luar rumah atau tempat yang terkena langsung sinar matahari. Waktu yang sangat pas untuk mendapatkan vitamin D dari matahari yaitu pukul 9 pagi dan pukul 15 sore.

 

7. Memperkuat Kaki

Selain berbagai manfaat yang sudah saya sebutkan diatas, salah manfaat berjalan kaki yaitu memperkuat kaki itu sendiri. Orang yang sering berjalan kaki akan mempunyai paha, betis yang bagus.

 

8. Membentuk Bahu Anda

Jika kita berjalan kaki maka tangan pun ikut berayun. Semakin cepat kita jalan semakin sering pula tangan melakukan ayunan yang dapat mengangkat lengan, bahu dan punggung bagian atas sehingga bahu akan membentuk dan terlihat kekar.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Menerapkan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini

Bagaimana? apakah anda sudah tertarik untuk rutin berjalan kaki setiap hari? Mulailah hidup sehat dari sekarang agar kelak ketika anda sudah berusia lanjut, tubuh anda akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti osteoporosis dan penyakit jantung. Sekian ulasan dari Tips Kebugaran mengenai manfaat jalan kaki yang bisa anda dapatkan bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*