5 Manfaat Gerakan Shalat Menurut Ilmu Kesehatan

Manfaat Gerakan Shalat

  Shalat adalah suatu amalan wajib bagi seluruh ummat Islam, 5 kali dalam 1 x 24 jam. Bahkan menurut saya sendiri, di antara tanda-tanda kepribadian islam pada diri seseorang adalah sejauh mana ia mengerjakan shalat. Bagi seorang muslim, gerakan shalat sudah menjadi gestur dalam kesehariannya. Tidak banyak yang tahu, bahwa terdapat banyak manfaat gerakan shalat bagi kesehatan seseorang. Tidak hanya sebagai ibadah mental spiritual belaka, tapi shalat adalah bentuk gerakan yang di dalamnya mengandung manfaat untuk “membasmi” berbagai penyakit. Bagi ummat Islam mestinya tahu akan hal ini agar lebih memahami dan menyadari secara lebih mendalam akan ibadah yang dikerjakannya.

Layaknya gerakan Ketika TAKBIRATUL IHRAM. Posisi tubuh berdiri tegak sambil mengangkat kedua tangan yang sejajar dengan telinga Kemudian diturunkan dan dilipat di depan perut atau dada bagian bawah. Apa manfaat dari gerakan ini ? Begini : Manfaat gerakan ini adalah membuat aliran darah serta getah bening (limfe) menjadi lancar dan melatih kekuatan otot lengan. Luar biasa bukan ?

Kemudian letak jantung berada pada posisi di bawah otak. Hal ini memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Ketika mushalli ( orang yang shalat ) mengangkat 2 tangan, maka otot bahu merenggang yang akan menyebabkan aliran darah yang kaya oksigen menjadi lancar. Sedangkan saat kedua tangan terdekap di depan perut atau dada bagian bawah mengandung manfaat mencegah fisik dari berbagai gangguan pada bagian persendian, terutama pada bagian atas tubuh kita. Jadi dengan satu gerakan Takbiratul Ihram saja sudah bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bukan hanya Takbiratul ihram saja yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, namun masih banyak lagi. Nah, kali ini Tips Kebugaran ingin memberikan informasi tentang 5 Manfaat Gerakan Shalat Menurut Ilmu Kesehatan, berikut penjelasannya :

 

1. Manfaat RUKUK Bagi Kesehatan

Rukuk - Manfaat Gerakan Shalat

Manfaat gerakan shalat yang pertama adalah Rukuk. Rukuk bermanfaat menjaga posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) menjadi sempurna untuk menyangga tubuh dan pusat syaraf. Jika diamati maka posisi jantung sejajar dengan otak.

Dengan posisi demikian maka aliran darah menjadi maksimal pada tubuh bagian tengah. Sedangan posisi tangan yang menumpu ke lutut berfungsi sebagai agar otot – otot bahu hingga ke bawah menjadi rileks. Bahkan tidak hanya itu rukuk adalah merupakan latihan untuk mencegah gangguan prostat.

 

2. Manfaat I’TIDAL Bagi Kesehatan

I'tidal - Manfaat Gerakan Shalat

Manfaat gerakan shalat yang kedua adalah I’tidal. Manfaat I’tidal dapat dijadikan latihan pencernaan yang baik. Semua organ pencernaan yang ada di dalam perut akan mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Akibatnya akan memperlancar pencernaan.

 

3. Manfaat SUJUD Bagi Kesehatan

Sujud - Manfaat Gerakan Shalat

Manfaat gerakan shalat yang ketiga adalah Sujud. Manfaat Sujud adalah memompa getah bening agar mengalir ke bagian leher dan ketiak. Adanya Posisi jantung di atas otak mengakibatkan darah kaya oksigen dapat mengalir dengan maksimal ke otak.  Maka aliran ini akan mempengaruhi pada daya pikir seseorang. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah ( tenang dan diam sebentar ). Tenang lah dalam sujud agar darah oksigen yang mengalir ke dalam otak akan maksimal.

 

4. Manfaat DUDUK Bagi Kesehatan

Duduk - Manfaat Gerakan Shalat

Manfaat gerakan shalat yang keempat adalah Duduk. Manfaat Duduk adalah ketika duduk iftirosy kita bertumpu pada pangkal paha. Posisi tersebut akan terhubung dengan syaraf Nervus Ischiadicus. Manfaat posisi ini adalah menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering mengakibatkann penderitanya tak bisa berjalan.  Sedangkan posisi duduk tawarruk baik sekali untuk pria, karena tumit memberikan tekanan pada aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria dan saluran vas deferens.

 

5. Manfaat SALAM Bagi Kesehatan

Salam - Manfaat Gerakan Shalat

Manfaat gerakan shalat yang terakhir adalah Salam. Manfaat Salam adalah dengan gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal memberikan manfaat otot sekitar leher dan kepala akan menjadi rilkes. Hal ini akan dapat menyempurnakan aliran darah di kepala. Manfaat dari gerakan ini juga dapat mencegah sakit kepala serta menjaga agar kulit wajah tetap kencang. Jadi, perintah Allah.SWT itu tidak akan sia-sia baik ditinjau dari segi spiritual mental dan juga dari segi kesehatan.

Baca Juga : 4 Kiat Ampuh Berhenti Dari Merokok

 

Apalagi yang diragukan ? Yuk kita kerjakan shalat dengan sungguh-sungguh untuk mendapat pahala dari Allah.SWT dan juga kenikmatan sehat dari shalat itu sendiri. Semoga artikel 5 Manfaat Gerakan Shalat Menurut Ilmu Kesehatan dari Tips Kebugaran ini dapat menjadi bacaan yang bermanfaat dan berguna bagi banyak orang. Be Healthy !!

Baca Juga

1 Trackback / Pingback

  1. 4 Kiat Ampuh Berhenti Dari Merokok - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*