Manfaat Buah Belimbing Yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Manfaat buah belimbing

Buah belimbing – Manfaat buah belimbing bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, berdasarkan hasil kajian maupun testimoni yang sering kita dengar baik itu oleh pakar maupun orang awam. Buah belimbing tumbuh subur di wilayah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Ciri khas buah ini berwarna kekuningan dengan bentuk yang unik dan rasa yang manis sedikit asam.

Kandungan terbesar yang terdapat pada belimbing adalah vitamin C, hampir sama dengan buah jeruk. Selain itu juga terdapat kalori, protein, lemak, mineral dan serat, sehingga membuat belimbing sebagai antioksidan alami bagi tubuh yang aman untuk dikonsumsi.

Buah yang disukai oleh banyak orang ini selain bisa langsung dinikmati juga bisa diolah menjadi jus, tanpa menghilangkan khasiat dari buah tersebut. Selain buat kesehatan ternyata belimbing bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Tapi pada artikel kali ini, Tips Kebugaran hanya membahas manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh. Nah berikut ini beberapa manfaat buah belimbing bagi kesehatan

 

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Belimbing merupakan buah yang kaya akan manfaat, pada 100 gram buah belimbing terkandung kurang lebih 31 kalori yang jumlahnya lebih rendah jika dibandingkan dengan buah-buahan tropis populer lainnya. Sejumlah nutrisi penting dan vitamin pada belimbing berkhasiat bagi tubuh, diantaranya:

 

1. Pencegahan Kanker

Manfaat buah belimbing yang pertama adalah sebagai pencegah gejala kanker. Kandungan vitamin C dalam belimbing sangat tinggi. Sedangkan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan kanker.

Pada 100 gram buah belimbing yang dikonsumsi akan memberikan asupan 34,7 mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Jadi bagi anda yang tidak suka buah lain yang juga memiliki kandungan vitamin c, bisa mengkonsumsi belimbing.

 

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah belimbing yang berikutnya adalah untuk menurunkan tensi darah tinggi. Kandungan sejumlah mineral serta elektrolit seperti kalium, fosfor, seng dan zat besi, merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang berfungsi menjaga dan mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Hal ini akan menekan efek negatif dari sodium yang berlebihan. Jika anda tidak menyukai penyembuhan dengan minum obat kimia, maka terapi penyembuhan dengan belimbing bisa anda coba, karena cara ini aman tanpa efek samping. Biasanya orang banyak mengolah menjadi jus dan cukup diminum sehari sekali

 

3. Mengatasi Gangguan Ginjal

Manfaat selanjutnya adalah bagi penderita gangguan ginjal. Buah belimbing bisa dikonsumsi karena memiliki konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat. Para peneliti  menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, yang  mengganggu penyerapan dan proses metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium dan magnesium. Buah belimbing bisa diolah dulu menjadi jus atau dimakan langsung sama baiknya.

 

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Bukan hanya vitamin C saja yang terdapat dalam belimbing, ternyata pada kulit dan daging belimbing memiliki kandungan serat. Serat sendiri berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan dan membantu proses metabolisme tubuh.

Selain itu Serat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Fungsi lainnya dari serat adalah melindungi selaput lendir usus dari pencemaran zat beracun sebagai penyebab kanker usus. Untuk mengatasi gangguan pencernaan sebaiknya buah di makan langsung agar kandungan serat tidak berkurang.

 

5. Kaya Antioksidan

Buah belimbing kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Sedangkan senyawa seperti  quercetin, epicatechin, dan asam galat adalah bagian dari flavonoid. Total kandungan polifenol dalam belimbing mencapai 43 mg / 100 g. Fungsi dari Senyawa ini membantu melindungi tubuh dariri efek kerusakan akibat zat radikal bebas.Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah ini.

 

6. Meningkatkan Kinerja Enzim

Manfaat buah belimbing berikutnya terkait dengan kinerja enzim dalam tubuh. Selain Vitamin C buah ini juga mengandung vitamin B kompleks yang cukup lengkap. Kandungan vitamin B komplek yang terdapat pada buah belimbing antara lain seperti folat, riboflavin, dan juga piridoksin (vitamin B6).

Dengan mengkonsumsi buah belimbing secara rutin akan meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh, khususnya enzim yang terkait dengan sistem metabolisme tubuh.

 

Begitulah ulasan lengkap mengenai manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh yang sangat luar biasa. Setidaknya bisa mengonsumsi buah belimbing minimal 3 hari sekali saja, Anda sudah mendapatkan khasiat baik buah ini bagi kesehatan tubuh dan memperlancar peredaran darah. Namun dibalik semua manfaat ini, mengonsumsi buah belimbing ini sangat tidak dianjurkan bila Anda dalam masa perawatan atau sedang diwajibkan konsumsi obat medis. Kandungan yang terdapat dalam buah belimbing dapat meningkatkan efek samping atau toksisitas pada obat medis. Selain itu, konsumsi buah belimbing juga tidak dianjurkan bagi orang yang menderita penyakit ginjal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi banyak orang diluar sana. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. 8 Manfaat Minum Jeruk Nipis Dicampur Madu Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*