5 Jenis Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Dan Manfaatnya

Makanan yang mengandung kalsium

Kalsium merupakan salah satu nutrisi paling penting bagi tubuh yang harus di penuhi setiap harinya. Anda harus pandai dalam memilih makanan yang mengandung kalsium agar selalu masuk dalam menu makanan Anda sehari hari. Terutama bagi Anda para Ibu rumah tangga yang di tuntut harus mampu menakar apakah makanan yang Anda masak untuk hari ini sudah cukup untuk memenuhi kalsium yang di butuhkan tubuh.

Idealnya tubuh manusia membutuhkan setidaknya 800 mg kalsium setiap harinya. Ini merupakan batas minimal asupan kalsium yang harus ada pada menu makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Untuk memudahkan Anda berikut ini Tips Kebugaran berikan daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi.

 

Makanan Yang Mengandung Kalsium

 

1. Susu

Susu - Makanan yang mengandung kalsium

Susu merupakan sumber makanan yang mengandung kalsium untuk bayi, atau lebih tepatnya sangat bagus untuk di berikan kepada bayi. Kalsium di dalam susu cenderung lebih mudah di cerna dan di serap oleh bayi yang organ penceranaannya belum sempurna. Jika air susu Anda dirasa kurang banyak. Anda bisa melengkapinya dengan memberikan bayi Anda susu formula.

Selain untuk bayi, susu juga sangat di anjurkan bagi anak-anak pada masa pertumbuhan. Kandungan kalsium yang sangat tinggi di dalam susu dapat menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang menjadi lebih kuat dan sempurna.

 

2. Keju

Keju - Makanan yang mengandung kalsium

Makanan tinggi kalsium selanjutnya adalah keju. Meskipun keju biasanya hanya di gunakan untuk membuat masakan tertentu saja, namun nampaknya keju cukup pantas untuk Anda pertimbangkan untuk lebih sering dimasukkan ke dalam menu makan harian. Pasalnya di dalam keju terkandung kalsium setara susu namun dengan kadar laktosa yang jauh lebih rendah. Mengonsumsi keju bisa menjadi solusi bagi mereka yang alergi laktosa susu.

 

3. Ikan Salmon

Ikan Salmon - Makanan yang mengandung kalsium

Dalam 150 mg daging ikan salmon murni setidaknya terkandung sekitar 180 mg kalsium yang mampu memenuhi 20% kebutuhan kalsium harian Anda. Ikan salmon sangat di anjurkan untuk di berikan kepada balita dan anak-anak. Selain sebagai makanan mengandung kalsium tinggi untuk pertumbuhan anak, ikan salmon juga mengandung senyawa asam lemak esensial dan omega 3 yang sangat bagus untuk menunjang perkembangan otak. Ikan salmon telah banyak di buktikan di berbagai penelitian mampu membuat anak tumbuh menjadi lebih cerdas. Cobalah untuk memasukkan ikan salmon ke dalam menu makan harian Anda setidaknya satu kali dalam seminggu.

 

4. Yogurt

Yogurt - Makanan yang mengandung kalsium

Yogurt juga merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Di dalam seporsi yogurt murni setidaknya terkandung kalsium sebanyak 400mg. Ini artinya mengonsumsi seporsi yogurt sudah dapat memenuhi separuh kebutuhan kalsium harian Anda.

Selain mengandung kalsium yang tinggi, yogurt juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Di dalam yogurt terdapat banyak bakteri probiotik yang dapat menjaga pencernaan menjadi lebih sehat.

 

5. Brokoli

Brokoli - Makanan yang mengandung kalsium

Dari jenis sayur-sayuran hijau, brokoli adalah makanan mengandung kalsium tertinggi. Kandungan kalsium di dalam brokoli juga cenderung lebih mudah di serap jika di bandingkan dengan jenis-jenis sayuran hijau lainnya. Brokoli juga mengandung banyak serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Cara terbaik dalam mengonsumsi brokoli untuk mengambil khasiatnya adalah dengan di jadikan jus atau di kukus. Dengan cara ini kandungan kalsium yang ada pada brokoli akan tetap utuh dan tidak banyak berkurang jika di bandingkan dengan menjadikannya sebagai masakan yang di masak terlalu lama.

 

Begitulah ulasan lengkap dari beberapa makanan yang mengandung kalsium beserta dengan manfaatnya. Makanan-makanan ini sangat baik dikonsumsi tubuh serta bermanfaat untuk menjaga fungsi metabolisme pada tubuh. Terapkan konsumsi makanan yang berkalsium tinggi diatas pada anak Anda, maka dapat dijamin pertumbuhannya akan lebih cepat dan sehat. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*