Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Aman Dikonsumsi

Makanan Untuk Penderita Diabetes

  Diabetes menjadi salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan karena meningkatnya kadar gula dalam darah. Akibat meningkatnya kadar gula dalam tubuh ini pada umumnya diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena mengkonsumsi beberapa sumber makanan karbohidrat secara berlebihan. Jenis makanan untuk penderita diabetes yang dianjurkan adalah mengandung rendah lemak dan gula.

Asupan makanan karbohidrat itu sendiri apabila dikonsumsi memang memiliki kadar gula yang akan dilepas dalam darah yang kemudian diolah menjadi energi  yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun perlu kita ketahui bahwa gula ini apabila bila dikonsumsi secara berlebihan, maka akan dapat membuat tubuh menjadi  kesulitan untuk mengolahnya dan hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula darah dalam tubuh yang dikenal dengan penyakit diabetes.

Pada penderita diabetes memang sangat dianjurkan untuk  menjaga pola makan demi menjaga kadar gula darahnya menjadi tetap pada batas aman. Nah kali ini Tips Kebugaran memberikan beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi. Simak ya.

 

Makanan Untuk Penderita Diabetes

 

1. Bayam

Makanan untuk penderita diabetes yang pertama adalah sayur bayam. Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki kandungan lutein yang mana hal ini dapat menormalkan kembali kadar gula darah yang meningkat pada tubuh. tidak hanya itu saja, bayam ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral lainnya yang tinggi yang mana sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan protein, vitamin A, B-1 yang mana kandungan tersebut memiliki fungsi yang sangat baik untuk para penderita diabetes karena dapat menormalkan kadar gula dalam darah. Menurut hasil penelitian ditemukan bahwa sekitar 100 gram bawang putih memiliki kandungan air sekitar 60 persen dan juga menghasilkan sekitar 122 kalori. Kandungan senyawa alicin yang ada dalam bawang putih yang menyebabkan bau menyengat juga sangat bermanfaat baik untuk mengurangi resiko akan diabetes dan makanan ini sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

 

3. Kacang-kacangan

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah kacang-kacangan atau biji-bijian. Kandungan serat yang tinggi pada berbagai jenis kacang-kacangan, sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pengelola penyerapan glukosa. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kacang-kacangan juga dapat menurunkan resiko terkena stroke dan mengatur pelepasan insulin dari dalam tubuh. Sehingga dapat membantu proses penyembuhan dari penyakit diabetes.

 

4. Ubi jalar

Selain kacang-kacangan, makanan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi adalah ubi jalar. Salah satu keunggulan ubi jalar bila dibandingkan dengan kentang adalah ubi jalar mampu mengurangi kadar A1C hingga 0,5%. Sedangkan antioksidan dan antosianin dalam ubi jalar dapat membantu mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung koroner. Dimana penyakit tersebut merupakan dampak buruk bagi penderita diabetes.

 

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar  lipoprotein pada tubuh yang mana dapat menyebabkan terjadinya obesitas dan lemak jahat yang  kurang baik  untuk tubuh. terjadinya kegemukan akibat penimbunan lemak jahat dalam tubuh ditambah dengan jarangnya melakukan aktivitas olahraga tentunya akan sangat beresiko  terhadap masalah diabetes.

 

6. Yogurt Tanpa Lemak

Makanan untuk penderita diabetes yang terakhir adalah yogurt tanpa lemak. Yogurt bebas lemak memang akan dapat memberikan manfaat signifikan yang mana dapat mengurangi resiko akan diabetes. Menurut penelitian menunjukan bahwa jika mengkonsumsi yogurt tanpa lemak bisa mengurangi resiko akan diabetes sebesar 18 persen. Kandungan yang terdapat pada makanan ini sangat baik bagi metabolisme tubuh, karena mengandung protein yang tinggi serta rendah karbohidrat. Dengan begitu tubuh akan lebih sedikit menyerap glukosa. Kalsium yang terdapat pada yogurt juga sangat aman untuk penderita diabetes tipe 2.

 

Begitulah ulasan yang bisa Tips Kebugaran berikan. Selain makanan untuk penderita diabetes ini aman dikonsumsi bagi pasien diabetes, makanan tersebut juga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sehat serta bermanfaat baik untuk mencegah resiko diabetes. Selamat mencoba. Be healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*