7 Makanan Lezat Yang Dapat Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

makanan penstabil darah tinggi

  Masalah darah tinggi memang bisa menyerang siapa saja. Hipertensi menjadi suatu masalah  yang sangat berbahaya karena darah tinggi bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit serius dan berbahaya lainnya yang mengancam keselamatan jiwa, seperti halnya serangan jantung, gagal ginjal dan bahkan stroke. Oleh karenanya dengan mengkonsumsi makanan penstabil darah tinggi menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan.

Nah berikut ini beberapa makanan sehat yang bisa kamu coba untuk menjaga tekanan darah kamu tetap stabil.

 

1. Lemon

lemon - makanan penstabil darah tinggi

Makanan penstabil darah tinggi yang pertama adalah Lemon, dimana lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain itu kandungan vitamin C yang baik dari buah lemon ini juga mampu mencegah terjadinya radikal bebas, yang bisa menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Lemon juga kaya akan kandungan potasium yang mampu membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi air perasan lemon yang dicampurkan dengan air hangat ketika pagi hari baik untuk kesehatan tubuh.

 

2. Bawang

bawang - makanan penstabil darah tinggi

Bawang juga menjadi salah satu bahan makanan penstabil darah tinggi yang sangat baik manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bawang memiliki kandungan nutrisi  yang mana dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi sekitar 2-3 siung bawang mentah pada setiap harinya,  kamu bisa mengkonsumsinya dalam keadaan perut masih kosong.

 

3. Pisang

pisang - makanan penstabil darah tinggi

Dengan mengkonsumsi sekitar 1-2 buah pisang pada setiap harinya ternyata juga baik untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh. Buah pisang memiliki kandungan potasium yang mana hal ini baik untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Tidak hanya sampai disitu saja, kandungan nutrisi didalamnya juga dapat membantu dalam mencegah terjadinya stroke dan penyakit berbahaya lainnya.

 

4. Tomat

tomat - makanan penstabil darah tinggi

Merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan likopen dan antioksidan didalamnya yang mana hal ini baik untuk menangkal radikal bebas. Menurut hasil sebuah penelitian likopen itu sendiri baik untuk dijadikan makanan penstabil darah tinggi. Mengkonsumsi satu buah tomat pada setiap harinya ternyata dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

 

5. Blueberries

blueberries - makanan penstabil darah tinggi

Blueberries merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan flavonoid yang mana kandungan ini merupakan kandungan yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa mengkonsumsi blueberries ini secara langsung atau bisa juga dengan mencampurkannya kedalam menu sarapan sehat kamu.

 

6. Buah Bit

jus buah bit - makanan penstabil darah tinggi

Untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kamu juga bisa mengkonsumsi jus buah bit. Jus buah bit ini dapat membantu dalam melancarkan peredaran darah, yang mana hal ini dapat mengurangi resiko akan terjadinya serangan jantung. Kamu bisa mengkonsumsi satu gelas buah bit ini secara rutin setiap hari.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Untuk Mencegah Anemia Yang Mudah Didapatkan

 

7. Kentang

kentang - makanan penstabil darah tinggi

Kentang juga menjadi salah satu bahan alami yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai macam kandungan baik seperti halnya potasium, magnesium dan mineral penting lainnya dalam kentang  juga  dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

 

Itulah beberapa jenis makanan penstabil darah tinggi yang bisa kalian konsumsi sehari-hari agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda ataupun orang di sekeliling anda. Be Healthy !!

 

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*