Macam-Macam Senam Lantai Lengkap Dengan Video Tutorial

Macam-Macam Senam Lantai

Senam lantai adalah salah satu jenis senam yang seluruh rangkaian gerakannya di lakukan di atas lantai beralaskan matras. Pengertian senam lantai juga bisa di artikan sebagai floor exercise atau tumbling. Macam-macam senam lantai muncul dari rangkaian gerakannya yang terdiri dari berbagai variasi gerakan seperti berguling, melompat, berputar, menumpu pada kaki dan tangan untuk mendapatkan sikap seimbang dari tubuh. Ukuran matras senam lantai adalah 10×10 meter yang dilakukan dalam ruangan dengan luas minimal 12×12 meter.

Sejarah senam lantai bermula pada awal abad ke 20 dan hingga kini senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang selalu di pertandingkan dalam berbagai event olahraga dunia. Tujuan senam lantai pada dasarnya adalah untuk melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh. Namun senam lantai juga dapat memberikan manfaat lainnya bagi kesehatan seperti menjaga kebugaran, menyehatkan jantung, melatih otot, dan mengurangi obesitas.

Macam-macam senam lantai yang saat ini di kembangkan ada banyak sekali. Berikut ini Tips Kebugaran memberikan jenis jenis senam lantai paling populer yang bisa dilakukan sendiri sebagai latihan untuk meningkatkan kebugaran tubuh anda.

 

Macam-Macam Senam Lantai dan Manfaatnya

 

1. Sikap lilin (Candlestick)

Pengertian senam lantai sikap lilin adalah sikap tubuh dengan posisi tidur terlentang dengan kedua kaki yang di rapatkan dan diangkat ke atas. Pada saat mengangkat kaki, kedua tangan anda menopang pinggang setinggi-tingginya. Posisi bahu tetap menempel di lantai. Teknik senam lantai ini sangat baik untuk melatih otot-otot perut.

 

2. Guling ke Depan (Forward Roll)

Macam-macam senam lantai yang selanjutnya adalah gerakan berguling ke depan atau forward roll. Gerakan ini merupakan teknik dasar senam lantai yang sangat mudah di lakukan. Untuk melakukan gerakan ini anda harus mengambil posisi berdiri tegak terlebih dahulu, kemudian kedua tangan lurus berada di sisi badan. Angkat kedua tangan anda ke depan, posisikan badan anda membungkuk lalu letakkan kedua telapak tangan di atas matras. Lakukan gerakan berguling ke arah depan.

 

3. Guling ke Belakang (Backward Roll)

Selain gerakan berguling ke depan, gerakan berguling ke belakang atau backward roll juga merupakan materi senam lantai paling dasar yang bisa anda lakukan dengan mudah. Untuk bisa melakukan gerakan ini anda harus mengambil posisi berjongkok terlebih dahulu. Setelah itu posisikan kedua kaki anda rapat dan angkat kedua tumit. Tundukkan kepala dan dagu ke arah dada. Posisi kedua tangan berada disamping telinga sedangkan telapak tangan anda menghadap ke atas. Rebahkan pantat ke belakang dengan posisi badan tetap bulat

 

4. Lompat Harimau (Tiger Sprong or Dive Roll)

Macam-macam senam lantai yang selanjutnya adalah gerakan lompat harimau. Gerakan ini merupakan perpaduan antara rangkaian senam lantai berguling ke depan dan gerakan melompat. Untuk bisa melakukan gerakan lompat harimau anda harus mengambil sikap melompat dengan kedua tangan lurus ke depan kemudian di teruskan dengan gerakan berguling di atas matras. Gerakan ini dapat bermanfaat pada saat Anda berada di suatu kondisi yang mengharuskan melakukan gerakan menghindar yang cepat.

 

5. Berdiri Dengan Tangan (Handstand)

Gerakan senam lantai yang terakhir yaitu hands stand atau berdiri dengan tangan. Cara melakukan gerakan ini di awali dengan berdiri tegak dengan posisi salah satu kaki maju ke depan. Selanjutnya bungkukkan badan anda hingga kedua tangan bertumpu pada matras. Posisi tangan terbuka selebar ukuran bahu. Setelah itu arahkan pandangan anda ke depan, dorong tubuh bagian belakang setinggi-tingginya hingga terangkat ke atas. Posisi tungkai bagian depan membengkok sedangkan tungkai bagian belakang tetap lurus. Ayun tungkai belakang hingga seluruh bagian tubuh anda terangkat ke atas. Untuk melakukan gerakan ini, Anda sangat membutuhkan kekuatan lebih agar mampu menompang berat badan hanya menggunakan tangan.

 

Nah begitulah penjelasan singkat mengenai macam-macam senam lantai yang bisa dilakukan dalam sehari-hari. Selain 5 jenis senam lantai diatas, masih ada lagi gerakan lain seperti sikap kapal terbang dan sikap kayang. Semua jenis gerakan senam lantai sangat membantu dalam membentuk tubuh dan menstabilkan aliran darah. Semoga dengan membaca artikel ini Anda dapat menentukan gerakan mana yang akan dilakukan pertama kali. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga



2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Macam-Macam Gerakan Senam Hamil Beserta Manfaatnya
  2. 4 Macam Gerakan Olahraga Fitness Untuk Pemula Beserta Manfaatnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*