Macam-macam Penyakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui

Macam-macam penyakit jantung

Macam-macam Penyakit Jantung – Penyakit jantung sering di sebut sebagai “the silent killer” atau pembunuh yang senyap karena memang sebagian besar penderitanya selalu berujung pada kematian sedangkan kemunculannya sering kali sulit di deteksi. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui seperti apa gejala-gejala yang ada pada orang yang berisiko terserang penyakit jantung.

Secara medis pengertian penyakit jantung dapat di artikan sebagai malfungsi yang terjadi pada proses kerja jantung yang menyebabkan gangguan pada sistem peredaran manusia. Macam-macam penyakit jantung pada intinya di sebabkan oleh faktor yang sama, yaitu gangguan pada pembuluh arteri atau karena kelainan fungsi kerja jantung.

 

Ciri-Ciri Kelainan Jantung

Orang yang mengalami penyakit jantung biasanya mengalami beberapa ciri-ciri seperti berikut :

  1. Mengalami pembengkakan pada kaki dan tangan
  2. Sering batuk
  3. Mudah lelah
  4. Nafas menjadi lebih berat
  5. Pusing dan sering tiba-tiba pingsan

Jika Anda atau orang terdekat mengalami di antara tanda-tanda tersebut, maka segeralah lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Macam-macam Penyakit Jantung Dan Gejalanya

Macam macam penyakit jantung dapat di bedakan berdasarkan jenis dan gejala-gejalanya. Terdapat sedikitnya 4 jenis penyakit jantung yang paling berbahaya dan paling sering menyebabkan kematian, di antaranya sebagai berikut :

 

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner di sebabkan karena penyumbatan pembuluh arteri akibat adanya tumpukan kolesterol dan berbagai macam zat racun. Penumpukan kolesterol ini lama kelamaan akan memperkecil rongga arteri sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

Beberapa pemicu terjadinya penyakit jantung koroner adalah pola hidup buruk seperti merokok, suka memakan makanan instan, kadar kolesterol dalam darah yang tinggi, kurang berolah raga dan konsumsi gula yang berlebihan. Tidak ada gejala spesifik yang bisa menandakan seseorang berpotensi mengidap penyakit jantung koroner. Biasanya orang yang memiliki jantung koroner hanya mengalami gejala sering pusing pada bagian belakang kepala dan merasa mudah lelah.

 

2. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah salah satu dari macam macam penyakit jantung yang paling sering menimbulkan kasus kematian. Kardiomiopati merupakan kondisi di mana jantung menjadi lebih besar dari ukuran pada umumnya. Hal ini di sebabkan karena adanya penebalan pada dinding jantung. Dengan munculnya penebalan ini maka kerja jantung untuk memompa darah akan berkali-kali lebih berat dari biasanya. Jika berlangsung terus-menerus dalam waktu yang lama maka kardiomiopati dapat menyebabkan terhentinya kerja jantung secara total yang menyebabkan kematian.

Gejala yang muncul pada penyakit jantung jenis ini biasanya ditandai dengan munculnya pembengkakan pada tangan dan kaki, tubuh mudah lelah, nafas menjadi berat, dan pusing yang berkepanjangan.

 

3. Aritmia

Aritmia juga termasuk salah satu dari macam macam penyakit jantung yang ada. Penyakit aritmia terjadi karena adanya pertumbuhan jaringan yang tidak normal pada jantung yang menyebabkan terjadinya penyumbatan. Aritmia biasanya di tandai dengan hipertensi, dan berujung pada serangan jantung mendadak.

Gejala yang sering muncul pada penderita aritmia seperti badan terasa lemas, pusing, sesak napas, rasa nyeri di dada dan bahkan dapat membuat pingsan. Jika Anda atau orang terdekat sering mengalami hal ini, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter agar mendapatkan tindakan selanjutnya.

 

4. Malfungsi Katup Jantung

Malfungsi pada katup jantung merupakan penyebab terjadinya macam macam penyakit darah. Gangguan pada katup jantung ini terjadi akibat adanya salah satu katup jantung yang mengalami degradasi fungsi sehingga darah yang masuk ke dalam jantung tidak bisa di pompa dengan baik ke seluruh tubuh. Penyakit jantung jenis ini merupakan salah satu yang sangat sulit untuk di sembuhkan.

Beberapa gejala yang muncul akibat penyakit malfungsi katup jantung ini biasanya seperti munculnya nyeri pada otot, rematik berkepanjangan, dan serangan jantung mendadak jika kerusakan yang di alami sudah mencapai tingkatan yang paling parah.

 

Begitulah ulasan dari Tips Kebugaran mengenai macam-macam penyakit jantung lengkap dengan gejalanya. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda lebih waspada terhadap terserangnya penyakit jantung yang datang secara tiba-tiba. Sebenarnya tidaklah sulit untuk mencegah datangnya penyakit jantung, karena pada intinya semua penyakit dapat dihindari dengan mengatur pola hidup yang sehat dan baik. Jadi mulailah untuk menerapkan pola hidup yang baik bagi jasmani maupun rohani kita. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*