Macam-Macam Kebugaran Jasmani Beserta Manfaatnya

Macam-Macam Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan terbaik tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa harus menghabiskan seluruh energi. Latihan kebugaran jasmani merupakan salah satu syarat wajib jika Anda menginginkan kondisi tubuh yang selalu fit dan prima. Macam-macam kebugaran jasmani ada banyak, untuk memahaminya secara lebih jelas simak penjelasan Tips Kebugaran dalam artikel tentang kebugaran jasmani berikut ini.

 

Macam-Macam Kebugaran Jasmani

Sebelum kita membahas mengenai macam-macam kebugaran jasmani, sebelumnya Anda perlu mengetahui lebih jauh terlebih dahulu pengertian kebugaran jasmani. Berdasarkan pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli, kebugaran adalah adalah kemampuan jasmani atau tubuh dalam melakukan berbagai aktifitas tanpa kelelahan yang berarti dan masih memiliki cadangan energi untuk menjalani aktifitas lain.

Berikut ini adalah 7 macam kebugaran jasmani yang bisa Anda peroleh melalui latihan secara rutin:

1. Kekuatan (strength)

Macam-macam kebugaran jasmani yang pertama terletak pada kekuatan tubuh (strength). Kekuatan tubuh dapat Anda peroleh dengan melatih otot pada bagian tubuh yang sering di gunakan untuk menopang dan mengangkat beban seperti tangan dan kaki, juga melatih kekuatan otot pada perut dan punggung. Cara memperoleh kekuatan tubuh dapat Anda lakukan dengan dengan latihan push up, sit up, dan angkat beban. Untuk melatih kekuatan otot kaki Anda bisa melakukan jogging dengan menggunakan pemberat pada kedua kaki Anda.

2. Kecepatan (speed)

Kebugaran jasmani yang selanjutnya terletak pada kecepatan. Kebugaran jasmani pada aspek kecepatan sangat berhubungan erat dengan kekuatan dan kelincahan otot-otot pada tubuh Anda khususnya pada otot tungkai. Untuk melatihnya Anda bisa melakukan latihan lari sprint 100 meter atau naik turun tangga. Semakin tinggi frekuensi latihan Anda, maka kecepatan Anda akan meningkat.

3. Keseimbangan (balance)

Macam-macam kebugaran jasmani yang selanjutnya terletak pada keseimbangan atau balance. Kemampuan keseimbangan tubuh ini bisa diartikan sebagai keterampilan tubuh untuk tetap berada pada posisi selaras dengan bidang gravitasi tanpa terjatuh. Kemampuan keseimbangan ini bisa di latih dengan melakukan gerakan berdiri pada posisi satu kaki dan menjaganya agar tetap seimbang dalam waktu selama mungkin yang Anda mampu.

4. Kelenturan (flexibility)

Kelenturan merupakan jenis kebugaran yang berkaitan erat dengan kemampuan otot dan persendian pada tubuh untuk meregang sesuai dengan kebutuhan. Kelenturan bisa di latih dengan melakukan gerakan peregangan seperti mencium kedua lutut, duduk dengan kedua kaki terbentang lurus di kedua sisi kiri dan kanan, dan gerakan kayang. Untuk bisa memperoleh kelenturan tubuh Anda harus melakukan latihan secara bertahap dan terus menerus. Latihan kelenturan ini tidak boleh di paksakan karena dapat menyebabkan cedera pada otot dan persendian.

5. Kelincahan (agility)

Kemampuan kelincahan atau agility bisa Anda peroleh dengan dukungan kekuatan (strength), keseimbangan (balance), dan kecepatan (speed) yang baik. Perpaduan dari ketiga kemampuan tersebut akan menciptakan gerakan-gerakan yang lincah dan tangkas. Untuk memperoleh kelincahan tubuh yang baik Anda bisa melakukan latihan lari zig-zag, lari bolak-balik, dan shuttle run jarak dekat.

6. Daya Tahan (endurance)

Macam-macam kebugaran yang selanjutnya yaitu daya tahan atau endurance. Daya tahan di tentukan oleh kemampuan seseorang dalam melakukan suatu aktivitas tanpa merasakan kelelahan yang berarti dalam kurun waktu yang lama. Daya tahan sering juga disebut dengan stamina. Untuk bisa memperoleh daya tahan tubuh yang baik Anda bisa melakukan latihan yang mengharuskan kontraksi otot secara terus menerus seperti angkat beban dan latihan yang bersifat aerobik.

7. Ketepatan (accuracy)

Macam-macam kebugaran jasmani yang terakhir terletak pada ketepatan atau accuracy. Kemampuan ini berkaitan erat dengan kemampuan Anda dalam membidik suatu target secara tepat. Untuk memperoleh kemampuan ini Anda bisa melakukan latihan memanah dan menembak.

 

Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Berbicara tentang kebugaran jasmani pada intinya terletak pada daya tahan tubuh dalam menjalankan fungsi organ vital seperti paru-paru, jantung, dan ginjal secara efisien dan efektif.  Macam-macam kebugaran jasmani tersebut berkaitan erat dengan pengertian kesehatan tubuh dimana pada kondisi yang sehat tubuh kita akan mampu melakukan berbagai aktivitas tanpa mengalami gangguan berarti seperti cepat lelah dan lemas. Oleh karena itu untuk menjaga kebugaran jasmani agar tetap prima, Anda harus selalu melakukan berbagai latihan fisik seperti olahraga, aktif bergerak dan mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi gizi. Selain itu cairan adalah salah satu komponen paling penting yang harus selalu Anda penuhi agar tubuh tetap bugar sepanjang hari.

 

Manfaat Melakukan Kebugaran Jasmani

Ada banyak sekali jenis kebugaran jasmani bisa Anda dapatkan dengan melakukan latihan kebugaran secara rutin. Tujuan utama latihan kondisi fisik ini adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda dalam beraktifitas. Contoh latihan kebugaran jasmani yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh di antaranya seperti sit up, push up, squat jump, dan lari pagi minimal 3 kali seminggu. Jika hal ini Anda lakukan secara rutin maka kebugaran tubuh Anda akan meningkat. Selain itu berbagai latihan dalam meningkatkan kebugaran jasmani juga berkaitan erat dengan komponen kebugaran jasmani terdiri dari kemampuan tubuh dalam hal kecepatan, kelincahan, kekuatan, daya lentur, keterampilan, dan daya tahan (endurance). Macam-macam kebugaran jasmani dan aspek kebugaran tubuh tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan latihan secara rutin.

Macam-macam kebugaran jasmani akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh Anda. Diantaranya sebagai berikut:

1. Mengurangi Resiko Obesitas

Obesitas merupakan masalah yang bisa di atasi dengan melakukan latihan kebugaran secara rutin. Proses pembakaran lemak akan menjadi lebih cepat ketika tubuh Anda dalam kondisi bugar karena metabolisme dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Latihan kebugaran jasmani juga dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Hal ini bisa Anda atasi dengan cara melakukan olahraga secara teratur. Dengan begitu stamina berlebih yang dapat memicu emosi akan berkurang dan tersalurkan melalui olahraga yang telah dilakukan.

3. Mengatasi Depresi

Pada saat tubuh dalam kondisi yang bugar, maka peredaran darah akan menjadi lebih lancar. Hal ini akan memicu proses hormonal pada otak menjadi lebih baik, akibatnya akan sangat terasa pada aspek psikologis yang berkaitan erat dengan depresi. Pada saat Anda sedang dalam keadaan bugar, maka depresi akan bisa di tekan ke tingkat yang terendah.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat yang tak kalah pentingnya dari latihan kebugaran adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Berbagai latihan kebugaran yang Anda lakukan akan membuat jantung Anda menjadi jauh lebih sehat dari sebelumnya.

 

Demikianlah ulasan singkat kita kali ini yang membahas macam-macam kebugaran jasmani lengkap disertai dengan manfaat dari melakukan kebugaran jasmani. Semoga para pembaca sudah dapat gambaran tentang prinsip dari kebugaran jasmani yang sangat dibutuhkan agar selalu menjaga kesehatan tubuh dan menstabilkan kejiwaan kita. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*