Kanker Serviks dan Pencegahannya yang Wajib Anda Ketahui

Kanker Serviks Dan Pencegahannya

Kanker Serviks dan Pencegahannya – Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbesar di dunia. Salah satunya juga penyakit kanker serviks. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi seluruh wanita di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Padahal kanker serviks bukan salah satu penyakit yang menular dengan sentuhan tangan, melainkan menular dari virus HPV. Virus inilah yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit kanker serviks.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang menular melalui virus HPV. Selain itu, seorang wanita yang mengalami kanker serviks stadium awal juga tidak menimbulkan gejala. Sehingga akan membuat seseorang tersebut akan merasa khawatir apakah menderita penyakit kanker serviks atau tidak. Namun saat ini sudah ada cara pencegahan yang bisa dilakukan sejak dini untuk mengobati kanker serviks. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut kanker serviks dan pencegahannya. Selengkapnya simak ulasan Tips Kebugaran berikut ini.

 

Kanker Serviks dan Pencegahannya

Stop Kanker Serviks

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai pengertian kanker serviks dan pencegahannya yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa penjelasannya diantaranya:

 

Pengertian Kanker Serviks

Kanker serviks dan pencegahannya merupakan hal yang harus Anda ketahui untuk memahami apakah sebenarnya kanker serviks. Namun sebelum mengetahui pencegahannya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah kanker serviks. Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang menyerang wanita di bagian rahim atau leher rahim. Biasanya wanita yang menderita kanker serviks pada stadium awal tidak akan mengalami gejala yang signifikan. Namun jika sudah stadium lanjut, maka gejala yang ditimbulkannya yaitu seperti pendarahan yang melebihi normal, cairan yang berubah, serta sakit pada bagian panggul yang dekat organ intim. Jika telah mengalami gejala tersebut sangat disarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

Baca Juga : 4 Gejala Awal Kanker Serviks yang Wajib Diketahui

 

Pencegahan Kanker Serviks

Setelah mengetahui pengertian kanker serviks maka Anda harus mengetahui  pencegahan secara dini untuk membuat kanker serviks tidak menyebar keseluruh tubuh. Pencegahannya antara lain:

1. Tidak Bergonta-Ganti Pasangan

Pencegahan kanker serviks yang pertama dengan tidak bergonta-ganti pasangan. Hal ini dikarenakan dengan bergonta-ganti pasangan dapat menyebabkan seseorang akan terjangkit virus HPV yang tertular saat melakukan hubungan seksual. Jadi usahakan Anda untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

2. Vaksin HPV

Penyebab utama penularan dari kanker serviks yaitu akibat dari HPV atau Human Papilloma Virus. Virus inilah yang menyebabkan seseorang akan mengalami kanker serviks, untuk itulah Anda harus melakukan pencegahan dini dengan melakukan vaksin HPV, serta terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit kanker serviks.

 

Nah, itulah penjelasan singkat tentang kanker serviks dan pencegahannya yang bisa Anda jadikan pedoman untuk bisa melakukan pencegahan dini. Semoga bermanfaat dan teruslah menjaga pola hidup sehat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*