5 Jenis Sakit Demam Yang Harus Diwaspadai

jenis sakit demam

  Demam merupakan salah satu jenis penyakit yang memang kerap di alami oleh berbagai macam kalangan usia. Mulai dari balita hingga dewasa bahkan lansia pun kerap terkena penyakit demam ini. Untuk mengobati demam secara tepat, tentu saja mesti melakukan identifikasi terlebih dahulu pada jenis sakit demam yang terjadi pada tubuh anda. Hal ini perlu dilakukan karena demam ini sendiri memang memiliki beberapa jenis variannya.

Mulai dari demam biasa hingga demam karena adanya virus yang berbahaya yang memang menjangkiti tubuh anda. Tentu saja anda mesti mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis sakit demam yang berbahaya untuk tubuh anda, dan setelah itu, anda pun bisa mengambil langkah cepat untuk meredakan demam tersebut.

Berikut ini adalah beberapa ulasan menarik seputar jenis sakit demam yang harus diwaspadai dan wajib untuk anda ketahui.

 

1. Demam Viral

Demam Viral - Jenis sakit demam

Jenis sakit demam yang satu ini merupakan salah satu demam yang muncul dikarenakan infeksi virus. Jenis demam viral masih terbilang normal, dimana umumnya menjangkiti tubuh dalam waktu sembilan hari maksimalnya. Bisanya demam viral ini akan terjadi disertai dengan adanya infeksi pada bagian tenggorokan.

 

2. Demam Berdarah Dengue (DBD)

DBD - Jenis sakit demam

Demam Berdarah Dengue atau DBD ini, merupakan salah satu jenis sakit demam berbahaya yang diakibatkan karena adanya infeksi dari gigitan nyamuk Aides Aygepty. Penderita akan mengalami demam yang cukup tinggi, dan juga disertai dengan tubuh yang menggigil. Selain itu jika kondisi penderita sudah semakin parah, akan menimbulkan bercak merah disertai dengan pendarahan pada bagian internal.

 

3. Malaria

Malaria - Jenis sakit demam

Malaria ini sendiri merupakan salah satu jenis penyakit demam yang juga disebabkan karena adanya gigitan nyamuk Malaria. Biasanya penyakit malaria ini sendiri terjadi pada daerah yang memiliki iklim tropis. Ciri – ciri dari demam karena Malaria ini penderita akan mengalami demam disertai menggigil karena suhu yang tinggi. maka dari itu, perlu penanganan yang cepat, agar Malaria ini tidak semakin akut.

 

4. Chicken Guinea

Chikungunya - Jenis sakit demam

Chicken Guinea atau sering disebut Chikungunya memang memiliki nama yang berkaitan dengan hewan unggas, namun demam yang satu ini bukanlah jenis sakit demam yang berasal dari infeksi hewan unggas seperti ayam dll. Chicken Guinea disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Jenis demam ini memiliki gejala yang sama bahayanya seperti demam berdarah dan juga malaria. Penyebab dan gejalanya yang serupa membuat penyakit chicken guinea sering didiagnosis secara keliru sebagai penyakit demam berdarah. Ciri-ciri dari demam Chicken Guinea ini berupa demam secara tiba disertai dengan nyeri sendi. Parahnya lagi, demam ini bisa sampai menghambat gerakan tubuh penderita. Penanganan yang cepat sangat diperlukan ketika terinveksi demam yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini.

 

5. Meningitis

Meningitis - Jenis sakit demam

Penyakit yang satu ini juga merupakan salah satu yang memiliki gejala demam. Tentu saja meningitis ini sendiri merupakan salah satu penyakit berbahaya yang merupakan radang pada bagian selaput otak. Meningitis bisa merusak organ otak, dan tentu saja si penderita akan mengalami kejang dan juga sakit kepala yang disertai dengan demam.

Baca Juga : 8 Tanda Awal Gejala Kanker Otak Yang Patut Diketahui

 

Demikianlah beberapa ulasan dari Tips Kebugaran mengenai beberapa jenis sakit demam yang wajib anda ketahui. Maka dari itu, jika anda mengalami demam atau keluarga dekat anda, dan selama kurun waktu 3 hari tidak kunjung reda, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke pihak medis. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. Obat Malaria Tropika dan Malaria Tertiana yang Dianjurkan Dokter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*