5 Cara Menghindari Gestational Diabetes Pada Ibu Hamil

Gestational Diabetes - Pada Ibu Hamil

  Gestational Diabetes atau yang biasa disebut dengan diabetes kehamilan merupakan suatu kondisi dimana wanita hamil memiliki kadar gula darah tinggi. Menurut hasil penelitian, ada 2 dari 10 wanita hamil yang mengalami masalah Gestational Diabetes. Hal yang satu ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon ketika terjadi kehamilan.

Gejala Gestational Diabetes dapat dilihat dari seringnya buang air kecil, merasa haus yang terus menerus, nafsu makan bertambah banyak, dan berat badan yang turun drastis. Biasanya penderita Gestational Diabetes memiliki keluhan berupa sering timbul bisul, gatal-gatal pada kulit dan kemaluan, cepat merasa lelah, keputihan, kesemutan, dan sering mengantuk.

Nah, kali ini Tips Kebugaran akan memberikan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk dapat mengurangi  risiko akan Gestational  Diabetes. Simak ya !

 

5 Cara Menghindari Gestational Diabetes

 

1. Monitor Tingkat Gula Darah

Agar dapat terhindar dari berbagai macam masalah tingkat gula darah, para bunda harus bisa belajar mengecek kadar gula darahnya sendiri setiap  waktu. Misalnya saja ketika pagi hari atau 2 jam setelah waktu makan. Selalu mengecek kadar gula darah memang penting untuk memastikan posisi gula darah tubuh.

 

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Sarapan

Bagi para ibu hamil, berbagai macam asupan nutrisi memang sangat penting untuk tubuhnya. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh bunda saja, namun hal ini juga demi kesehatan janin di dalamnya. Menghindari berbagai sarapan memang tidak disarankan untuk para bunda yang sedang hamil. Karena dengan tidak sarapan justru akan dapat meningkatkan kadar gula darah yang justru dapat berbahaya untuk kesehatan.  mengkonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga gula darah agar tetap pada posisi yang stabil.

 

3. Mengkonsumsi Makanan yang Berserat Tinggi

Untuk dapat menjaga posisi gula darah tetap normal sebaiknya jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi berbagai makanan yang tinggi akan serat. Serat menjadi salah satu hal yang memiliki fungsi untuk menjaga kadar gula darah. Makanan  yang kaya akan kandungan serat diantaranya ada pada buah dan sayuran.

 

4. Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Ketika hamil, tubuh memang perlu waktu istirahat yang cukup. Memiliki waktu istirahat yang cukup tidak hanya bermanfaat untuk memulihkan tenaga saja, karena ketika hamil bunda akan mengalami yang tubuh yang mudah merasa capek. Selain itu tidur yang cukup juga bisa menjadi salah satu cara untuk menyeimbangkan gula darah.

 

5. Jangan Melupakan Olahraga

Dengan menjaga pola makan saja juga tidak cukup. Untuk dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil ,  bunda perlu melakukan aktivitas olahraga. Ketika hamil bukan menjadi suatu alasan untuk bunda tidak melakukan aktivitas olaraga. Melakukan berbagai gerakan sederhana untuk dapat menjaga gula darah agar tetap stabil.

 

Mengatasi Gestational Diabetes yang terdeteksi pada awal kehamilan, bisa mengurangi risiko pada bunda dan bayinya. Jadi perlu untuk selalu memeriksakan kehamilan bunda secara rutin. Jika selama masa kehamilan bunda mengalami kelebihan berat badan, bunda masih bisa berkonsultasi dengan dokter. Jadi  pentingnya bunda untuk menjaga kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*