10 Macam Gerakan Senam Yoga untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Gerakan Senam Yoga

Gerakan Senam Yoga – Banyak orang yang menganggap kalau sakit pinggang hanya menyerang orang yang sudah lanjut usia saja. Sebenarnya hal tersebut tidaklah salah, tapi sakit pinggang juga dapat menyerang kalangan dewasa dan remaja loh. Selain faktor usia, sakit pinggang juga disebabkan oleh kolesterol, tekanan darah tinggi, dan kurang berolahraga. Secara garis besar, sakit pinggang ini disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Sekarang ini memang banyak obat-obatan yang dapat mengurangi rasa sakit pada pinggang, tapi Anda harus berhati-hati terhadap efek samping yang dikonsumsi. Sebenarnya, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang yaitu dengan melakukan senam yoga. Berikut ini beberapa gerakan senam yoga untuk mengatasi sakit pinggang yang bisa Anda lakukan.

 

Gerakan Senam Yoga untuk Kesehatan

 

1. Bow Pose

Bow Pose Gerakan Senam Yoga

Gerakan senam yoga ini memang agak sulit tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kemampuan tubuh. Cara melakukannya, ambil posisi tengkurap kemudian bengkokan kedua lutut Anda ke atas, lalu pegang lutut dengan kedua tangan. Setelah itu, dengan keadaan lutut masih dipegang, tarik pelan-pelan lutut Anda kemudian regangkan kembali.

Posisi ini menggunakan perut sebagai tumpuannya sehingga bagian pinggan benar-benar seperti ditarik. Lakukan gerakan ini secara perlahan, ambil jeda sebentar, kemudian lanjutkan kembali. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin maka sakit pinggang dapat teratasi.

 

2. Boat Pose

Boat Pose Gerakan Senam Yoga

Gerakan berikutnya, ambil posisi duduk dengan posisi badan tegak dan kaki lurus ke depan. Kemudian, angkak kaki hingga setinggi kening, luruskan kedua tangan kea rah kaki dengan posisi telapak tangan saling menempel. Tahan posisi ini selama 10 detik kemudian kembali lagi ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali. Selain dapat mengatasi sakit pinggang, gerakan ini juga dapat mengatasi pegal pada bagian bahu dan paha.

 

3. Cat Pose

Cat Pose Gerakan Senam Yoga

Untuk gerakan ini posisi awalnya seperti merangkak dan luruskan pinggang Anda. Kemudian, tekuk pinggang Anda ke atas dan tahan selama 20 detik, lalu kembali lagi ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 kali. Gerakan ini juga dapat mengatasi rasa pegal pada bagian paha dan bahu Anda.

 

4. Pose Huruf T

Pose Huruf T Gerakan Senam Yoga

Selanjutnya, ambil posisi terlentang dan bentangkan kedua tangan Anda membentuk huruf T. Setelah itu, tekuk lutut Anda lalu gerakan ke arah kiri dan tahan selama 20 detik. Kemudian gerakan lagi kaki Anda ke arah kanan dan tahan lagi selama 20 detik. Ulangi terus gerakan ini kurang lebih sebanyak 3 kali untuk setiap arahnya.

 

5. Cobra Pose

Cobra Pose Gerakan Senam Yoga

Ambil posisi tengkurap, kemudian angkat tubuh bagian atas dengan posisi tangan lurus. Tahan posisi ini kurang lebih 20 detik, kemudian kembali lagi ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk melatih otot lengan, pinggang, dan bahu. Sehingga jika pada ketiga bagian tersebut terasa kaku atau pegal dapat segera teratasi.

Baca Juga : Penjelasan Tentang Aerial Flow Yoga Beserta Manfaat dan Gerakannya

 

6. Twist Pose

Twist Pose Gerakan Senam Yoga

Gerakan yang satu ini mungkin sudah sering Anda lakukan secara tidak langsung. Ambil posisi duduk kemudian tekuk kaki kanan dan putar badan ke arah kanan dengan posisi tangan menyilang di kaki, tahan gerakan ini selama 10 detik, kemudian lakukan sebaliknya ke arah sebelah kiri. Pada saat memutar posisi badan lakukan secara perlahan jangan langsung diputar karena dapat membahayakan pinggang.

 

7. Balasana atau Posisi Sujud

Balasana Gerakan Senam Yoga

Sesuai dengan namanya, ambil posisi layaknya Anda sedang bersujud dengan kedua tangan lurus ke depan. Setelah itu, tarik tangan ke depan dan punggung Anda ke belakang. Biasanya akan keluar bunyi pada bagian pinggang setelah melakukan ini. Tahan posisi ini kurang lebih 20 detik. Lakukan secara berulang supaya sakit pinggang bisa segera hilang.

 

8. Posisi Satu Kaki Diatas

Posisi Satu Kaki Diatas Gerakan Senam Yoga

Ambil posisi tidur terlentang, kemudian angkat kaki kanan Anda ke atas dan tahan posisi ini selama 20 detik kemudian turunkan. Lalu, lakukan lagi dengan mengangkat kaki kiri Anda ke atas dan tahan juga selama 20 detik. Lakukan gerakan ini sebanyak 4 kali secara bergantian.

Baca Juga : Olahraga Mengecilkan Lengan Yang Besar Dengan Cepat

 

9. Gerakan Kedua Tangan Keatas

Gerakan Kedua Tangan Keatas Gerakan Senam Yoga

Posisi awal duduk sila, kemudian angkat kedua tangan keatas dengan posisi kedua jari tangan saling menyatu dan telapak tangan menghadap keatas. Tahan posisi ini sambil mengatur ritme nafas, kemudian kembali lagi ke posisi awal.

 

10. Gerakan Menggunakan Tembok

Gerakan Menggunakan Tembok Gerakan Senam Yoga

Gerakan senam yoga yang terakhir yaitu mengangkat kedua kaki dengan posisi lurus keatas dengan menggunakan tembok sebagai sandarannya. Tahan posisi ini selama 15 detik, kemudian turunkan kaki ke arah kiri dan tahan lagi selama 10 detik, kemudian pindahkan lagi ke arah kanan dengan posisi kaki masih lurus, dan tahan selama 10 detik, lalu kembali ke posisi semula.

Baca Juga : 8 Cara Menghilangkan Pegal-Pegal Tanpa Obat dan Berkhasiat

 

Bagi Anda yang sering mengalami masalah dengan pinggang dan punggung sangat dianjurkan untuk mencoba melakukan beberapa gerakan senam yoga di atas. Selain melakukan olahraga di atas, Anda juga harus rutin mengonsumsi buah-buahan dan perbanyak minum air putih. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan memberikan solusi bagi permasalahan yang sedang Anda alami. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*