4 Jenis Gerakan Dasar Senam Lantai Dilengkapi Dengan Ilustrasi

Gerakan Senam Lantai

Senam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh seperti melancarkan sirkulasi darah, mengencangkan otot, membakar lemak dan masih banyak lagi. Namun ada satu jenis senam yang mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja yaitu senam lantai. Sesuai dengan namanya, gerakan senam lantai dilakukan di atas lantai seluas 12m x 12m yang biasanya dilapisi matras seluas 1 meter untuk menghindari terjadinya cedera.

Banyak orang yang beranggapan bahwa senam lantai itu hanya untuk wanita saja. Padahal, ada banyak manfaat senam lantai untuk kesehatan pria loh seperti membentuk otot paha dan perut, menjaga keseimbangan tubuh, dan meningkatkan stamina serta vitalitas. Catatan penting, karena pada senam ini terdapat beberapa gerakan yang cukup sulit maka pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan fit.

 

Sejarah Senam Lantai

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya kita mengenal dahulu latar belakang atau sejarah senam lantai. Gerakan senam lantai diketahui pertama kali dilakukan oleh para biarawan Cina sekitar tahun 2.700. Namun, mereka melakukan gerakan tersebut sebagai bentuk pengobatan dan latihan bela diri. Semua gerakan tersebut dituangkan dalam kitab warisan kong hu cu.

Ada juga pendapat lainnya yang mengungkapkan bahwa asal-usul senam lantai itu dari Negara India. Pasalnya, sudah sejak lama negara ini memiliki gerakan khusus untuk metode pengobatan yang disebut dengan gerakan Yoga. Namun, seiring bertambahnya waktu gerakan pada yoga juga digunakan pada senam. Karena semua gerakan dilakukan di atas lantai, maka senam ini diberi nama senam lantai.

 

Jenis-Jenis Gerakan Senam Lantai

Pada senam lantai terdapat beberapa teknik yang harus dilakukan yaitu berguling, melompat, menjaga keseimbangan tubuh dengan bertumpu pada tangan dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai macam unsur gerakan di dalamnya seperti ketahanan, akrobatik, keseimbangan dan kelincahan. Supaya lebih jelas, berikut ini pembahasan mengenai jenis gerakan yang ada pada senam lantai :

 

1. Inverse Roll

Inverse Roll Gerakan Senam Lantai

Pada senam lantai terdapat gerakan berguling ke belakang (inverse roll). Namun, posisi sebelum berguling harus benar, berikut ini caranya :

  1. Pertama, posisi jongkok serendah mungkin dengan kedua kaki dirapatkan
  2. Tundukan kepala hingga dagu menyentuh dada
  3. Angkat kedua tangan dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas
  4. Mulai berguling ke belakang dengan menjatuhkan pinggang terlebih dahulu dilanjutkan dengan bahu lalu lutut segera tarik ke belakang hingga kembali ke posisi jongkok seperti semula.

 

2. Forward Roll

Forward Roll Gerakan Senam Lantai

Selain berguling ke belakang, ada juga gerakan berguling ke depan (forward roll). Cara melakukannya juga hampir sama tapi arah bergulingnya yang berbeda yaitu ke depan :

  1. Ambil posisi berdiri tegak dan tangan lurus ke depan
  2. Jongkok sedikit kemudian letakkan kedua tangan di atas matras
  3. Masukan kepala melewati kedua tangan
  4. Letakkan bahu di matras dan langsung berguling ke depan
  5. Kembali lagi ke posisi awal

 

3. Sikap Lilin

Sikap Lilin Gerakan Senam Lantai

Gerakan ini tidak terlalu tapi dibutuhkan keseimbangan yang cukup kuat. Caranya :

  1. Ambil posisi terlentang dengan kaki tegak lurus ke atas
  2. Tarik kaki ke atas hingga bagian pinggang terangkat
  3. Tahan posisi ini kurang lebih selama 10 detik kemudian kembali lagi ke posisi awal
  4. Lakukan gerakan ini beruang-ulang

 

4. Sikap Kayang

Sikap Kayang Gerakan Senam Lantai

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan gerakan kayang. Dibutuhkan kekuatan pinggang dan bahu untuk melakukannya.

  1. Ambil posisi terlentang dengan telapak kaki menginjak lantai
  2. Letakkan ke dua tangan ke belakang kepala dengan telapak tangan menapak di lantai dan siku menghadap ke atas.
  3. Tekan tangan sekuat tenaga sampai posisi badan melengkung seperti busur
  4. Tahan dan hitung sampai 10 kemudian kembali lagi ke posisi awal

 

5. Gerakan Salto

Gerakan Salto Gerakan Senam Lantai

Untuk gerakan yang satu ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam senam lantai. Cara melakukannya mirip dengan inverse dan forward roll tapi bahu tidak menyentuh tanah. Ada 2 jenis gerakan salto yaitu salto ke depan dan salto ke belakang. Sangat disarankan untuk berlatih dengan instruktur berpengalaman dalam melakukan gerakan ini agar tidak terjadi cedera.

 

Silakan Anda praktekkan semua gerakan senam lantai di atas secara benar dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan senam lantai agar otot lebih rileks ketika memulai berbagai gerakan. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*