Macam-Macam Video Gerakan Senam Aerobik Beserta Manfaatnya

Gerakan Senam Aerobik

Gerakan senam aerobik berfokus untuk meningkatkan serta menjaga denyut jantung dan melatih otot agar terus aktif bergerak saat latihan yang merupakan pengertian senam aerobik juga. Biasanya saat detak jantung meningkat ketika latihan aerobik ini sering dihubungkan telah terjadi pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga banyak orang yang menggunakan senam aerobik sebagai salah satu program dietnya. Bahkan beberapa gerakan inti senam aerobik dipercaya mampu menguatkan jantung serta menyehatkan tubuh. Tak hanya itu, senam aerobik juga mempunyai beberapa manfaat baik lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

 

Manfaat Senam Aerobik

 

1. Menurunkan Berat Badan Serta Menguatkan Jantung

Senam aerobik lumayan efektif dalam hal menurunkan berat badan secara bertahap. Tapi tetap saja, saat kalian sedang menjalankan program diet kalian juga menjaga serta memperhatikan pola makan yang baik. Sehingga senam aerobik yang dilakukan buat membakar lemak tidak akan menjadi sia-sia. Senam aerobik juga dipercaya mampu menguatkan jantung serta meningkatkan denyut. Tak hanya itu, gerakan senam ini juga dipercaya mampu menstabilkan detak jantung. Dengan jantung yang sehat serta kuat ini akan membantu pekerjaan jantung buat memompa darah kalian ke seluruh tubuh.

 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat kalian mempunyai sistem daya tahan tubuh yang baik kalian bisa terhindar dari serangan berbagai jenis penyakit. Karena pada dasarnya, hampir semua olahraga bisa meningkatkan sistem daya tubuh kalian salah satunya adalah dengan senam aerobik.

 

3. Mengendalikan Gula Darah

Saat kalian melakukan senam aerobik dengan rutin kalian bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh kalian. Saat kolesterol baik meningkat dalam tubuh ini bisa membantu kalian untuk menghindari tekanan darah tinggi serta membantu  mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

 

4. Menguatkan Otot, Tulang Serta Meningkatkan Energi

Senam aerobik juga dipercaya bisa meningkatkan kekuatan otot kalian. Karena dengan kekuatan otot yang meningkat, secara otomatis ini ikut meningkatkan kekuatan tulang juga. Senam aerobik juga dipercaya bisa meningkatkan suplai oksigen dalam tubuh kalian. Sehingga hal ini juga akan meningkatkan energi dalam tubuh kalian. Bahkan menurut penelitian University of Georgia dengan  melakukan senam aerobik kurang lebih 20 menit maka itu akan meningkatkan energi semakin banyak.

Tapi sebelum kalian mulai melakukan gerakan senam aerobik, kalian perlu melakukan beberapa tahapan. Salah satu diantaranya yaitu gerakan pemanasan, gerakan latihan inti, serta pendinginan. Setelah itu lakukan gerakan senam aerobik pemanasan inti dan pendinginan

 

Gerakan Senam Aerobik

 

1. Pemanasan

Gerakan pemanasan wajib kalian lakukan buat menghindari terjadinya cidera ketika melakukan senam aerobik. Gerakan pemanasan ini bertujuan buat  meningkatkan suhu tubuh, menguatkan denyut jantung, serta mempersiapkan kondisi otot dan persendian. Berikut beberapa gerakan senam pemanasan yang bisa kalian lakukan yaitu jalan di tempat, lalu melakukan gerakan melangkah dari sisi ke sisi serta menggerakkan lengan kalian setiggi pinggang bahkan bisa lebih tinggi. Lakukanlah gerakan senam ini kurang lebih selama 5-10 menit sampai tubuh kalian siap melakukan gerakan latihan inti.

Selanjutnya ketika kalian telah menyiapkan tubuh dengan gerakan pemanasan, kalian bisa memulai melakukan cara senam aerobik inti dengan intensitas yang tinggi. Kalian bisa memulai latihan inti selama kurang lebih 25-55 menit. Berikut beberapa gerakan latihan inti yang bisa kalian lakukan di rumah.

 

2. Gerakan Marching

Mulailah dengan melakukan gerakan dasar yang biasa disebut dengan marching seperti jalan di tempat, pertama kalian perlu mengangkat kaki sampai setinggi betis. Selanjutnya lutut ditekuk hingga 90 derajat. Lalu gerakan setiap kaki menyentuh lantai mulailah dari bola kaki sampai ke tumit.

Selanjutnya adalah melakukan gerakan yang dimulai dengan menggerakkan serta menekukkan kaki ke arah belakang. Lalu gerakan lutut mengarah ke bawah secara tegak lurus. Lalu gunakanlah persendian engkel atau lutut kalian dan menjadikannya tumpuan untuk meredam gerakan.

 

3. Gerakan Kicking

Selanjutnya kalian bisa mencoba gerakan yang bernama kicking. Gerakan kicking pada senam aerobik beda dengan gerakan  pada olahraga lainnya. Biasanya kicking saat permainan sepak bola maupun olahraga bela diri seperti mengayunkan tungkai ke arah depan atau ke arah samping. Lalu dalam keadaan lurus dibuat setinggi pinggang bahkan bisa lebih. Gerakan kicking bisa dilakukan dengan low  impact hight intencity sehingga erakan ini akan banyak mengeluarkan tenaga. Apalagi jika kalian melakukannya dengan menggunakan teknik seperti hight kick.

 

4. Gerakan Jumping Jack

Selanjutnya kalian bisa melakukan jumping jack, saat ingin melakukan lompatan kangkang kalian perlu mengawalinya dengan membuka kedua kaki dengan lebar satu setengah bahu kalian, lalu kalian bisa melakukan gerakan melompat.  Lalu kemudian kalian menutup kembali sambil melompat juga. Yang perlu kalian ingat adalah kedua kaki kalian harus mendarat dari bola kaki sampai berakhir di tumit. Lalu dengan menggunakan persendian engkel kalian bisa meredam gerakan ini. Selanjutnya tekuklah lutut kalian buat meredam gerakan lompat tapi tetap arahkan lutut tetap ke depan.

 

5. Gerakan Lunge

Selanjutnya kalian bisa melakukan gerakan lunge, ini buat memindahkan kaki ke arah depan, belakang serta menggerakannya ke arah samping guna memindahkan sebagian berat badan kalian. Pertama pusatkanlah berat badan pada ke dua kaki kalian. Perhatikan saat memindah kaki kalian, saat menyentuh lantai pertama kali gerakan bola kaki mengarah sampai hampir ke tumit. Lalu gerakan tungkai  kemudian pindahkan dengan keadaan lurus. Sedangkan tungkai yang diam kalian tekuk sehingga ujung lutut tidak akan melebihi ujung kaki.

 

6. Gerakan Knee Up

Jangan lupa juga untuk melakukan gerakan knee up. Gerakan ini adalah gerakan olahraga mengecilkan badan serta mengangkat lutut  dengan minimal setinggi pinggang, Pertama posisikan tungkai atas kalian sejajar dengan lantai, lalu tungkai bawah dengan tegak lurus. Posisikan  kaki dengan  keadaan tertekuk, serta bisa juga memposisikan telapak kaki membentuk keadaan point untuk mengencangkan engkel. Gerakan ini  dapat kalian dilakukan secara low ataupun high impact.

 

7. Gerakan Single Step

Selanjutnya adalah melakukan gerakan single step yaitu melakukan gerakan ke kanan atau kiri. Pertama sikap awal gerakan ini adalah dengan berdiri lalu kedua kaki kalian rapatkan. Saat hitungan pertama kalian mengarahkan kaki kanan melangkah ke arah kanan selanjutnya diikuti dengan kaki kiri. Lalu saat hitungan kedua gerakan kaki kiri ke arah kiri, kemudian diikuti dengan kanan. Kalian ulangi gerakan ini selama 8 hitungan. Buat gerakan ke sampingnya, saat hitungan ketiga gerakan kaki kanan kalian membuka atau gerakan melangkah ke arah samping kanan serta diikuti dengan kaki kiri.

Baca Juga :

 

8. Gerakan Double Step

Selanjutnya adalah gerakan senam aerobik menurunkan berat badan yaitu double step yang dimulai dengan sikap awal berdiri lalu gerakan kedua kaki agar dirapatkan. Dihitungan pertama gerakan kaki kanan ke arah kanan kemudian diikuti dengan menggerakan kaki kiri melangkah ke kanan serta melewati kaki kanan kalian. Saat hitungan kedua gerakan kaki kanan kalian melangkah ke kanan serta melewati kaki kiri kalian tutuplah dengan gerakan kaki kiri. Kalian ulangi gerakan ini selama 8 hitungan. Buat gerakan ke sampingnya, saat hitungan ketiga gerakan kaki kiri kalian membuka atau  gerakan  melangkah ke arah samping kiri serta diikuti dengan kaki kanan.

 

9. Pendinginan

Setelah kalian melakukan semua gerakan senam kesegaran jasmani seperti diatas, saatnya kalian melakukan gerakan pendinginan. Ini bertujuan untuk mengembalikan denyut jantung kalian agar mendekati normal kembali secara bertahap. Gerakan pendinginan ini kalian lakukan kurang lebih sama dengan kalian melakukan gerakan pemanasan. Jangan lupa untuk melakukan peregangan agar membantu mengembalikan otot kalian ke dalam kondisi normal. Lakukanlah gerakan ini selama kurang lebih 5-10 menit.

 

Nah begitulah ulasan singkat dari Tips Kebugaran tentang manfaat dan beberapa gerakan senam aerobik yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Menjaga kesehatan tubuh adalah wajib hukumnya bagi pribadi masing-masing agar selalu terhindar dari serangan penyakit yang hendak menghampiri. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan berguna dalam kehidupan kalian. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*