Inilah 4 Gejala Awal Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui

Gejala Awal Kanker Serviks

Gejala Awal Kanker ServiksKanker merupakan salah satu penyakit yang sangat menakutkan bagi pria maupun wanita. Namun kenyataanya wanita lah yang sering mengalami penyakit kanker. Salah satu penyakit kanker yang diderita oleh wanita adalah kanker payudara dan juga kanker serviks. Kedua kanker ini merupakan kanker yang menempati posisi pertama dalam kasus yang terjadi dari keseluruhan kanker yang ada. Dengan demikian, memang Anda harus hati-hati dari dua jenis kanker tersebut. Kanker serviks sendiri merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian rahim wanita. Tidak heran jika banyak wanita yang mengalami ketakutan jika terjangkit penyakit kanker serviks.

Kanker serviks dapat disebabkan karena penyakit menular melalui hubungan seksual atau kontak langsung ke kulit di daerah genital. Dengan demikian bakteri tersebut akan menyebar dan terhubung ke vagina. Namun biasanya wanita yang mengalami kanker serviks tidak akan mengalami gejala yang siginfikan. Tetapi Anda harus bisa melakukan pencegahan terlebih dahulu jika kanker serviks Anda masih tergolong awal. Untuk itulah Anda juga harus mengetahui gejala awal dari kanker serviks agar segera melakukan pencegahan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang gejala awal kanker serviks, silahkan simak ulasan singkat Tips Kebugaran dibawah ini.

 

Gejala Awal Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Di bawah ini ada beberapa gejala kanker serviks stadium awal yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa gejalanya antara lain:

 

1. Nyeri di bagian perut bawah dan panggul

Gejala awal kanker serviks yang pertama adalah nyeri di bagian perut bawah atau leher rahim. Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian rahim. Untuk itulah maka leher rahim akan mengalami sakit atau nyeri. Rasa sakit pada leher rahim tersebut biasanya dirasakan ketika Anda nyeri perut yang berlebihan serta nyeri saat berhubungan intim.

Nyeri panggul juga bisa menjadi salah satu gejala yang bisa menunjukan terkena kanker serviks. Sebab panggul berada dibagian dekat leher rahim, atau bisa di sebabkan karena selesai hubungan seksual yang menyebabkan nyeri pada panggul. Saat terjadi nyeri pada panggul tersebut, maka Anda akan merasakan sakit yang tidak biasanya. Jika sudah merasakan hal ini, maka sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan kondisi Anda pada dokter spesialis penyakit dalam.

 

2. Pendarahan melebihi normal

Gejala yang selanjutnya adalah pendarahan melebihi normal. Wanita biasanya akan mengalami masa haid atau menstruasi untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Namun jika Anda mengalami pendarahan dalam waktu yang lama, dan darah yang keluar juga sangat banyak, serta Anda belum waktunya untuk menstruasi. Maka tanda-tanda tersebut termasuk kedalam gejala kanker serviks. Jika Anda mengalami gejala tersebut sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab gejala ini termasuk gejala yang membahayakan bagi kesehatan tubuh.

 

3. Sulit buang air kecil

Sulit saat buang air kecil juga bisa menjadi salah satu gejala yang ditimbulkan akibat dari kanker serviks yang diderita. Sebab saat akan mengeluarkan urin yang telah diproduksi oleh ginjal, pasti akan dikeluarkan melalui vagina. Jika vagina mengalami gangguan, tentu saja juga akan berakibat pada sulit buang air kecil.

Baca Juga : Ketahui 3 Penyebab Kanker Serviks Secara Umum

 

4. Perubahan  pada cairan di vagina

Gejala kanker serviks stadium awal yang terakhir yaitu perubahan pada cairan di vagina. Biasanya cairan di vagina yang sering keluar adalah cairan keputihan. Jika Anda mengalami keputihan itu merupakan hal yang wajar. Namun jika keputihan yang disertai dengan darah, cairan vagina yang berwarna coklat, pucat, encer, terjadi secara terus-menrus, serta berbau busuk, biasanya hal tersebut merupakan gejala awal dari kanker serviks. Untuk itulah, jika Anda mengalami gejala keputihan seperti itu, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

 

Nah, itulah beberapa gejala awal kanker serviks yang bisa Anda jadikan pengetahuan, dengan demikian Anda bisa mengurangi risiko kanker yang lebih parah. Disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala diatas. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan Anda. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*