Waspada Botak Saat Muda Sebagai Gejala Awal Kanker Prostat

Gejala Awal Kanker Prostat

Setiap pria yang sudah berumur 50 tahun lebih akan mengalami kebotakan pada rambutnya. Tapi, apa jadinya bila anda mengalami lebih cepat dari umur sebelum 50 tahun? Waspadai gejala tersebut karena hal ini berkaitan dengan gejala awal kanker prostat.

Berdasarkan penelitian yang mengambil sampel para pria keturunan Amerika- Afrika telah memberikan hasil yang mencengangkan. Resiko kanker prostat pada pria yang sudah mengalami kebotakan.

Kemudian, penelitian lainnya pada pria Kaukasia yang berlanjut dari penelitian sebelumnya menghasilkan penemuan yang sama seperti sebelumnya. Berdasarkan fakta yang ada, para pria keturunan Amerika-Afrika ini merupakan para penderita kanker prostat terbanyak di Amerika. Selain itu, resiko kematiannya sudah mencapai titik berbahaya dari sebelumnya hingga dua kali lipat lebih banyak.

 

Penelitian yang melibatkan lebih dari 300 orang pria yang sudah menderita kanker prostat dan lebih dari 200 pria yang masih sehat. Menurut penelitian tersebut, biasanya para pria ini mempunyai resiko hingga 70 persen terkena penyakit kanker prostat dan rata-rata sudah mengalami kebotakan.

 

Akan tetapi, skala kebotakan yang dialaminya pun berbeda-beda karena berbagai faktor dan penyebabnya.

Kanker Prostat
Kanker Prostat

Para pria yang botak hingga semua bagian kepala, mengalami resiko kebotakan lebih besar dibandingkan botak dibagian ubun-ubun. Hal ini berbanding terbalik dengan beberapa penelitian sebelumnya yang mengatakan tidak ada bedanya dengan resiko berbagai jenis kebotakan.

Baca Juga :

 

Faktor Genetik dan Hormonal

Resiko penyakit kanker prostat dengan kebotakan saat ini memang belum bisa dikatakan secara pasti seratus persen. Namun, para ahli menyimpulkan dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa hal tersebut bisa jadi berkaitan dengan perubahan faktor hormonal.

Seperti halnya pada hormon pria yang memecah dan DHT atau disebut dihydrotestosterone berkaitan erat dengan mulai menipisnya folikel rambut dan meningkatnya resiko kanker prostat.

Namun, berdasarkan penelitian yang mengacu pada sampel yang dialami oleh para pria Amerika-Afrika ini menunjukkan pada masalah faktor genetik. Akan tetapi, para ahli masih meneliti lebih lanjut untuk memastikannya.

 

Nah begitulah ulasan singkat dari Tips Kebugaran tentang gejala awal kanker prostat yang dilihat dari kebotakan. Tetapi Anda harus ingat, hal ini hanya bersifat opini sebagian ahli. Semoga diantara kita tidak ada yang mengalami kanker mematikan ini ya. Be Healthy !!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*