Definisi Kesehatan Mental Dalam Psikologi Menurut Para Ahli

Definisi Kesehatan Mental Dalam Psikologi

Definisi Kesehatan Mental Dalam Psikologi – Seperti yang kalian tahu, bahwa kesehatan mental seseorang sangat berperan penting dalam kehidupannya. Karena kesehatan mental merupakan tolak ukur kesehatan kalian jika kalian ingin diterima dalam sebuah perusahaan, sebuah lingkungan serta sebuah lingkup pertemanan. Selain itu ciri ciri kesehatan mental pada seseorang juga seringkali kita anggap sebagai sebuah ketahanan seseorang ketika menghadapi sebuah masalah. Padahal sebenarnya faktor yang mempengaruhi kesehatan mental tidak hanya itu saja. Berbagai macam faktor seperti lingkungan sekitar, riwayat kesehatan juga bisa menjadi faktornya. Sehingga inilah yang menyebabkan definisi kesehatan mental mempunyai penjelasan yang beragam. Menurut beberapa ahli juga mengatakan bahwa masyarakat disekitarnya juga berperan dalam kesehatan mental seseorang.

 

Definisi Kesehatan Mental Dalam Psikologi

Definisi kesehatan mental dalam psikologi mengatakan bahwa kesehatan mental, sangat dipengaruhi dengan kultur tempat orang itu tinggal. Karena sesuatu hal yang kalian lakukan dalam lingkungan budaya tertentu, bisa menjadi sesuatu yang aneh serta tidak normal jika kalian berada dalam lingkungan budaya lain, begitu juga sebaliknya (Sias, 2006). Berbeda hal lagi definisi kesehatan mental menurut Pieper dan Uden, kesehatan mental merupakan sebuah keadaan yang membuat seseorang tidak mempunyai perasaan bersalah dalam dirinya sendiri, serta mempunyai estimasi yang realistis terhadap dirinya serta bisa menerima kekurangan atau kelemahannya. Serta kemampuannya dalam menghadapi masalah dalam hidupnya, lalu mempunyai kepuasan dalam kehidupan bersosialnya, serta mempunyai kebahagiaan dalam kehidupannya. Berikut pengertian kesehatan mental menurut para ahli lainya.

 

Kesehatan mental menurut World Federation for Mental Health

Definisi kesehatan mental dalam psikologi menurut federasi kesehatan mental dunia atau World Federation for Mental Health mengatakan bahwa kesehatan mental merupakan kondisi yang memungkinkan timbulnya perkembangan seseorang yang optimal serta baik secara fisik, intelektual bahkan emosional. Masyarakat yang baik merupakan masyarakat yang memperbolehkan perkembangan ini terjadi pada anggota masyarakatnya. Serta menjamin dirinya ikut berkembang dan toleransi terhadap masyarakat disekitarnya. Kesehatan mental menurut who adalah kesehatan mental tidak hanya pandangan seseorang saja, tetapi juga memperoleh dukungan dari masyarakat disekitarnya buat berkembang lebih optimal. Sehingga definisi kesehatan mental dalam psikologi menjadi beragam, tapi buat merumuskan pengertian kesehatan mental bukanlah hal yang mudah apalagi secara komprehensif. Sehingga, demi membantu orang memahami makna kesehatan mental, dibuatlah prinsip-prinsip yang bisa menjadi pegangan kalian.

Prinsip-prinsip definisi kesehatan mental dalam psikologi  yang pertama adalah lebih dari ketidakadanya perilaku abnormal. Prinsip ini menegaskan bahwa seseorang dikatakan sehat mentalnya tidak cukup jika orang tersebut tidak megalami abnormalitas atau dikatakan normal. Karena konsep kesehatan mental mempunyai makna yang lebih positif daripada makna pada umumnya atau normalitas sebuah konsep statistik. Prinsip definisi kesehatan mental dalam psikologi  selanjutnya mengatakan bahwa kesehatan mental merupakan konsep ideal. Prinsip ini juga menegaskan bahwa kesehatan mental merupakan tujuan yang sangat penting bagi seseorang. Mengingat bahwa kesehatan mental bersifat kontinum. Sehingga seseorang berusaha memperoleh kondisi sehat yang paling optimal. Serta erusaha terus buat mencapai kondisi sehat yang paling tinggi dari orang-orang disekitarnya.

 

Kesehatan mental menurut Vaillaint

Ciri ciri kesehatan mental menurut Vaillaint adalah orang yang sehat mentalnya merupakan orang yang bisa tahan terhadap sakit jiwa serta bebas dari sakit maupun gangguan jiwa. Sepeti yang pernah dikemukakan oleh Kazdin bahwa definisi kesehatan mental dalam psikologi adalah ” Sebuah keadaan di mana tidak adanya disfungsi dalam bidang psikologis, emosional, perilaku, serta sosial”. Pengertian ini menunjukan bahwa orang baik dalam keadaan sakit atau sehat psikisnya. Sehat disini berarti bahwa tidak ada sedikitpun mengalami gangguan psikis, dan jika memiliki gangguan psikis maka akan dianggap sebagai orang yang sakit. Sehingga pengertia sehat serta sakit mental itu lebih bersifat nominal yang dibedakan ke dalam beberapa kelompok. Sehat disini mempunyai pengertian ”terbebas dari gangguan”, sehingga ketika ada gangguan sedikit sekalipun, orang itu akan dianggap tidak sehat.

 

Kesehatan mental menurut Kirkpatrick dan Frank

Definisi kesehatan mental dalam psikologi selanjutnya menurut ahli dalam Notosoedirjo dan Latipun yang mengatakan ketika seseorang yang dikatakan sehat mentalnya, orang tersebut bisa menahan diri untuk tidak jatuh sakit akibat stressor atau yang kita kenal dengan stres. Kesehatan mental psikologi seseorang dikatakan sehat jika orang tersebut tidak akan sakit walaupun mendapatkan tekanan-tekanan dari sekitarnya. Pengertian ini lebih menekankan pada kemampuan seseorang dalam merespon lingkungan disekitarnya. Selanjutnya adalah faktor yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Seseorang dikatakan sehat mentalnya jika bisa sejalan dengan kapasitasnya serta selaras dengan lingkungan disekitarnya. Menurut Lee A. Kirkpatrick dalam Notosudirjo & Latipun, mengatakan bahwa seseorang dianggap sehat mentalnya jika terbebas dari gangguan kesehatan mental. Serta bisa berinteraksi secara optimal dalam lingkungan sosial disekitarnya. Pengertian ini mengandung  unsur individualsme serta unsur lingkungan.

Konsep kesehatan mental seseorang yang sehat mentalnya biasanya berdasarkan kesesuaiannya dengan kapasitas diri sendiri, serta hidup tepat yang selaras dengan lingkungan sekitarnya. Kesehatan mental seseorang karena tumbuh serta berkembang secara positif. Definisi kesehatan mental dalam psikologi menurut Frank, L. K. dalam Notosudirjo & Latipun, 2005,  mengatakan bahwa kesehatan mental seseorang lebih komprehensif serta bisa melihat kesehatan mental secara positif. Dia mengatakan bahwa kesehatan mental seseorang yang terus menerus tumbuh, berkembang serta matang dalam kehidupnya, bahkan bisa bertanggung jawab, serta mampu menyesuaikan diri dan bisa berpartisipasi dalam menjaga aturan sosial serta tindakan didalam budayanya.

 

Kesehatan mental menurut Jahoda

Definisi kesehatan mental dalam psikologi menurut Jahoda dalam Notosoedirjo dan Latipun mengatakan bahwa kesehatan mental seseorang mempunyai tiga ciri pokok mental. Yang pertama, seseorang dikatakan sehat jika mampu menyesuaikan diri terhadap ruang lingkup kesehatan mental. Atau melakukan sebuah usaha buat menguasainya, serta mampu mengontrol lingkungan disekitarnya. Sehingga tidak pasif dan pasrah menerima begitu saja kondisi sosial disekitarnya. Yang kedua, seseorang akan menunjukkan keutuhan pribadinya serta akan mempertahankan kestabilan integrasi kepribadiannya yang diperoleh dari pengaturan dirinya yang aktif. Yang terakhir, seseorang bisa mempersepsikan dunia serta dirinya secara benar, serta independent yang menyangkut kebutuhan pribadinya.

 

Definisi kesehatan mental secara umum

Definisi kesehatan mental dalam psikologi secara umum mengatakan bahwa kesehatan mental adalah bagian dari karakteristik kualitas hidup seseorang. Prinsip ini juga mengatakan bahwa kualitas hidup pada seseorang ditunjukkan dengan kesehatan mentalnya. Sehingga tidak mungkin seseorang mengabaikan kesehatan mentalnya jika ingin mencapai kualitas hidupnya yang tinggi. Atau sebaliknya kualitas hidup seseorang akan dikatakan mengalami peningkatan kalau terjadi peningkatan juga pada kesehatan mentalnya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kesehatan mental merupakan suatu kondisi yang lebih menekankan pada kepribadian, emosional, intelektual serta fisik seseorang bisa berfungsi secara optimal. Serta mampu beradaptasi dengan tuntutan lingkungan disekitarnya dan stressor. Serta mampu menjalankan kapasitas yang selaras dengan lingkungan disekitarnya. Menguasai lingkungan sekitarnya dan merasa nyaman dengan diri sendiri. Definisi yang terakhir adalah  mampu menyesuaikan diri dengan baik terhadap tuntutan sosial budaya dilingkungan sekitarnya, serta terus bertumbuh, berkembang dan matang dalam kehidupannya.

 

Beberapa para ahli setuju dengan kesimpulan umum diatas, karena sesungguhnya kesehatan mental merupakan suatu hal yang bisa kita lihat secara langsung dari cara seseorang melakukan aktifitasnya. Kesehatan mental seseorang dapat mempengaruhi cara dia menyampaikan sesuatu atau cara dia meluapkan perasaan hatinya. Orang yang memiliki kesehatan mental yang bagus pasti lebih memikirkan perasaan orang lain ketimbang dirinya sendiri. Semoga bacaan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang ilmu psikologi dalam kesehatan mental. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*