2 Dampak Negatif Smartphone Sebelum Tidur

Dampak Negatif Smartphone Sebelum Tidur

  Di  zaman sekarang ini, smartphone memang seakan menjadi suatu kebutuhan utama yang tidak bisa terlepaskan. Dimana saja pasti  orang akan melihat seseorang memegang gadget. Dunia maya memang saat ini seperti sudah menjadi suatu bagian dari kehidupan nyata para pengguna gagdet masa kini. Oleh karenanya tidak heran jika kebanyakan orang pada sepanjang harinya memang benda yang satu ini bahkan tidak pernah bisa terlepas dari genggamannya setiap hari. Kebanyakan orang jika mereka lupa akan membawa smartphone nya, hal ini membuat mood mereka menjadi langsung turun dan yang ada dalam hati mereka adalah rasa khawatir akan smartphone mereka. Namun mereka tidak menyadari bahwa sudah meninggalkan beberapa dampak negatif smartphone yang selalu mengintai kesehatannya.

Dibalik semua kecanggihan yang diberikan sebuah smartphone, terdapat dampak negatif smartphone yang dirasakan bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu dampak negatif smartphone bagi kesehatan kita adalah CVS (Computer Vision Syndrome). CVS adalah akibat dari terlalu lama melihat layar/monitor, baik komputer ataupun handphone yang tampilannya lebih kecil. Gejala CVS dapat dirasakan seperti mata kering, kepala pusing, penglihatan menjadi kabur hingga menderita rabun jauh. Untuk menghindari CVS dapat dilakukan dengan lebih sering berkedip , menggunakan kacamata baca dan bila terasa perih segera gunakan tetes mata.

Pada kesempatan ini, Tips Kebugaran ingin memaparkan mengenai 2 Dampak Negatif Smartphone Sebelum Tidur, berikut penjelasannya :

 

1. Kecanduan Smartphone

Kecanduan Smartphone - Dampak Negatif Smartphone Sebelum Tidur

  Dampak negatif smartphone saat anda tidur yang pertama adalah Kecanduan. Kebiasaan orang  masa kini adalah kebiasaan sebelum tidur yang akan mengecek smartphone mereka. Beberapa dari mereka memang terkadang bermain sosmed atau bahkan bermain game sebelum tidur. Tidak sedikit pula dari mereka yang hobi menonton  serial kesukaan mereka melalui layar smartphonenya. Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang kecanduan smartphone atau gadget lainnya dan menggunakan smartphone tersebut sambil  tiduran, bahkan terkadang meletakkan smartphone di bawah bantal  kamu ketika tidur. Sebaiknya untuk tidak meneruskan kebiasaan buruk kamu yang satu ini, karena kebiasaan buruk  yang satu ini ternyata dapat dikategorikan dampak negatif smartphone pada kesehatan tubuh kamu.

 

2. Radiasi Smartphone

Radiasi Smartphone - Dampak Negatif Smartphone Sebelum Tidur

  Dampak negatif smartphone saat anda tidur yang kedua adalah Radiasi. Smartphone merupakan salah satu benda yang memiliki efek radiasi yang kuat untuk tubuh. Mungkin saja efeknya tidak secara langsung dialami oleh tubuh kamu, namun dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan radiasi yang ditimbulkan dari smartphone ini dapat menyebabkan terjadinya risiko munculnya tumor bahkan kanker pada tubuh. Oleh karenanya sangat disarankan untuk semua orang meletakkan smartphone atau pun gadget lainnya dengan jangkauan yang cukup jauh dari bantal yang kamu gunakan untuk tidur. Misalnya saja sekitar 1-2 meter dari posisi tidur kamu.

Memang sudah seharusnya tubuh kita tidur dengan keadaan yang hening dan tanpa adanya suatu penerangan karena dengan begini akan menyehatkan tubuh kamu dan membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak tanpa adanya gangguan. Pada saat tidur merupakan waktu dimana sel  – sel dalam tubuh menjadi lebih tenang dan terhindar dari berbagai macam radiasi yang kurang baik dan menguntungkan untuk tubuh. Jadi mulai dari sekarang sebaiknya gunakanlah ponsel dengan seperlunya saja dan sebaiknya jangan berlebihan.

Baca juga : 4 Hal Tentang Penyakit Diabetes Yang Harus Diketahui

Menggunakan smartphone dengan durasi yang cukup saja dan ketika diperlukan saja untuk kebaikan diri kamu sendiri. Selain itu kecanduan smartphone juga tidak baik  untuk lingkungan sosial kamu, yang mana smartphone tersebut dapat membuat orang yang dekat menjadi  terasa jauh.

 

Begitulah 2 Dampak Negatif Smartphone Sebelum Tidur yang Tips Kebugaran bisa paparkan. Intinya adalah berikan sedikit waktu anda untuk menjauh dari segala macam teknologi agar tubuh dapat kembali natural bagaimana semestinya. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

 

Baca Juga

1 Trackback / Pingback

  1. 4 Hal Tentang Penyakit Diabetes Yang Harus Diketahui - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*