5 Cara Turunkan Berat Badan Dengan Tepat Dan Sehat

Cara turunkan berat badan

Cara turunkan berat badan – Pada dasarnya, berat badan tergantung terhadap asupan kalori yang masuk dan seberapa banyak pengeluaran kalori dari kegiatan tubuh. Berat badan proporsional akan tercapai jika asupan kalori pantas dengan tenaga yang dikeluarkan oleh tubuh. Namun untuk menurunkan berat badan, Anda mesti mengonsumsi kalori lebih sedikit dan meningkatkan kegiatan jasmani untuk membakar kalori pada tubuh.

Berat badan yang berlebih adalah masalah yang sering dialami kebanyakan orang yang memiliki berat badan lebih atau disebut ‘gendut’. Tentunya ini bukan hal yang bagus. Maka ada banyak referensi dalam menurunkan berat badan yang dapat membantu Anda memiliki badan yang ideal. Artikel Tips Kebugaran berikut ini akan membantu Anda dalam mencari cara turunkan berat badan sehingga tercipta tubuh yang ideal. Apa saja sih?

 

1. Polah hidup yang baik

Cara turunkan berat badan yang pertama adalah mengatur pola hidup yang baik dan benar. Terkadang pola hidup yang kurang sehat dapat membuat tubuh Anda juga tidak terlihat ideal. Maka dari sekarang cobalah pola hidup di bawah ini sebagai cara turunkan berat badan dengan benar, antara lain:

  • Mengkosumsi air sebelum makan

Simpel sih tapi pengaruhnya cukup banyak untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi air sebelum makan ternyata bisa memberikan efek kenyang. Kemudian nantinya akan membuat Anda enggan mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Maka dari itu, jika sedang lapar menyerang, sebaiknya atasi dulu dengan minum air putih.

  • Jangan lupa sarapan

Menurunkan berat badan bukan dengan mengurangi waktu makan yang sehat. Misalnya dengan tidak sarapan. Beberapa orang mengganti waktu sarapannya dengan mengkonsumsi makanan camilan ringan. Hal itu salah. Yang benar selalu pastikan Anda selalu sarapan di pagi hari. Menu sehat sarapan misalnya dengan mengkonsumsi telur rebus dan satu buah pisang, atau susu rendah lemak dan selembar roti.

  • Makan porsi kecil

Jika tidak ingin berat badan Anda naik, maka makanlah dengan porsi kecil. Untuk mensiasati cara menurunkan berat badan adalah dengan menggunakan piring yang berukura kecil dari biasanya kamu makan. Walaupun sepele namun kebiasaan ini terbukti sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Dengan makan porsi piring kecil maka kalori yag masuk dalam tubuhmu juga sedikit.

  • Makan secara perlahan

Pola hidup makan yang satu ini juga memiliki pengaruh dalam penurunan berat badan. Makan dengan cara perlahan-lahan dapat merangsang otak bahwa kita sudah kenyang.

  • Jangan membenci makanan

Salah satu hal yang salah dalam menjaga pola makanan adalah tidak membenci makanan. Anda cukup tahu kadar dari setiap jenis makanan yang Anda konsumsi.

  • Tidur cukup

Tubuh kita akan memicu hormon ghrelin dimana nafsu makan akan meningkat ketika Anda kurang tidur. Tentu hal ini akan mengakibatkan berat badan Anda naik. Selain itu juga, kurang tidur dapat memicu terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh dan memecah zat-zat makanan menjadi energi. Dan akhirnya zat itu pun menumpuk menjadi jumlah besar dan menjadi lemak.

  • Hindari makan malam

Yang perlu Anda ingat bahwa makan malam akan semakin membuat tubuh Anda menjadi gemuk. Sebab, dimalam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Nah, jika Anda banyak mengkonsumsi makanan yang berkalori maka akan cepat diubah menjadi lemak bukan energi. Maka dari itu sebagai cara turunkan berat badan Anda bisa makan malam sebelum pukul 18.00.

  • Mengurangi makanan manis

Sudah menjadi hal yang umum bahwa makanan manis dapat menghasilkan energi yang besar. Namun, jika glukosa dalam tubuh meningkat tentunya itu tidak baik. Maka cara turunkan berat badan adalah dengan mengurangi jenis makanan yang mengandung glukosa tinggi.

  • Makan tepat waktu

Jika Anda makan menunggu waktu lapar? Anda akan cenderung mengkonsumsi makanan dengan porsi yang banyak. Maka makanlah yang teratur saat sarapan, makan siang, dan makan sore. Kemudian jadikan buah sebagai camilan.

  • Berolahraga

Ini adalah kunci utama cara turunkan berat badan. Ya denga berolahraga Anda dapat menurunkan berat badan yang paling efektif. Dengan berolahraga dapat membantu membakar lemak yang berlebih dalam tubuh. Ada pun cara berolahraga yang efektif adalah seperti aerobik seperti berjalan, bersepeda, berlari setidaknya 150 menit per minggu. Jika Anda berolahraga dengan rutin, Anda bisa tingkatkan agar menurunkan berat badan lebih cepat.

 

2. Terapkan Target Ideal Tiap Minggu

Cara Turunkan berat badan yang kedua adalah menargetkan pencapaian mingguan. Ada banyak cara yang digunakan untuk turunkan berat badan. Dan tak heran setiap orang selalu menginginkan berat badan yang ideal. Karena setiap orang selalu ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Nah untuk menerapkan berat badan yang ideal terapkan target berat badan idel setiap minggu berkisar antara 0,5 hingga 1 kg per minggunya. Jadi cobalah untuk tidak melebihi target itu.

  • Ada pun resiko yang akan terjadi dari menurunkan berat badan adalah

kelelahan, kekurangan asupan gizi, sering tidak enak badan, dan bahkan beresiko terkena batu empedu. Maka dari itu untuk menurunkan berat badan yang baik jangan lakukan secara drastis. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik maka mulailah dengan pola hidup yang lebih sehat dengan memperbanyak aktivitas. Ingat jangan lupa terapkan semua cara turunkan berat badan dengan baik.

 

3. Ramuan Tradisional

Cara turunkan berat badan ampuh berikutnya adalah mengkonsumsi ramuan tradisional. Berbagai cara akan dilakuakan seseorang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Salah satunya cara yang aman adalah dengan cara tradisional. Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menurunkan berat badan dibanding dengan obat pelangsing modern yang mungkin kurang aman bagi tubuh. Penggunaan bahan alami sangat efektif juga untuk cara turunkan berat badan, dan sangat ampuh kasiatnya dibidang kesehatan.

Penggunaan cara tradisional secara alami relative tidak ada efek samping sama sekali, mengingat bahan-bahan tradisional yang digunakan adalah bahan herbal yang akan berkhasiat lain di dalam tubuh manusia. Berikut ini macam obat herbal yang dapat menurunkan berat badan.

  • Kayu Manis

Kayu manis mampu bekerja secara alami di dalam tubuh. Kayu manis dikenal sebagai obat herbal yang mampu membantu metabolisme lemak secara efektif untuk dimanfaatkan seabagai sumber energy dalam tubuh. Kayu manis juga sangat efektif untuk orang yang menderita diabetes, karena gula darah akan terkontrol dan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat oleh tubuh. Sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama.

  • Teh Tawar dengan perasan Jeruk Nipis

Teh tanpa gula atau disebut dengan teh tawar yang ditambah perasan jeruk nipis, akan sangat efektif menjadi penurun berat badan. Karena ramuan ini dapat melarutkan lemak, terutama lemak dibagian perut.

  • Teh Hijau dan Teh Hitam

Teh hijau dan juga the hitam memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menjaga kadar kolesterol supaya tetap stabil.

Diatas ini adalah ramuan herbal yang mudah sekali ditemukan dan diramu sendiri untuk penurun berat badan yang efektif. Selalu berfikir positif dan menjaga kesehatan adalah kunci dari hidup sehat.

 

4. Makanan yang tepat sebagai cara turunkan berat badan

Apa saja sih makanan yang dapat menurunkan berat badan? Makanan yang dapat menurunkan berat badan adalah makanan berprotein dan memiliki serat tinggi. Makanan yang mengandung protein dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung protein dapat membantu membakar lemak di dalam tubuh. Maka konsumsilah makanan yang menjadi sumber protein. Apa saja sih makanan yang diperkaya menjadi sumber protein? Makanan yang menjadi sumber protein di antaranya, telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, keju, kedelai, dan kacang-kacangan.

Selanjutnya makanan yang mengandung serat juga dapat membuat tubuhmu menjadi kenyang lebih lama. Makanan yang berserat juga memiliki kalori yang rendah. Ada pun jenis makanan yang berserat tinggi yang dapat Anda konsumsi antara lain seperti buah-buahan, sayur, biji-bijian, popcorn tanpa mentega, dan kacang. Jika ingin lebih menambah selera makan tambahkan cabai.

 

5. Konsumsi  Lada Atau Merica

Cara turunkan berat badan yang terakhir adalah mengkonsumsi lada atau merica. Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa lada atau merica dapat membantu membakar lemak berlebihan yang ada di usus besar saat kita sedang tidur. Hal ini sama juga pada cabai. Sebab, ketiga bahan makanan ini sama-sama menimbulkan sensasi pedas dan panas. Nah hal ini bisa Anda coba sebagai salah satu cara menurunkan berat badan. Tambahkan cabai, merica, atau lada pada makanan Anda.

 

Itulah penjelesan lengkap tentang cara turunkan berat badan yang tepat dan sehat. 5 hal diatas dapat Anda terapkan dalam program diet yang sedang Anda jalankan. Agar mendapatkan hasil yang signifikan, Anda dapat mengganti jenis makanan ke vegetarian atau hanya konsumsi sayur dan buah saja selama masa program berjalan. Namun hal ini juga harus dipertimbangkan dari berpa kalori yang rutin Anda keluarkan setiap harinya. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*