Manfaat dan Cara Senam Kegel yang Baik dan Benar

Cara Senam Kegel

Cara senam kegel tidak serumit yang Anda bayangkan. Senam kegel pada dasarnya merupakan suatu metode berupa gerakan-gerakan tertentu yang berpusat pada otot pada bagian panggul. Fungsi senam kegel pada awalnya hanya di tujukan untuk mempercepat pemulihan pada wanita pasca melahirkan, namun saat ini senam kegel telah di kembangkan untuk melatih otot-otot panggul dan meningkatkan kemampuan seksual baik wanita ataupun pria. Untuk bisa melakukan teknik senam kegel dengan benar, Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian senam kegel berikut ini.

 

Apa Itu Senam Kegel

Senam kegel adalah serangkaian gerakan yang di rancang khusus untuk mengencangkan otot pada bagian panggul bawah. Gerakan senam kegel bertujuan untuk menambah intensitas dan kekencangan pada otot-otot yang ada di bawah rahim, usus besar, dan kantong kemih.

Setelah mengetahui pengertian senam kegel, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara senam kegel yang baik dan benar. Simak ulasannya berikut ini:

 

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam kegel bisa dilakukan tanpa harus mengikuti tahapan yang rumit. Pada dasarnya senam kegel dapat dilakukan dalam posisi berbaring. Cara senam kegel untuk wanita tidak berbeda jauh dengan cara senam kegel untuk pria. Berikut ini adalah contoh tata cara senam kegel yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

  1. Kosongkan kantung kemih, kemudian ambil posisi berbaring.
  2. Kencangkan otot panggul bagian bawah kemudian tahan selama 5 detik, setelah itu lepaskan.
  3. Ulangi sebanyak 5 kali, setelah itu naikkan durasinya menjadi lebih lama. Minimal selama 10 detik dan maksimal semampu Anda .
  4. Hindari mengencangkan otot paha, perut dan bokong pada saat melakukan teknik ini. Anda harus tetap bernafas seperti biasanya.
  5. Ulangi latihan ini 3 kali dalam sehari sebanyak 10 kali pengulangan. Anda juga bisa melihat video tutorial senam kegel di youtube untuk mempermudah Anda memahami gerakan dasar senam kegel ini.
  6. Lakukan gerakan senam kegel di rumah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Manfaat Senam Kegel

Beberapa manfaat senam kegel yang bisa Anda peroleh diantaranya sebagai berikut:

1. Mencegah Turunnya Rahim

Salah satu manfaat utama senam kegel adalah untuk menjaga agar rahim pada wanita tidak turun. Rahim yang turun terjadi akibat otot pada panggul bagian bawah yang mengendur. Dengan melakukan senam kegel maka otot pada panggul bagian bawah akan menjadi lebih kencang dan kuat sehingga bisa mencegah terjadinya turun rahim.

2. Mempermudah Persalinan Normal

Selain menguatkan rahim, senam kegel juga bisa dilakukan bagi Anda yang ingin melahirkan secara normal dengan lancar. Hal ini terjadi karena senam kegel mampu memperlancar aliran darah di sekitar rahim dan membuat otot-ototnya menjadi lebih lentur. Sehingga pada saat waktu melahirkan tiba bukaan vagina Anda menjadi lebih lebar dan bayi dapat keluar dengan mudah.

3. Kemampuan Mengontrol Ejakulasi

Bagi seorang pria yang sering berlatih senam kegel akan memiliki kemampuan ejakulasi yang meningkat menjadi lebih lama. Latihan senam kegel juga dapat membantu menyembuhkan para pria yang mengalami gangguan ejakulasi dini.

4. Meningkatkan Ereksi Menjadi Lebih Keras Dan Besar

Senam kegel juga berkhasiat untuk meningkatkan kemampuan ereksi pria menjadi lebih maksimal. Hal ini terjadi karena jaringan spons pada penis dapat merenggang lebih lebar sehingga darah yang masuk menjadi lebih banyak. Akibatnya penis akan menjadi lebih keras dan lebih besar.

 

Tutorial Senam Kegel Untuk Pria :

 

Tutorial Senam Kegel Untuk Wanita :

 

Bagaimana? apakah sudah mengerti tentang manfaat dan cara senam kegel yang baik dan benar? Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, lakukan gerakan diatas baik sebelum tidur ataupun setelah tidur. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan dimengerti bagi para pembaca setia Tips Kebugaran. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*