Cara Merebus Sayuran Dengan Benar

Cara merebus sayuran

  Sayur memang menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang penting dan baik untuk kesehatan tubuh. Setiap  orang memang disarankan untuk senantiasa mencukupi kebutuhan akan sayur dan buah untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu kamu ketahui bahwa ketika memasak sayuran, kita juga perlu memperhatikan cara memasak yang benar agar kandungan nutrisi pada sayuran tidak hilang selama dimasak. Cara memasak sayuran dapat dilakukan dengan menumis, mengukus atau dengan cara merebus sayuran tersebut.

Menurut para ahli menyarankan agar kita harus teliti akan cara merebus sayuran serta memperkirakan lama waktu rebusannya. Para ahli juga menyarankan hal tersebut jika kita ingin memperoleh kandungan nutrisi dari sayuran ini secara maksimal. Sayuran yang dimasak dengan cara direbus sementara untuk air rebusan sayur tersebut dibuang begitu saja, hal ini sudah tentu membuat berbagai macam kandungan nutrisi dari sayuran tersebut hilang banyak.

 

Cara Merebus Sayuran Dengan Benar

 

– Pendapat Ahli Gizi

Menurut seorang ahli gizi yaitu Tracy Lesht mengatakan bahwa “Sayur yang dimasak dengan cara merebusnya terlebih dahulu mungkin akan mengalami terjadinya pengurangan nutrisi sampai  sebesar 50 persen, kalaupun memang menginginkan manfaat dari nutrisi sayur tersebut tidak berkurang banyak kita masih bisa memasaknya dengan cara mengukusnya atau dengan cara merebus sayuran sebentar dengan sedikit air saja.”

 

– Anjuran Ahli Gizi

Menurut Tracy juga menyarankan agar ketika memasak sayuran dengan cara merebusnya, pada saat air  tersebut telah mendidih dan sayuran sudah cukup layu, sebaiknya untuk segera mengangkat sayuran tersebut. Cara merebus sayuran dalam jangka waktu yang lama dan suhu yang terlalu panas serta air yang terlalu banyak juga justru akan dapat membuat kandungan nutrisi  dalam sayuran tersebut hilang.

Menurut para ilmuan mengungkapkan bahwa beberapa jenis sayuran kandungan nutrisinya akan larut ketika dimasak dengan cara merebusnya. Beberapa sayuran tersebut diantaranya adalah sayur bayam, kangkung, buncis,kacang polong, brokoli dan kacang panjang. Nah mengingat beberapa sayuran ini  memiliki kandungan nutrisi yang akan hilang ketika dimasak dengan cara merebus sayuran. Maka para ilmuwan juga menyarankan agar sayuran tersebut tidak direbus. Jika memang hal tersebut memungkinkan. Namun apabila sayuran yang satu ini harus dimasak dengan cara merebus sayuran tersebut, sebaiknya lakukan sebentar saja dengan api yang kecil.

Selain itu Tracy juga manyarankan untuk  meminimalkan waktu memasak dan menggunakan sedikit air untuk memasaknya. Menggunakan api yang kecil dan jangan memasaknya sampai terlalu mendidih. Pasalnya proses memasak yang terlalu lama akan membuat berbagai  kandungan nutrisi didalamnya menjadi larut.

Baca Juga : 6 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

 

Nah, jadi jika kamu ingin merebus sayuran dan memastikan agar kandungan nutrisi didalamnya tidak berkurang dan bahkan hilang, usahakan direbus dengan cara merebus sayuran yang dianjurkan. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

1 Trackback / Pingback

  1. 6 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Tubuh - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*