Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

  Wanita mana sih yang tidak bahagia ketika dapat melahirkan seorang anak? Bagi sebagian wanita, melahirkan merupakan idaman, walau demikian tidak jarang wanita yang ingin hamil namun masih khawatir akan tampilan tubuh yang berubah setelah melahirkan. Pada saat hamil, tentu ada banyak perubahan tubuh yang sering terjadi, diantaranya pertambahan berat badan, timbulnya garis-garis maupun bintik hitam pada area tertentu, menjadi semakin gemuk dan berbagai perubahan lainnya. Tetapi dengan cara merawat tubuh setelah melahirkan yang benar, itu semua dapat diatasi asalkan mempunyai niat yang sungguh-sungguh.

Kebahagiaan akan lahirnya seorang anak bagi wanita tetap nomer satu, namun dilain sisi wanita juga tetap ingin tampil cantik serta terlihat awet muda, paling tidak dapat kembali pada tampilan sebelum hamil.  Hal ini adalah wajar ketika wanita menginginkanya, apalagi jika wanita tersebut baru memiliki satu anak namun perubahan besar sudah terjadi pada tubuhnya.

Nah, untuk cara merawat tubuh setelah melahirkan yang benar serta agar tetap kelihatan cantik dan awet muda, simak beberapa tips dibawah ini, agar dapat membantu anda dalam proses perawatan tubuh pasca melahirkan.

 

8 Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

 

1. Jangan takut menyusui.

Jangan takut menyusui - Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Cara merawat tubuh setelah melahirkan yang pertama adalah menyusui. Sebagian besar wanita umumnya wanita yang berada di daerah perkotaan enggan menyusui bayi yang baru lahir, karena khawatir dapat membuat payudara menjadi buruk serta mengurangi tampilan seksi. Alternatif yang dilakukan tentu mengganti ASI dengan susu formula bayi. Padahal, hal tersebut tidak dapat dibenarkan. Selain sangat dibutuhkan oleh bayi, menyusui juga dapat membuat wanita menjadi lebih sehat serta tetap cantik.

Justru, kelakuan wanita yang enggan menyusui memiliki pengaruh buruk pada kesehatan wanita. Alasan ini dibuktikan dan dibenarkan oleh beberapa penelitian.  Selain itu air susu ibu (ASI) yang tidak dikeluarkan akan dapan meluber sehingga penampilan menjadi kurang maksimal.

 

2. Tetap olahraga dan istirahat.

Tetap olahraga dan istirahat - Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Cara merawat tubuh setelah melahirkan yang kedua adalah tetap berolahraga dan menjaga pola istirahat. Olahraga dan istirahat adalah salah satu aktifitas yang tidak boleh diabaikan begitu saja, terhadap wanita yang memiliki bayi sekalipun. Tubuh wanita tentu belum pulih sepenuhnya ketika baru memiliki bayi, namun hal ini tidak dapat dijadikan alasan sebab olahraga masih dapat dilakukan dengan gerakan yang ringan-ringan saja.

Selain itu, sangat perlu juga untuk mengatur jadwal menjaga bayi agar dapat bergantian ketika malam. Biasanya sang ibulah yang menjaga bayi bangun tengah malam sehingga sangat sering membuatnya begadang semalaman. Akibatnya sudah pasti wanita ( ibu) kurang tidur sehingga membuat tubuh menjadi lelah hingga munculnya mata panda.

 

3. Setia dengan produk kecantikan.

Setia dengan produk kecantikan - Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Cara merawat tubuh setelah melahirkan yang ketiga adalah menjaga wajah tampak cerah. Walaupun wanita sangat sibuk dalam menjaga maupun merawat bayi namun menggunakan produk perawatan kecantikan harus tetap dilakukan. Jangan lupakan bedak, pelembap, lipstik dan lainnya agar wajah tampak hidup dan segar.

Perlu diketahui, bahwa tidak semua produk kecantikan dapat digunakan pada masa menyusui. Terdapat beberapa zat-zat berbahaya pada produk tertentu yang dapat mencemari kemurnian ASI atau air susu ibu salah satunya adalah krim pemutih. Hal tersebut dapat membahayakan kesehatan si bayi.

 

4. Lakukan perawatan sesegera mungkin.

Lakukan perawatan sesegera mungkin - Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Selain memakai produk kecantikan, cara merawat tubuh setelah melahirkan dapat dilakukan dengan perawatan tubuh. Ketika telah melahirkan, maka kondisi tubuh masih dalam keadaan drop, namun akan pulih dari hari ke hari. Nah, ketika kondisi sudah pulih kembali, ada baiknya melakukan perawatan kecantikan dengan segera. Tidak perlu menunggu berbulan-bulan lamanya baru merawat kecantikan. Lakukan sesegera mungkin  perawatan kecantikan misalnya pijat khusus, perawatn rambut rontok, maskeran, creambath, pedicure, dan perawatan lainya, sehingga bukan hanya tampilan bayinya saja yang bersinar, namun ibunya juga tetap tampil cantik bersinar.

 

5. Jaga asupan makanan dan air putih.

Jaga asupan makanan dan air putih - Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Cara merawat tubuh setelah melahirkan juga dapat dilakukan dengan menjaga asupan makanan dan selalu konsumsi air putih. Lebih Memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sangat penting bagi wanita yang baru saja melahirkan. Apalagi asupan makanan dan minuman juga penting untuk pertumbuhan bayi. Wanita yang melahirkan namun kurang memperhatikan gizi makanan yang dikonsumsinya, dan juga menyusui tentu akan rentan jatuh sakit. So, memperhatikan asupan makana serta air putih sangatlah penting, bukan hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan.

 

6. Turunkan berat badan secara disiplin.

Turunkan berat badan secara disiplin - Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Menurunkan berat badan juga menjadi salah satu cara merawat tubuh setelah melahirkan yang harus anda terapkan. Sudah sangat sering terjadi kegemukan atau berat badan menjadi naik bagi wanita yang baru melahirkan. Diantara banyak perubahan yang dialami oleh wanita yang melahirkan, berat badan yang naik (gemuk) yang paling tampak mencolok . Oleh karenanya, sangat penting untuk mengembalikan berata badan seperti sebelum hamil, walaupun hal ini tidak mudah. Namun penurunan berat badan pun mesti dilakukan dengan cara yang sehat serta disiplin.

 

7. Jangan malu pakai gurita atau stagen.

Jangan malu pakai gurita atau stagen - Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Jaman dulu wanita sering memakai stagen agar bentuk badan mereka terlihat normal walaupun baru melahirkan. Sekarang, terdapat banyak produk yang memiliki fungsi yang sama dengan stagen yang muncul dengan berbagai varian dan model yang cantik, namun hasil yang didapatkan justru berbeda. Hingga saat ini, penggunaan stagen dipercaya sebagai metode terbaik yang dapat digunakan untuk merampingkan perut, serta mengecilkan pinggang. Cara merawat tubuh setelah melahirkan berikut ini sangatlah efektif bagi anda yang menginginkan penampilan seperti semula secara instan.

 

8. Gunakan style yang menambah kepercayaan diri.

Gunakan style yang menambah kepercayaan diri - Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Cara merawat tubuh setelah melahirkan yang terakhir adalah menambah kepercayaan diri. Style atau gaya tetap harus ada pada wanita walaupun telah melahirkan. Pakaian seperti baju, celana serta aksesoris penunjang lainya dapat dikenakan sesuai dengan keadaan wanita yang telah melahirkan.  Memilih gaya yang pas, dapat menambah kepercayaan diri wanita walaupun bentuk tubuh belum kembali seperti dulu, namun seorang wanita tetap harus bebas dari minder ketika bertemu dengan seseorang. Buat diri tampak lebih hidup, segar, dan bersinar. Potongan rambut, make up yang pas, potongan kuku juga bisa mendukung style bagi wanita yang baru saja melahirkan.

Baca Juga : 2 Langkah Perawatan Perut Setelah Melahirkan

Melahirkan merupakan idaman, tentu itu adalah anugrah dari yang maha kuasa. Oleh karena itu Jangan pernah mengira bahwa melahirkan merupakan momok bagi wanita. Perubahan tampilan serta kecantikan setelah melahirkan akan selalu terjadi pada wanita mana saja. Namun selama wanita mau berusaha memperoleh kembali kecantikanya, tentu wanita akan kembali terlihat cantik walaupun telah melahirkan.

 

Cantik tetap dapat diraih walaupun telah melahirkan, kuncinya lakukan dengan keyakinan serta disiplin yang kuat. Dengan ulasan mengenai cara merawat tubuh setelah melahirkan yang Tips Kebugaran bisa berikan diatas, semoga dapat bermanfaat untuk para ibu-ibu diluar sana. Banggalah kalian yang telah menjadi seorang ibu, karena nikmat tuhan mana lagi yang engkau dustakan. Be Healthy !!

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. 2 Langkah Perawatan Perut Setelah Melahirkan - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*