6 Cara Merawat Luka Jahitan Agar Cepat Sembuh

Cara merawat luka jahitan

Cara Merawat Luka Jahitan –Luka sobekan yang kemudian dijahit akan sangat membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Namun bila perawatan luka jahitan tidak dilakukan dengan baik, bisa saja menimbulkan resiko yang buruk tehadap keadaan luka itu sendiri, bahkan infeksi dapat terjadi. Akibatnya luka akan membutuhkan waktu sembuh yang lebih lama.

Ketika jahitan dibiarkan tanpa perawatan jangan berfikir bahwa yang akan terjadi hanyalah infeksi ringan saja,  yang hanya terlihat kemerahan dan bengkak pada permukaan. Namun resiko infeksi yang lebih parah sangat bisa terjadi, diantaranya berupa pendarahan, rasa sakit serta nyeri, bau busuk pada luka, sampai demam tinggi juga dapat terjadi seiring memburuknya kondisi luka.

Pada luka jahitan yang normal umumnya dapat sembuh dalam jangka waktu kurang dari tiga minggu. Kesembuhan juga bergantung pada lokasi serta jumlah jahitan pada luka. Apabila terjadi infeksi, akan memakan waktu yang lebih lama dalam proses penyembuhan, bisa lebih dari 3 minggu bahkan sampai berbulan bulan lamanya.

Untuk mencegah berbagai resiko maupun infeksi selama proses penyembuhan luka, tentunya dibutuhkan perawatan yang baik dan benar untuk dilakukan. Nah, berikut merupakan beberapa tips dan cara merawat luka jahitan agar cepat sembuh yang bisa diterapkan, antara lain:

 

Tips & Cara Merawat Luka Jahitan

 

1. Lindungi Luka Jahitan.

Cara merawat luka jahitan yang pertama adalah melindungi luka jahitan. Hal yang paling utama yang harus diperhatikan dalam perawatan luka jahitan yaitu menghindari air dalam dua puluh empat jam setelah jahitan dibuat. Sebab pada waktu tersebut kondisi luka masih rentan, serta belum tertutup dengan sempurna, maka dari itu menghindari air dari luka dapat berguna untuk mencegah masuknya bakteri yang dibawa oleh air kedalam luka. Untuk itu senantiasa  melindungi luka jahitan akan membantu serta mempercepat dalam menyembuhkan luka, asal perawatan yang dilakukan baik dan benar.

Lantas, bagaimana langkah yang baik serta tepat untuk membuat perlindungan terhadapa luka ? Sederhana saja, yang pertama dilakukan yakni mengambil perban yang bersih dan steril, tentunya dapat ditemukan dengan mudah pada apotek maupun toko terdekat. Setelah perban telah tersedia maka selanjutnya tetesi perban dengan menggunakan anti biotik, untuk dosis harus mengikuti saran dari dokter. Tempelkan perban tersebut pada luka jahitan, lakukan cara ini perlahan lahan saja, kemudian rekatkan plester medis atau plester kulit.

 

2. Mandi dan Bersihkan Badan.

Cara merawat luka jahitan yang kedua adalah bersihkan badan. Salah satu masalah bagi pemilik luka jahitan yaitu mandi, karena bakteri bisa saja banyak terkandung pada air yang tidak steril. Ketika luka jahitan kemasukan air yang mengandung bakteri, tentu infeksi tidak dapat dihindari. Akibatnya proses penyembuhan luka menjadi lebih lama. Mandi  serta membersihkan badan adalah hal yang wajib dilakukan secara rutin. Supaya tidak mengganggu dalam proses penyembuhan luka, maka usahakan agar jangan sampai membasahi luka jahitan.

Caranya yaitu dengan membungkus luka jahitan menggunakan plastik bening ketika tengah mandi. Sementara bagi mereka yang terdapat luka jahitan pada area abdomen maka sebaiknya jangan mandi dengan cara biasa. Cukup dengan membasuh badan menggunakan handuk saja ketika akan membersihkan badan.

 

3. Bersihkan Luka Jahitan.

Selain mandi, cara merawat luka jahitan yang berikutnya adalah bersihkan luka jahitan. Membersihkan luka jahitan juga sangat perlu dilakukan, paling tidak sebanyak dua kali dalam sehari. Pembersihan luka dapat dilakukan setelah mandi dan sebelum tidur, pembersihan yang dilakukan tetap mengikuti petunjuk dari dokter. Langkah-langkah yang perlu dilakukan cukup sederhana dan sangat mudah.

Yang pertama, yaitu membuka perban yang menutup luka dengan hati-hati. Selanjutnya, sediakan cotton bud atau korek kuping, lalu basahi dengan antibiotik yang sebelumnya diresepkan oleh dokter. Selanjutnya usapkan dengan perlahan dan lembut pada permukaan luka jahitan. Lakukan ari tengah luka kemudian kebagian luar jahitan. Biarkan sampai mengering baru kemudian tutup kembali dengan perban. Ingat ! Tidak disarankan meniup ataupun mengusap luka dengan tissu pada saat pemberian antibiotik.

 

4. Konsumsi Makanan Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka.

Cara merawat luka jahitan selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan sehat. Agar luka jahitan dapat sembuh lebih cepat, dibutuhkan pula nutrisi yang bida membantu penyembuhan dari dalam. Bukan hanya suplement atau obat yang diberikan oleh dokter, namun mengkonsumsi makanan yang tepat juga dapat mendukung penyembuhan luka agar lebih cepat.

Untuk jenis makanan yang baik dikonsumsi yang pertama adalah makanan dengan kandungan Vitamin C , dimana vitamin C telah dikenal sejak lama sangat baik dalam meningkatkan Kolagen pada kulit. Selain itu Makanan yang memiliki kandungan beta karoten serta vitamin A, juga dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan. Nutrisi seperti vitamin A dan beta caroten dapat ditemukan pada sayuran hijau dan wortel, sementara protein dan zinc juga disarankan dalam mempercepat proses penyembuhan.

 

5. Kenali Gejala Awal Infeksi.

Cara merawat luka jahitan yang kelima adalah kenali gejala infeksi. Menjaga agar luka senantiasa bersih, steril dan bebas dari bakteri adalah kunci utama untuk mempecepat kesembuhan luka. Mengenali gejala awal infeksi diperlukan agar dapat mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan ketika terjadi infeksi agar selanjutnya infeksi tidak menjadi lebih parah.

Lantas, gejala awal apa saja yang muncul ketika akan terjadi infeksi? Pada saat membersihkan luka jahitan ada baiknya memastikan pada luka jahitan tidak tampak warna merah serta bau yang tercium menyengat. Luka jahitan yang masih dalam perban yang menjadi bengkak merupakan tanda awal terjadinya infeksi. Untuk itu disarankan agar segera memeriksakan luka ke dokter jika telah terjadi gejala awal infeksi seperti diatas.

Baca Juga : Cara Cepat Menyembuhkan Luka Kecelakaan

 

6. Perawatan Bekas Luka Setelah Sembuh.

Cara merawat luka jahitan yang terakhir adalah perawatan bekas luka. Setelah luka perlahan sembuh dan akhirnya telah sembuh total tentu sangat melegakan bukan ? nah, selanjutnya yang perlu diatasi selanjutnya adalah bekas luka yang ditinggalkan. Untuk bisa menghilangkan bekas luka yang pasti selalu bisa dengan menggunakan madu yang dioleskan pada luka. Selain itu biasanya dokter juga akan meresepkan salep untuk perawatan bekas luka.

 

Bagaimana? Sudah jelaskah anda tentang cara merawat luka jahitan yang benar dan sangat efektif dalam proses penyembuhan. Semoga dengan artikel dari Tips Kebugaran diatas, anda dapat mengatasi luka jahitan yang sedang anda derita dengan baik dan benar. Ingat ! Sehat itu mahal, jadi jangan sia-siakan kesehatan anda. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*