Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Gigi

Cara merawat gigi – Merawat gigi agar tidak rusak bisa di lakukan dengan mulai merubah berbagai kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Beberapa kebiasaan buruk perusak gigi yang paling umum di lakukan banyak orang di antaranya seperti malas menggosok gigi, minum minuman yang masih terlalu panas, sering mengonsumsi minuman yang mengandung asam tinggi seperti kopi dan minuman bersoda, serta sering menggunakan gigi untuk membuka tutup botol wajib hukumnya untuk selalu di hindari. Rusaknya gigi seharusnya bisa di cegah jika Anda memiliki niat yang kuat untuk memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk seperti yang di sebutkan di atas.

Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut juga harus Anda tanamkan pada anak-anak Anda. Cobalah untuk memberikan pengertian kesehatan gigi dan mulut serta betapa penting untuk menjaga keduanya pada mereka. Karena usia anak-anak adalah usia paling rentan mengalami kerusakan pada gigi.

 

Cara Merawat Gigi Yang Baik dan Benar

Selain menghindari berbagai kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan gigi menjadi rusak, ada beberapa cara yang juga bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi. Diantaranya seperti:

 

1. Menyikat Gigi Secara Teratur

Sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi dapat memicu berkembangnya bakteri yang dapat membuat gigi menjadi berlubang. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk rutin melakukan sikat gigi secara teratur setiap hari. Waktu yang terbaik untuk menyikat gigi adalah sebelum dan setelah bangun tidur. Diantara keduanya menyikat gigi sebelum tidur adalah yang paling penting. Karena pada saat Anda tidur bakteri pembusuk akan berkembang jauh lebih cepat dan lebih berpotensi menyebabkan gigi menjadi rusak.

 

2. Menghindari Pemanis Buatan

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis seperti permen, minuman bersoda, isotonic dan produk semacamnya juga tidak di sarankan jika Anda ingin gigi Anda tetap sehat. Berbagai produk seperti di atas memiliki kandungan pemanis buatan yang berpotensi menyebabkan gigi menjadi keropos. Meskipun terkadang godaan untuk memakannya cukup besar, cobalah menghindarinya secara perlahan.

Jika memang gigi Anda sudah terlanjur keropos karena kebiasaan mengonsumsi makanan berpemanis buatan sejak lama, Anda harus banyak mengonsumsi makanan yang berkalsium tinggi untuk membantu memulihkannya. Selain itu sangat di sarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride sebagai ramuan obat gigi keropos yang bisa Anda lakukan secara rutin saat menyikat gigi sehari-hari.

 

3. Konsumsi Buah-buahan

Cara merawat gigi agar tidak rusak juga bisa di lakukan dengan rutin mengonsumsi buah-buahan secara teratur. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan kalsium dalam menu makan sehari-hari Anda. Beberapa buah yang sangat baik untuk kesehatan gigi diantaranya seperti pisang, apel, dan lemon.

Bagi Anda yang mengalami masalah gigi yang kuning, mungkin bisa mencoba untuk mengonsumsi apel secara rutin untuk mengembalikan warna gigi anda. Mengunyah apel secara rutin setiap hari telah di lakukan banyak orang sejak lama sebagai cara memutihkan gigi alami dan permanen yang cukup ampuh.

 

4. Konsultasi Ke Dokter Gigi

Sebagai pelengkap berbagai metode dan cara merawat gigi agar tidak rusak yang telah di jelaskan di atas, anda juga perlu untuk memeriksakan kesehatan gigi Anda secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi kerusakan pada gigi yang tidak terlihat oleh Anda. Anda bisa melakukan konsultasi secara rutin setidaknya setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.

Baca Juga : Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Yang Paling Ampuh Dan Menyehatkan

 

Begitulah penjelasan dari Tips Kebugaran mengenai beberapa cara merawat gigi yang baik dan benar. Gigi merupakan organ tubuh yang harus dijaga, karena gigi hanya tumbuh sekali yaitu saat setelah lepasnya gigi susu. Dengan begitu, sayangi gigimu sebelum terlambat. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Yang Paling Ampuh Dan Menyehatkan - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*