5 Cara Menjaga Kolesterol Tubuh Agar Tetap Stabil

cara menjaga kolesterol tubuh

  Kolesterol adalah sebuah lemak yang memberikan asupan energi untuk semua sel yang ada didalam tubuh anda, dimana kolesterol yang satu ini bisa dihasilkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Tentu saja jika masih dalam kadar yang seimbang, kolesterol memang diperlukan oleh tubuh. namun segala sesuatu yang berlebihan memang nyatanya tidak baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh anda. Sebagian besar cara menjaga kolesterol tubuh yang disarankan para ahli banyak dari memperbaiki pola hidup kita yang salah. Dari pola hidup kita yang salah ini, maka banyak mendatangkan penyakit yang tidak kita duga.

Dengan kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh, ternyata bisa memicu berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular. Seperti jantung, stroke, hingga berbagai macam penyakit berbahaya lainnya. Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil, tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat perlu untuk anda lakukan. Dibawah ini Tips Kebugaran akan mengulas beberapa cara menjaga kolesterol tubuh agar tetap stabil dan baik bagi kesehatan anda. Simak ya !!

 

1. Berhenti Merokok

berhenti merokok - cara menjaga kolesterol tubuh

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang bisa menimbulkan endapan kolesterol tinggi didalam darah. Rokok memiliki kandungan zat yang bersifat pemicu kanker, dimana kandungan zat seperti karbon monoksida, hingga karsinogen lainnya akan menjadikan kadar kolesterol dalam darah menjadi semakin tinggi. merokok juga akan semakin menurunkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik dalam tubuh anda.

 

2. Berolahraga

berolahraga - cara menjaga kolesterol tubuh

Lemak dalam darah akan mengendap dan terus mengendap jika si pemilik tubuh jarang berolahraga. Cara untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah ini adlaah dengan banyak berolahraga dalam rentang waktu 40 hingga 60 menit setiap hari. Tentu saja jika kolsterol jahat turun, maka secara otomatis, HDL pun akan naik dengan cara berolahraga.

 

3. Konsumsi Makanan Sehat

konsumsi makanan-sehat - cara menjaga kolesterol tubuh

Makanan yang sehat, merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber penting dalam menjaga asupan kolesterol dalam darah anda. namun yang perlu diperhatikana dalah hindari makanan – makanan yang mengandung lemak trans, karena hal ini akan membuat tubuh menjadi memiliki kadar lemak yang tinggi, sehingga akan menyebabkan terjadinya timbunan kolesterol dalam darah anda.

 

4. Konsumsi Bayam

konsumsi bayam - cara menjaga kolesterol tubuh

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. bayam memiliki kandungan senyawa flavonoid yang baik untuk penceahan kanker hingga penyakit jantung. Selain itu, kandungan lutein yang ada didalam bayam ini, juga merupakan salah satu yang baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Berkolesterol Yang Harus Dihindari

 

5. Konsumsi Ikan

konsumsi ikan - cara menjaga kolesterol tubuh

Selain bayam, bahan makanan lainnya yang juga cocok untuk menjaga kolesterol dalam tubuh menjadi stabil adalah ikan. Kandungan omega 3 yang didapatkan didalam ikan ini, ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada didalam tubuh anda. dan juga mengurangi resiko terkena penyakitkardiovaskular yang disebabkan karena tingginya kadar kolesterol seperti jantung, stroke, dll.

 

Demikian beberapa cara menjaga kolesterol tubuh agar nantinya bisa tetap stabil, sehingga anda pun akan bebas dari resiko penyakit kardiovaskular yang berbahaya untuk tubuh. semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*