10 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Serta Memotivasinya

Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

Cara meningkatkan kecerdasan emosional anak adalah dengan cara mengajarkannya berpikir realistis serta optimistis pada anak Anda serta membekalinya dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional yang dimaksud adalah cara melatih emosi agar stabil. Ini agar anak Anda tidak mempunyai masalah perilaku saat beranjak dewasa. Sebuah penelitian Carroll Izard, Ph.D. mengatakan bahwa anak-anak yang mengalami kesulitan memahami perasaan-perasaan mereka serta orang lain. Biasanya lebih rentan dengan masalah-masalah perilaku serta pembelajaran saat beranjak dewasa. Sehingga sangat dianjurkan buat melatih kecerdasan emosi anak sejak dini. Cara yang mudah buat melatih kecerdasan emosional pada anak adalah sebagai berikut.

 

Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

 

1. Kartu Emosi

Kartu Emosi - Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

Cara meningkatkan kecerdasan emosional anak yang pertama adalah bermain kartu emosi. Kartu yang Anda buat sendiri serta dilengkapi dengan gambar ekspresi wajah yang berbeda-beda ini dapat membantu anak Anda mampu mengenali bermacam-macam perasaan lalu bertanyalah pada anak Anda kapan mereka pernah merasakannya. Ini bisa menjadi salah satu cara melatih kecerdasan emosional anak.

 

2. Membuka Diri

Cara meningkatkan kecerdasan emosional anak berikutnya adalah dengan mengajarkan anak untuk membuka diri. Usahakan agar anak Anda siap membuka diri serta mau bercerita mengenai keadaannya selama di sekolah. Saat mereka bercerita, Anda harus mampu berempati dengan masalah yang menimpanya. Kalau mereka tidak terlalu suka bercerita, maka sebagai orangtua yang harus sering-sering bertanya setiap mereka pulang sekolah. Jika masih berlum efektif, Anda bisa memancingnya agar anak mau bercerita. Anda bisa menceritakan pengalaman semasa kecil di sekolah. Entah pengalaman yang menyenangkan maupun yang buruk.

 

3. Membaca Buku Bersama

Selain itu Anda juga bisa mencari buku-buku yang berfokus mengenai berbagai macam perasaan. Seperti buku Chicken Soup for Kid’s Soul yang berisi tentang konsep diri anak. Jika tidak, Anda bisa memilih dongeng yang mengandung pesan moral. Dari kisah-kisah seperti ini mereka bisa mengetahui bahwa ternyata ada banyak orang yang mengalami masalah baik di sekolah maupun di rumah.

Setelah Anda melatih kecerdasan emosi anak, Anda bisa mulai mencari cara meningkatkan kecerdasan emosional anak. Cara meningkatkan emosi adalah dengan mengajarkan kecerdasan emosional sejak dini. Ini akan membuat anak Anda tumbuh menjadi orang yang lebih baik serta mempunyai kepribadian yang  lebih matang. Baik secara emosional karena dengan ini mereka akan mampu menempatkan dirinya dimanapun serta dalam kondisi bagaimanapun. Sehingga saat mereka dewasa nanti mereka akan dengan mudah meraih kesuksesannya. Kecerdasan emosional merupakan sebuah cara mengenali, merasa, memahami, bertindak serta mengontrol emosi. Kecerdasan emosional bisa tercermin berdasarkan aktivitas mereka sehari-hari. Mulai dari caranya berinteraksi serta berhubungan dengan orang-orang disekitarnya. Asalkan Anda tahu, kecerdasan emosional mempunyai kontribusi yang besar pada kesuksesan seseorang mulai pekerjaan, kehidupan  bermasyarakat sampai kehidupan pribadinya. Sehingga sangat penting mengetahui cara mengatasi emosi anak usia dini.

 

4. Manfaat Mengajarkan Mengelola Kecerdasan Emosional Sejak Dini

Manfaat Mengajarkan Mengelola Kecerdasan Emosional Sejak Dini

Mengajarkan cara mengelola kecerdasan emosional pada anak sejak usia dini bisa memberikan manfaat yang besar. Manfaat bagi anak Anda, bagi orang tuanya maupun masyarakat disekitarnya. Kecerdasan emosional jika diajarkan sejak dini akan berdampak positif serta berpengaruh pada perkembangan anak serta manfaat sebagai berikut seperti membuat anak menjadi orang baik, mampu menghormati orang lain, bisa menerima pendapat orang lain, menjadi orang yang menyenangkan serta membuatnya menjadi orang bijaksana serta sukses saat dewasa.

Kecerdasan intelektual yang tinggi jika tidak mempunyai kecerdasan emosional maka tidak membuatnya menjadi lebih baik. Contohnya seperti para koruptor, karena kebanyakan koruptor merupakan orang dengan kecerdasan intelektual tinggi tapi mempunyai kecerdasan emosional kurang. Ini yang membuatnya tidak mampu mengontrol serta mengendalikan emosi mereka. Serta membuat mereka bisa melakukan korupsi serta mencuri uang milik orang lain.

 

5. Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Terapi Gelombang Otak

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan emosional anak adalah dengan terapi Gelombang Otak EQ serta SQ Booster. Terapi ini dirancang khusus untuk membantu Anda dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak serta diri Anda sendiri. Cara kerja terapi ini adalah dengan memanipulasi gelombang otak Anda hingga mencapai gelombang tertentu dan bisa membuat Anda memasuki alam bawah sadar serta memberikan stimulus buat meningkatkan emosional Anda . Cuma dengan mendengarkan music serta terapi gelombang otak sudah bisa membuat Anda merasakan manfaatnya.

 

6. Mengenali Emosi Diri Sendiri

Cara meningkatkan kecerdasan emosional anak selanjutnya adalah dengan cara mengenali emosi diri. Ini biasanya mencakup kemampuan Anda ketika mengidentifikasi perasaaan diri sendiri yang sesungguhnya. Saat suatu emosi tertentu muncul dalam pikiran, Anda dapat menangkap pesan yang ingin disampaikan. Seperti pesan perasaan emosi, marah, takut, sakit hati, kecewa, frustasi, kesepian serta rasa bersalah

 

7. Melepaskan Emosi yang Negatif

Melepaskan Emosi yang Negatif

Kemampuan ini berhubungan dengan keterampilan serta cara cara menumbuhkan kecerdasan emosi Anda dalam memahami dampak negatif dari terhadap diri sendiri. Misalnya adalah keinginan buat memperbaiki sebuah situasi atau memenuhi sebuah target pekerjaan yang menimbulkan amarah maupun frustasi. Hal seperti ini yang sering merusak hubungan Anda dengan atasan maupun bawahan serta menimbulkan stres. Selama Anda dikendalikan emosi yang negatif Anda tidak akan memperoleh potensi terbaik dari diri sendiri. Pemecahan masalahnya dalah dengan melepaskan emosi negatif dengan teknik pendayagunaan pikiran alam bawah sadar. Ini akan membuat Anda dan orang-orang di sekitar tidak akan menerima dampak negatif ketika emosi negatif muncul.

 

8. Mengelola Emosi Diri Sendiri

Jangan pernah beranggapan bahwa mengelola kecerdasan emosional baik secara negatif maupun positif itu baik atau buruk. Emosi hanyalah sinyal bagi kalian buat melakukan tindakan dalam mengatasi penyebabnya. Sehingga emosi merupakan sebuah awal bukan merupakan hasil akhir dari sebuah kejadian. Kemampuan untuk mengendalikan serta mengelola emosi bisa membantu Anda memperoleh kesuksesan. Terdapat beberapa langkah saat mengelola emosi diri sendiri, yaitu dengan menghargai emosi serta menyadari sebuah dukungan buat Anda . Lalu berusaha menyadari pesan yang disampaikan sebuah emosi, serta meyakini bahwa Anda pernah berhasil saat meredam emosi sebelumnya. Yang terakhir adalah bergembira saat Anda mengambil tindakan dalam menanganinya.

 

9. Memotivasi Diri Sendiri

Menata emosi sendiri merupakan sebuah alat yang baik dalam mencapai tujuan serta menjadi penunjang cara meningkatkan kecerdasan emosional anak dan menjadi suatu hal yang sangat penting serta berkaitan buat memberi perhatian. Lalu buat memotivasi diri sendiri serta berusaha menguasai diri sendiri. Kendali diri dalam menahan emosi diri dalam menghadapi kepuasan serta mengendalikan dorongan hati yang menjadi landasan sebuah keberhasilan di berbagai bidang. Ketrampilan ini membuat kinerja menjadi tinggi di dalam segala bidang.

 

10. Mengenali Emosi Orang Lain Serta Memotivasinya

Saat Anda mengenali emosi orang lain ini bisa berarti Anda mempunyai empati dengan apa yang dirasakan orang lain. Keterampilan ini akan membuat Anda lebih efektif saat berkomunikasi terhadap orang lain. Ini sering disebut sebagai komunikasi empatik. Karena Anda akan berusaha mengerti terlebih dulu sebelum meminta dimengerti. Ketrampilan ini menjadi dasar saat berhubungan dengan manusia agar lebih efektif. Ketrampilan memotivasi orang lain sendiri merupakan kelanjutan dari ketrampilan mengenali emosi orang lain. Ini membuat erat kaitannya terhadap kemampuan dalam membangun kerja sama tim agar tangguh serta andal.Inilah yang biasa dijadikan sebagai strategi pengembangan sosial emosional anak usia dini.

 

Itulah sebagian cara meningkatkan emosional anak yang bisa Tips Kebugaran berikan kali ini, semoga beberapa metode diatas dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami. Harus selalu Anda ingat, bahwa anak adalah peniru terhebat yang pernah ada. Sangat disarankan untuk tidak melihatkan pribadi yang buruk yang dapat membuat seorang anak menjadi peniru dari kebiasaan kita. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*