14 Cara Mengobati Eksim dengan Alami dan Menyehatkan

Cara Mengobati Eksim Dengan Alami

Cara Mengobati Eksim – Ada beberapa cara pengobatan alami yang efektif untuk eksim, yang mencakup penggunaan berbagai ramuan seperti daun betula, teh chamomile, bilberry kering, selada air, dan kubis dalam berbagai bentuk.

Eksim adalah kondisi kulit yang menyebabkan radang pada kulit dan juga dikenal sebagai dermatitis.

Ini bukan penyakit kulit menular karena penyebab paling utama biasanya genetika. Eksim sering disertai demam dan asma. Kulit di daerah yang terkena eksim menjadi merah kemerahan dan gatal.

Ada juga sejumlah perubahan pola makan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki gejala eksim. Menghindari konsumsi buah dan sayuran yang telah disemprot dengan pestisida dan herbisida dapat membantu menghilangkan toksin dari tubuh, yang dapat memperburuk kondisi kulit. Selain itu, meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi makanan seperti salmon, tuna, telur, kacang organik, atau biji rami terbukti dapat memperbaiki kondisi kulit. Selain pola makan, Anda juga harus hindari memakai pakaian yang bisa membuat kulit semakin gatal. Hindari menggaruk area kulit yang terinfeksi, gunakan sabun berbahan dasar alami atau herbal serta perbanyak minum air putih.

 

Faktor Penyebab Penyakit Kulit Eksim

Faktor Penyebab Penyakit Kulit Eksim

Ada beberapa faktor yang memperburuk wabah eksim. Jika seorang penderita penyakit eksim menggunakan deterjen atau bahan kimia, tingkat infeksi kulit dapat meningkat. Berikut beberapa penyebab terjadinya penyakit kulit eksim selain dari keturunan.

  1. Polusi udara
  2. Cuaca ekstrim
  3. Kulit kering
  4. Stres atau tekanan mental dan fisik
  5. Kekurangan vitamin B

 

Cara Mengobati Eksim Dengan Alami

Ada banyak obat eksim yang tersedia di apotik, tetapi pengobatan herbal cenderung memberikan solusi yang lebih baik dan permanen. Cara ini juga tidak melibatkan bahan kimia yang bisa memperparah kondisi penyakit. Berikut beberapa cara alami mengobati kulit eksim.

1. Bunga chamomile

Ada banyak ramuan herbal yang sangat efektif dalam pengobatan kulit eksim. Sage, marigold dan chamomile adalah tiga ramuan paling populer untuk perawatan ini. Anda bisa menambahkannya ke air dan kemudian menggunakan air itu untuk membersihkan daerah yang terinfeksi. Anda juga bisa meminum ramuan herbal ini dengan cara menyeduh ramuan dengan air hangat.

Minyak esensial chamomile dapat diencerkan dengan minyak almond, dan selanjutnya dapat diterapkan pada area yang terinfeksi untuk mendapatkan bantuan cepat dan permanen dari gatal dan kemerahan. Selain itu, menyeduh campuran teh chamomile dan kemudian mengoleskan teh ke kain kasa yang kemudian dibungkus sekitar area yang terkena dampak juga terbukti sangat efektif.

2. Daun betula

Cara mengobati eksim yang berikutnya adalah menggunakan daun betula. Anda memerlukan 2 ons daun betula dan kemudian didihkan dengan kira-kira 1 liter air setidaknya selama tiga menit. Setelah panas, Anda perlu menambahkan beberapa Natrium bikarbonat ke dalam campuran. Lalu, biarkan ramuan dingin selama satu jam. Campuran yang disaring dapat diminum secara teratur untuk membantu proses pengobatan. Anda juga bisa menggunakannya sebagai desinfektan atau sekedar untuk membersihkan kulit.

3. Buah bilberry

Billberry merupakan salah satu obat yang paling efektif untuk eksim. Sekitar 50 gram bilberry harus dimasukkan ke dalam panci bersama dengan 1 liter air. Rebus hingga kondisi air menjadi hangat kuku kemudian dinginkan campuran setidaknya satu jam. Campuran ini adalah pembersih hebat yang mampu mencegah infeksi dan menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

4. Minum air putih

Eksim adalah masalah kulit kering, dan rasa gatal adalah jenis peradangannya. Terkadang eksim disebabkan karena toksin atau alergen. Salah satu cara terbaik untuk menjaga agar kulit tetap lembab serta bebas dari racun adalah dengan perbanyak konsumsi air putih. Pastikan untuk selalu menggunakan krim pelembab pada permukaan kulit untuk menjaga agar kulit tetap lembab, sehingga mengurangi kemungkinan terkena eksim.

5. Sabun herbal

Hindari penggunaan sabun atau pembersih kulit yang keras, terutama yang memiliki aroma wangi yang kuat, karena biasanya dibuat menggunakan bahan aditif kimiawi, yang dapat memperburuk kondisi eksim pada tubuh Anda.

6. Juniper berry, sage dan thyme

Cara lain yang efektif untuk menghilangkan eksim adalah dengan mencampur satu sendok makan juniper berry, sage, dan thyme dalam secangkir air mendidih dan biarkan selama lima menit sambil ditutup. Konsumsi minuman tersebut setelah Anda makan. Kombinasi nutrisi pada ketiga produk alami tersebut akan membantu memacu proses penyembuhan di kulit dan mengurangi tanda eksim.

7. Wortel

Wortel dapat digunakan dengan beberapa metode berbeda sebagai cara mengobati eksim. Anda bisa menggoreng wortel dan menumbuknya, lalu oleskan di area yang terkena dampak. Konsumsi wortel ke dalam makanan Anda juga dapat mencegah eksim. Cara pengobatan alami lainnya yang melibatkan wortel adalah dengan cara merebusnya sampai sangat lunak. Kemudian, tumbuk hancur wortel dan oleskan ke daerah yang terinfeksi. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

8. Kubis

Selain wortel, cara mengobati eksim juga dapat dilakukan dengan daun kubis. Mengonsumsi daun kubis segar secara teratur akan membantu mengatasi gejala eksim dan flare up.

9. Minyak kelapa

Meski ada banyak jenis minyak kelapa, minyak kelapa murni sangat ideal untuk membersihkan eksim. Oleskan minyak kelapa ke area yang terinfeksi eksim dan gosok dengan benar sampai menyerap. Anda akan melihat perbaikan dalam satu atau dua minggu jika Anda secara teratur menerapkan minyak kelapa tersebut.

10. Aloe vera

Jika Anda memiliki daun lidah buaya dan dapat mengambil beberapa gel dari daun yang baru dipotong, Anda harus mencampur gel dengan minyak vitamin E dan menerapkannya pada kulit eksim Anda. Ini adalah salah satu solusi yang paling baik dan efektif untuk eksim, karena Aloe vera adalah nutrisi yang serbaguna dan efisien untuk semua jenis kondisi kulit.

11. Mentimun

Iris mentimun dan biarkan potongannya terendam air setidaknya dua jam. Air rendaman mentimun ini bisa digunakan untuk membersihkan area yang terkena eksim, atau bisa dioleskan ke kain kasa dan dibungkus di sekitar area untuk perawatan yang lebih lama.

12. Selada air

Selada air adalah obat herbal yang efektif untuk eksim. Mengonsumsi tumbuhan ini akan membantu mencegah eksim kembali atau menghilangkan peradangan. Ekstrak selada air dapat digunakan sebagai desinfektan untuk membersihkan daerah yang terinfeksi. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus daun selada air sekitar 10 menit kemudian dibuat menjadi jus.

13. Vitamin zinc

Konsumsi vitamin zinc dapat secara langsung membantu Anda memerangi eksim dari sumbernya. Anda juga bisa menggunakan lotion dengan bahan serupa pada kulit untuk menyembuhkan eksim.

Baca Juga :

14. Bubuk pala

Bubuk Pala dianggap sebagai obat yang bagus untuk eksim. Buat pasta bubuk pala dengan air hangat dan oleskan langsung ke kulit untuk mendapatkan bantuan yang mudah, tidak menyakitkan, dan efektif dari eksim.

 

Nah itulah beberapa cara mengobati eksim yang sederhana dan bisa Anda terapkan dimana saja. Menjaga pola hidup dan makan merupakan kunci utama dalam menangani permasalah kulit ini. Semoga dengan menerapkan beberapa cara diatas, Anda segera mendapatkan hasil yang diinginkan. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*